Heboh Video Matahari Terbit Di Utara, Tanda Akhir Zaman?

18 June 2021

Menurut Islam, ada beberapa tanda akhir zaman yang patut semua muslim ketahui. Di antaranya adalah turunnya nabi Isa hingga terbitnya matahari dari barat. Tentu semua muslim patut mengetahuinya agar senantiasa melakukan kebaikan serta amalan baik sesuai syariat.

Belakangan ini, ada sebuah video viral tentang fenomena aneh atas terbitnya matahari. Video ini konon direkam di Jeneponto, Sulawesi Selatan. Dalam rekaman video tersebut, perekam mengarahkan kamera ke arah matahari. Ia menyebutkan bahwa saat itu masih sekitar pukul 8 pagi. Namun matahari sudah berada di arah utara. Menurutnya ini adalah hal aneh dan tak biasa.

Tidak sendiri, beberapa orang lain juga diperlihatkan di dalam video dan turut menyaksikan kejadian tersebut. Lantas, benarkah fenomena yang terjadi ini bisa dikaitkan dengan tanda akhir zaman? Bagaimana pendapat pihak-pihak terkait seperti BMKG? Berikut ulasan yang wajib kamu baca.

Instal Aplikasi MAQMUR Untuk Temani Hijrah Finansialmu

Video Viral Matahari Terbit Dari Utara di Jeneponto

“Jadi ini kalau kita sebagai orang beriman selaku orang muslim dimana kita biasa dengar ada peringatan dari Rasullulah Muhammad SAW, salah satu tanda kiamat adalah jika matahari terbit di barat dan tenggelam di sebelah timur. Sepertinya dengan situasi pagi ini merupakan suatu isyarat matahari akan terbit di sebelah barat karena sekarang sudah berada di utara,”

Cuplikan video matahari terbit di utara

Itu adalah hal yang diucapkan oleh perekam video viral matahari terbit dari utara di Jeneponto. “Saya katakan ini adalah keanehan karena sebelumnya saya belum pernah melihat di mana yang menjadi kebiasaan terbit dari timur sebelah timur. Tapi sekarang baru menjelang jam 8 pagi ternyata matahari sudah berada pada posisi utara, tidak biasanya terjadi seperti itu,” tambahnya.

Begini Penjelasan BMKG dan LAPAN

Viralnya video dimana disebutkan matahari terbit dari utara ini, tentu mengundang beberapa pihak untuk ikut berkomentar. Di antaranya adalah pihak BMKG Wilayah IV Makassar, Rizky yang menyebutkan “Dia bergerak dari timur ke barat akan tetapi condongnya bergerak di sebelah utara. Jadi tetap terbit dari timur, tetapi perjalanan ke barat dia lewat jalur utara, bisa dikatakan seperti itu,”

Selain itu, Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Thomas Djamaluddin menyebutkan bahwa bahwa kejadian ini adalah hal yang wajar. Sebab ada pergerakan posisi matahari akibat kemiringan sumbu rotasi Bumi. Saat ini, posisi matahari berada di belahan Bumi utara. Karena itulah, menjelang siang atau tengah hari matahari akan berada di arah utara.

Tanda-Tanda Akhir Zaman Menurut Islam

Akhir zaman atau kiamat dibagi menjadi tiga yaitu kiamat kecil, sedang dan besar. Kiamat kecil biasanya ditandai dengan kematian manusia. Kiamat sedang ditandai dengan meninggalnya generasi suatu abad. Sedangkan kiamat besar adalah bangkitnya manusia dari kubur untuk dihisab dan dibalas amalan-amalan yang telah dilakukan di dunia.

Menurut Islam, ada 7 tanda akhir zaman. Sepatutnya tanda-tanda ini kamu ketahui agar kian giat mengumpulkan amalan dan kebaikan. Apa saja tanda-tandanya?

  • Diturunkannya Nabi Isa

Pada surat Ali Imran ayat 55 disebutkan bahwa sebenarnya Nabi Isa tidak dibunuh oleh orang Yahudi tetapi diangkat oleh Allah ke langit. Nantinya, ketika kiamat besar tiba, Nabi Isa akan diturunkan ke Bumi dengan tugas membunuh Dajjal. Ini diyakini sebagai tanda kiamat yang pertama.

  • Yajuj dan Majuj Muncul

Tentang Ya’juj dan Ma’juj ada dalam beberapa surat alquran. Mereka adalah makhluk Allah yang akan muncul di akhir zaman setelah Dajjal dan Nabi Isa turun ke Bumi. Ya’juj dan Ma’juj konon akan membunuh semua penghuni bumi dan langit dengan cara menghujamkan panah. Ciri-ciri Ya’juj dan Ma’juj adalah bermuka lebar, bermata sipit, rambut jambul putih dan wajah berbentuk seperti tembikar.

  • Muncul Api Untuk Mengumpulkan Manusia

Sebuah hadits berbunyi, ” Kiamat tidak akan terjadi sampai keluar api di tanah Hijaz, yang akan menerangi leher unta daerah Bushra.” ini disebut menjadi salah satu tanda kiamat. Api disebut akan keluar dari Yaman dan menggiring manusia ke Syam.

  • Hadirnya Binatang Besar

“Dan apabila perkataan telah jatuh atas mereka, Kami keluarkan sejenis binatang melata dari Bumi yang akan mengatakan kepada mereka bahwa sesungguhnya manusia tidak yakin kepada ayat-ayat Kami.” merupakan surat An-Naml ayat 82 yang menjelaskan bahwa nantinya akan muncul binatang besar sebagai tanda kekuasaan Allah SWT.

  • Dajjal muncul

Kamu pasti tahu bahwa munculnya Dajjal adalah salah satu tanda kiamat. Dajjal dikisahkan sebagai sosok bermata satu dengan mata kanan yang buta. Ia akan membawa fitnah besar dan bisa membuat goyah keimanan banyak orang. Sehingga akan lebih banyak orang yang mendengarkannya dan terhasut.

  • Asap dan Kabut Mematikan

Asap atau dukhan adalah salah satu tanda-tanda kiamat besar. Hal ini disebutkan akan menimbulkan penyakit seperti flu dan menyerang kaum beriman. Namun orang-orang kafir akan mati karena penyakit ini.

  • Matahari terbit dari barat

Tanda terakhir yang paling sering disebut sebagai tanda kiamat adalah matahari terbit dari barat. Wajarnya, matahari akan terbit dari timur dan terbenam dari barat. Jika terjadi sebaliknya, maka ini bisa jadi pertanda hari kiamat.