Hukum Jual Beli Kambing Atau Sapi Hasil Kurban

11 July 2021

Selama ini kita familiar dengan hukum-hukum dalam berkurban. Tapi apakah sudah tahu tentang hukum jual beli kambing atau sapi hasil kurban? Yang dimaksudkan disini adalah daging, kulit hingga kepala dari hewan yang dikurbankan di idul adha. Sebab ternyata ada saja yang mengambil keuntungan dari sana loh. Tapi sebenarnya seperti apa ya hukumnya?

Alasan Adanya Jual Beli Kambing Atau Sapi Hasil Kurban

Hakikatnya, hasil kurban yang disembelih diberikan kepada yang melaksanakan kurban dan juga mereka yang membutuhkan. Namun kadang kala bagian seperti kepala atau kulit tidak ada yang meminati atau tidak sempat diurus ketika selesai berkurban. Akhirnya, daripada terbuang bagian tersebut kemudian dijual. Motifnya banyak, bisa jadi untuk menghindari mubadzir atau juga dipakai untuk biaya lain-lain seperti membayar jagal.

Dalil Tentang Jual Beli Hasil Kurban

Mengenai hal ini ternyata sudah ada dalil yang bisa menjawabnya. Dari Nu Online, Imam Nawawi dalam mazhab Syafi’i menyebutkan bahwa menjual bagian apapun dari hasil kurban adalah tidak diperbolehkan. Begini penjelasannya :

“Beragam redaksi tekstual madzhab Syafi’i dan para pengikutnya mengatakan, tidak boleh menjual apapun dari hadiah (al-hadyu) haji maupun kurban baik berupa nadzar atau yang sunah. (Pelarangan itu) baik berupa daging, lemak, tanduk, rambut dan sebagainya.”

Lebih lanjut dijelaskan bahwa ada dampak jika hasil kurban kemudian diperjualbelikan. Hal ini dijelaskan pada hadits berikut ini :

“Barangsiapa yang menjual kulit kurbannya, maka tidak ada kurban bagi dirinya. Artinya dia tidak mendapat pahala yang dijanjikan kepada orang yang berkurban atas pengorbanannya,” (HR Hakim dalam kitab Faidhul Qadir, Maktabah Syamilah, juz 6, halaman 121).

Namun jual beli kambing atau sapi hasil kurban ini bisa dilakukan hanya dengan pertimbangan tertentu. Ini berkaitan dengan siapa yang melakukan transaksi jual belinya. Lebih lanjut mengenai hal ini bisa ditengok dalam kitab At-Tuhfah dan An-Nihayah berikut ini :

“Bagi orang fakir boleh menggunakan (tasharruf) daging kurban yang ia terima meskipun untuk semisal menjualnya kepada pembeli, karena itu sudah menjadi miliknya atas barang yang ia terima. Berbeda dengan orang kaya. Ia tidak boleh melakukan semisal menjualnya, namun hanya boleh mentasharufkan pada daging yang telah dihadiahkan kepada dia untuk semacam dimakan, sedekah, sajian tamu meskipun kepada tamu orang kaya. Karena misinya, dia orang kaya mempunyai posisi seperti orang yang berkurban pada dirinya sendiri.”

BACA JUGA : Selain Harga Kambing, Ini Tips Kurban Yang Sesuai Syariat

Hal Lain Yang Harus Diketahui

Dari penjelasan di atas, sudah terjawab bahwa hasil kurban seperti kulit, kepala atau bagian lainnya tidak boleh diperjualbelikan. Selain itu, ada juga beberapa hal lain yang wajib diketahui agar tidak salah langkah ketika datang hari raya kurban nanti, seperti :

  • Hasil kurban bukan merupakan upah untuk tukang jagal. Sebaiknya disediakan sendiri untuk membayar jasa jagal
  • Hasil kurban seperti kulit atau kepala boleh dimanfaatkan namun hanya oleh yang berkurban atau orang yang berhak menyedekahkannya dan menghadiahkannya.
  • Jika terpaksa, bagian seperti kulit bisa dibuat menjadi terbang, bedug atau lainnya. Namun hanya boleh yang berasal dari hewan kurban selain nazar atau wajib.
  • Panitian pembagi daging bisa memotong kulit dan membaginya dengan daging yang akan dibagikan

Agar terhindar dari hal semacam jual beli kambing atau sapi hasil kurban, kamu bisa melakukan kurban secara online. Temukan lembaga atau badan yang terpercaya dan amanah dalam melaksanakan proses kurban mulai dari pembelian hingga pembagian hasil kurban. Dimana? Mari berkurban bersama MAQMUR, telah bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan ACT. Kurban dijamin mudah, praktis dan terpercaya. Dapatkan aplikasi dengan update terbarunya sekarang!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021