Hilangkan Bau Prengus Daging Kurban Dengan Ini

17 July 2021

Hari raya Idul Adha tentu saja identik dengan daging kambing atau sapi. Di hari tersebut biasanya daging hasil kurban akan dibagi-bagikan. Akhirnya stok daging jadi lebih banyak dari biasanya. Tak jarang daging dari hasil kurban terasa tak habis-habis karena bingung mau dimasak apa atau bingung cara menghilangkan bau prengus daging. Tapi kini kamu tak perlu bingung lagi, kami akan membagikan tips yang bisa kamu praktekkan.

Daging kurban terutama kambing memang khas dengan bau prengusnya. Tapi jika diolah dengan benar, kamu bisa mendapatkan kelezatan daging ini tanpa harus pusing dengan baunya. Tak perlu lama, ini dia beberapa tips atau cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan bau prengus pada daging.

  • Tidak perlu cuci daging terlebih dahulu

Saat memasak sering kali kita mencuci bahan-bahan terlebih dahulu demi menghindari bakteri atau kuman yang tertinggal. Ternyata cara ini tidak selalu perlu dilakukan ketika mengolah daging loh. Disebutkan bahwa mencuci daging kambing terlebih dahulu malah akan membuat bau semakin menyengat. Karenanya, ketika akan memasak sebaiknya kamu langsung memasukkan daging ke dalam air mendidih.

  • Membuang bagian lemak

Lemak membawa citarasa gurih terhadap masakan, namun untuk daging kambing ternyata ada aturannya. Saat memasak olahan daging kambing sebaiknya buang sebagian lemak dan sisakan sedikit saja. Ini dikarenakan lemak pada daging kambing juga menjadi sumber dari bau prengus.

BACA JUGA : Hukum Jual Beli Kambing Atau Sapi Hasil Kurban

  • Lumuri dengan jeruk nipis dan garam

Cara ini mungkin sering kamu lihat ketika seseorang akan memasak ikan. Ternyata bisa juga digunakan untuk daging kambing. Lumuran air jeruk nipis bisa menghilangkan bau amis yang ada selain itu juga bisa membunuh bakteri. Caranya begini, lumuri daging dengan air jeruk nipis selama 30 menit lalu bersihkan ketika akan diolah. Atau pakai garam butiran besar dan kasar. Lumuri dan remas-remas daging dengan garam, kemudian diamkan selama satu jam. Bersihkan ketika akan diolah.

  • Pakai daun pepaya

Daun pepaya terkenal bisa digunakan untuk mengempukkan daging kambing. Tak hanya itu, daun ini ternyata juga bisa hilangkan bau prengus daging kambing loh. Caranya adalah dengan membersihkan daun pepaya yang akan dipakai terlebih dahulu. Kemudian bungkus daging dengan daun pepaya selama kurang lebih satu jam. Daging dijamin empuk dan tidak bau saat diolah.

  • Rebus dengan cuka

Cuka ternyata juga bisa dipakai untuk menghilangkan bau prengus pada daging. Caranya adalah dengan menambahkan cuka ketika merebus daging tersebut. Ada takaran untuk melakukan tips yang satu ini. Untuk satu kilogram daging dibutuhkan sekitar 50 gram cuka. Cara yang mirip juga bisa dilakukan dengan tebu. Dengan ukuran daging yang sama, kamu bisa menambahkan tebu seberat 200 gram. Setelah direbus beberapa saat, ganti air rebusan dan tiriskan daging ya.

Unduh Aplikasi Maqmur di Ponselmu, Sekarang!

Qurban tahun ini ternyata masih harus kita lewati di tengah pandemi. Pemerintah pun sudah mengeluarkan edaran tentang perayaan Idul Adha di masa PPKM Darurat yang intinya ada batasan dan aturan dalam penyembelihan hewan qurban dan pelaksanaan sholat idul adha. Meski begitu, semoga nilai dan makna idul adha tidak berkurang. Semoga ibadah yang dilakukan tetap diberi ganjaran pahala oleh Allah SWT.