Home » Blog » Hikmah Puasa Ramadhan Sebagai Umat Islam

Hikmah Puasa Ramadhan Sebagai Umat Islam

Puasa merupakan salah satu ibadah yang dilakukan oleh umat Islam. Di bulan Ramadhan, puasa adalah ibadah yang wajib dilakukan. Karena datang hanya sekali dalam satu tahun, kehadirannya tentu sangat dinantikan. Tidak heran jika umat Islam menyambutnya dengan sukacita. Bahkan di beberapa negara dengan penduduk muslim, ada tradisi yang dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci hingga Idul Fitri tiba. 

Begitu senangnya umat Islam terhadap bulan Ramadhan. Tak heran, bulan Ramadhan memang bulan yang penuh dengan keistimewaan. Umat Islam berlomba-lomba menyambut dan melakukannya dengan baik demi meraih hikmahnya. Memang apa saja hikmah puasa Ramadhan yang harus diketahui umat Islam? 

Makin Bertakwa Kepada Allah SWT

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.” Surat Al-Baqarah ayat 183. Ini saja sudah bisa menjadi dasar yang kuat bahwa diwajibkan bagi umat Islam untuk berpuasa demi meningkatnya ketaqwaan padaNya. Mengapa dengan berpuasa? 

Ketika berpuasa, seorang muslim diwajibkan untuk menahan lapar, dahaga dan hawa nafsu. Ini adalah bentuk cara seorang muslim dalam mematuhi perintahNya dan menjauhi laranganNya yang menjadi definisi taqwa itu sendiri. Selain itu, secara sadar seorang muslim juga menghindari berbuat maksiat  karena tahu bahwa Allah Maha Mengetahui. 

Mampu Mengontrol Hawa Nafsu KarenaNya

Seorang yang berpuasa, diwajibkan menahan hawa nafsu baik amarah maupun keinginan untuk melakukan amalan buruk. Apalagi jika berpuasa karenaNya, mengetahui bahwa Allah Maha Melihat dan Mengetahui akan membuat seseorang mengontrol hawa nafsunya. Lalu lebih memilih untuk melakukan amalan baik saja. 

Dengan begitu, seseorang telah mencapai hikmah puasa Ramadhan itu sendiri yaitu pengendalian diri atas hawa nafsunya. Dan semuanya dilakukan hanya karena Allah SWT semata. Allah berfirman, “Dia telah meninggalkan syahwat dan makanan karena-Ku.”

Menjadi Diri yang Qanaah

Qanaah diartikan sebagai sifat seseorang yang menerima apa saja yang diberikan oleh Allah SWT, baik yang bersifat baik atau buruk. Ini adalah salah satu hikmah bulan Ramadhan yang didapatkan dan wajib diketahui oleh umat Islam. Mengapa? Sebab ketika berpuasa, seseorang diharuskan untuk melakukan amalan baik dan menahan hawa nafsu. 

Ketika sesuatu yang tidak baik terjadi, orang tersebut sebaiknya tetap bersyukur dan menerima. Atau bisa disebut sebagai Qanaah, menerima dan mengetahui bahwa segala sesuatu sudah ditakdirkan oleh Allah SWT. “Sesungguhnya yang terpuji adalah kaya jiwa, karena ia menghindari ketamakan. Ia berhasil mencapai kemuliaan dan pujian lebih daripada ketika dia kaya harta, namun miskin hati karena sifat rakus. Miskin hati menjerumuskannya pada urusan-urusan rendah dan perbuatan hina karena rendahnya cita-cita, kebakhilan, dan kerakusannya. Banyak orang yang mengendalikannya (menguasainya). Akhinya, melemahlah rasa hormat manusia kepadanya.” Al Quthurbi. 

Membuat Diri Jadi Lebih Baik

Manusia bisa saja berubah sifat bahkan setiap detiknya. Yang diharapkan tentu perubahan yang baik. Jika itulah yang diinginkan, berpuasa di bulan Ramadhan bisa menjadi salah satu caranya untuk mencapai tujuan. Bagaimana bisa? Ketika berpuasa, seseorang cenderung akan menghindari perbuatan atau perkataan buruk. 

Di bulan Ramadhan, seorang muslim akan melakukan puasa selama kurang lebih 30 hari. Ini adalah waktu yang cukup untuk seseorang mengubah kebiasaan dan dirinya jadi lebih baik karena telah mencoba mengontrol dirinya. Apalagi, Rasulullah SAQ bersabda, “Betapa banyak orang yang berpuasa namun dia tidak mendapatkan dari puasanya tersebut kecuali rasa lapar dan dahaga saja.” Tentu tidak ada yang ingin puasanya jadi sia-sia bukan?

Meningkatkan Kesehatan Jasmani

Tak dipungkiri bahwa berpuasa bisa menjadi jalan yang ditempuh untuk menuju hidup yang lebih sehat. Mengapa sehat itu penting? Sebab dengan bermodalkan sehat, seseorang bisa melakukan aktivitas dan ibadah dengan lancar. Jika di luar bulan Ramadhan, kamu sering kali lapar mata dan makan minum sesuatu yang kurang bermanfaat, saat berpuasa kamu bisa lebih mengontrolnya. 

Dengan mengonsumsi makanan yang sehat saja selama sahur dan buka puasa, niscaya kamu akan mendapatkan kesehatan yang prima. Berpuasa diyakini bisa membuat tubuh makin sehat, sebab tubuh diberi kesempatan untuk mengeluarkan kotoran, racun dan semacamnya. 

Itu dia hikmah bulan Ramadhan sebagai umat Islam yang wajib diketahui. Semoga tulisan ini memberikan inspirasi buatmu agar makin khidmat menjalani ibadah puasa nantinya.


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.


Baca Juga:

Keistimewaan Bulan Ramadhan Dibandingkan dengan Bulan Lainnya

Ide Kultum Ramadhan untuk Kalangan Millenial

Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa

Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba

Hal yang Membatalkan Puasa, Ramadhan Ini Bisa Yuk Puasa Penuh

Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Ucapan Menyambut Ramadhan, Pas Untuk Diberikan Ke Keluarga dan Teman

5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Apa Bedanya Bank Syariah dengan Bank Konvensional?

Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *