Home » Blog » Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Puasa Ramadhan merupakan puasa yang hukumnya wajib dilakukan oleh umat Islam. Puasa ini datang sekali dalam setahun, karena itu kehadirannya selalu dinantikan dengan gembira. Apalagi pahala dan ganjaran puasa Ramadhan yang berlipat, membuat setiap muslim berlomba-lomba berbuat kebaikan. Tapi selain pahala, tahukah kamu bahwa puasa Ramadhan juga penuh dengan hikmah?

Hikmah secara sederhana diartikan sebagai pelajaran baik yang bisa seseorang petik dari sebuah kejadian atau kisah. Hikmah puasa sendiri ternyata ada banyak. Apa saja? Mari kita simak berikut ini. 

  1. Semakin dekat dengan Allah SWT

Kamu pasti setuju bahwa puasa Ramadhan sering dijadikan sebagai ajang mendekatkan diri kepada Allah SWT. Saat Ramadhan tiba, sering kali umat Islam melakukan ibadah dan kebaikan berlipat-lipat demi mendapatkan pahala. Tidak salah, puasa memang mampu mendekatkan kita dengan Allah SWT. Ibadah ini menjadikan kita senantiasa selalu ingat kepada Allah sampai-sampai meningkat lah nilai ketakwaan kita kepada-Nya.

  1. Melatih diri untuk istiqomah

Istiqomah diartikan sebagai sebuah usaha dalam mempertahankan diri untuk berbuat baik dan menjaganya. Ketika berpuasa, kita dituntut untuk menahan hawa nafsu, menjalankan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya mulai dari terbit hingga tenggelamnya matahari. Dengan menjalankan puasa, kita jadi otomatis melatih diri untuk istiqomah menjalankan perintah tersebut. 

  1. Memicu diri berbuat kebaikan

Dikatakan bahwa tidurnya orang puasa saja berpahala. Meski begitu bukan berarti kamu harus tidur seharian saat berpuasa. Melainkan maknai kalimat tersebut sebagai hal kecil sederhana saja menuai pahala, bagaimana dengan hal lainnya? Karena itu banyak-banyaklah berbuat kebaikan ketika bulan suci Ramadhan tiba. Ini termasuk hikmah bulan Ramadhan yang semua orang nanti-nantikan. Berbuat kebaikan diganjar berlipat-lipat pahala.

  1. Mengingatkan diri untuk menghindari maksiat

Ada aturan, ada juga larangan ketika menjalani puasa di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah melakukan maksiat. Meski ini juga dilarang di luar bulan Ramadhan, namun melakukan maksiat atau perbuatan tidak baik di bulan suci akan diganjar sebanyak-banyaknya dosa. Tentu kamu tidak ingin ini terjadi, bukan? Bulan Ramadhan merupakan momen dimana kamu ingin mengumpulkan pahala sebanyak mungkin karena itu puasamu jadi pengingatmu agar menghindari maksiat. 

  1. Menjadi lebih peduli dan empati kepada sekitar

Kamu pasti sering melihat atau bahkan melakukan sendiri ketika bulan ramadhan tiba, sedekah atau berbagi makin banyak dilakukan. Ini menjadi pertanda bahwa berpuasa di bulan Ramadhan menjadikan seseorang jadi lebih peduli dan timbul rasa empati kepada lingkungan sekitar. Dengan ganjaran pahala berlimpah, seseorang tak segan berbagi sebanyak mungkin pada mereka yang membutuhkan. Itulah hikmah puasa Ramadhan. 

  1. Melatih diri untuk hidup lebih sederhana

Dalam keseharian, pasti banyak dari kamu yang suka beli makanan atau barang yang kadang kemudian tidak terpakai. Ini disebut dengan mubadzir karena telah menggunakan uang untuk hal yang tidak ada manfaatnya. Nah ketika berpuasa, kita diharapkan terlatih untuk hidup lebih sederhana. Sebab kalau biasanya kita bisa beli makanan secara online karena lapar mata, kini tak bisa lagi. Kamu jadi belajar mengerem diri agar tidak kebablasan. 

  1. Mempererat tali silaturahmi

Tak dipungkiri, bulan Ramadhan juga membuat kita jadi terkoneksi dengan teman-teman lama atau saudara jauh. Di luar masa pandemi, kita pasti akan berkumpul dan mengadakan buka bareng bersama. Atau kegiatan ibadah Tarawih yang mendekatkan kamu dengan tetangga dan orang-orang di sekitar lingkungan. Itulah hikmah bulan ramadhan yang mungkin tak kamu temui di bulan-bulan lainnya. 

  1. Melatih diri menjadi qana’ah

Secara singkat, qana’ah diartikan sebagai sebuah sikap dimana seseorang merasa menerima dan bersyukur dengan apa yang diterima. Sikap ini tentu merupakan sifat terpuji yang harus dimiliki setiap orang. Selain di bulan Ramadhan, sering kali kita mudah marah dan kecewa karena suatu hal. Saat puasa Ramadhan, kita diwajibkan menahan hawa nafsu termasuk di dalamnya amarah. Ini pada akhirnya akan membuat kita terlatih untuk lebih sabar dan menjadi qana’ah.

  1. Membuat jasmani lebih sehat

Tak hanya rohani yang makin kuat, jasmani pun juga tak ketinggalan mendapatkan hikmah bulan Ramadhan. Sebab bisa jadi ketika berpuasa kita menahan untuk tidak mengonsumsi makanan-makanan yang tak bermanfaat. Dan misalnya kamu rutin mengonsumsi kurma sebagai hidangan buka puasa pun bahkan bisa membawa manfaat untuk kesehatan. Disebutkan puasa di bulan Ramadhan bisa membuat tubuh jadi lebih sehat seperti berat badan turun, kesehatan jantung membaik hingga mengontrol gula darah. 

Bulan Ramadhan menjadi momen yang dinantikan umat Islam di dunia. Selain karena hanya hadir sekali dalam setahun, ini juga merupakan waktu yang tepat untuk mencari pahala sebanyak-banyaknya. Mari melakukan ibadah puasa Ramadhan sebaik-baiknya agar teraih hikmah puasa Ramadhan sebanyak-banyaknya. 


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.


Baca Juga:

Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Ucapan Menyambut Ramadhan, Pas Untuk Diberikan Ke Keluarga dan Teman

5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Apa Bedanya Bank Syariah dengan Bank Konvensional?

Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

Maqmur Meminta Saran dan Feedback Kamu Ya

2 thoughts on “Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan”

  1. Pingback: Hal yang Membatalkan Puasa, Ramadan Ini Bisa Yuk Puasa Penuh – Maqmur

  2. Pingback: Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa – Maqmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *