Hari Tasyrik, Amalan Hingga Alasan Tak Boleh Puasa

21 July 2021

Pada ajaran agama Islam, terdapat beberapa hari dimana seorang muslim tidak boleh melakukan ibadah puasa. Beberapa hari di antaranya adalah pada 1 Syawal atau hari raya Idul fitri, 10 Dzulhijjah atau hari raya idul adha serta hari tasyrik. Apakah itu? Ini adalah tiga hari pada bulan Dzulhijjah tepatnya tanggal 11 hingga 13.

Makna hari tasyrik

Hari tasyrik sering juga disebut sebagai hari naha dimana artinya hari untuk menyembelih. Pada hari tersebut, umat Islam patut merayakannya dengan makan dan minum meski tentu saja harus tetap sambil mengingat serta mendekatkan diri pada Allah. Karena hal tersebut, pada hari ini umat islam dilarang melakukan ibadah puasa.

Dalam sebuah hadits juga Rasulullah menyebut hari ini sebagai “Ayyam akl wa syurb atau hari makan-makan dan minum-minum.” Rasulullah pula yang memberikan predikat hari tersebut sebagai a’dham al ayyam ‘ind Allah atau hari paling mulia di sisi Allah.

Aplikasi Maqmur hadir untuk sempurnakan ibadahmu. Download sekarang juga!

Amalan lain yang bisa dilakukan

Meski tak bisa melakukan ibadah puasa di hari tasyrik, umat Islam tetap bisa mendapatkan pahala dengan melakukan amalan-amalan lainnya. Adapun amalan-amalan lain yang bisa dilakukan yaitu :

  • Bersyukur atas nikmat

Pada hari tasyrik dimana umat Islam akan menyembelih hewan qurban dan sebagian lainnya akan menerima hadiah atau sedekah berupa daging qurban. Baik untuk yang bisa melaksanakan qurban atau tidak, hari-hari setelah hari raya idul adha tentu saja harus diisi dengan rasa syukur. Sebab Allah pun berfirman, “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah nikmat kepadamu. Dan jika kamu mengingkari nikmatKu, maka sesungguhnya azabKu sangat pedih.”

  • Bersilaturahmi

Ada begitu banyak keutamaan yang disediakan bagi umat Islam yang mau menjaga silaturahmi dengan sesama. Mulai dari dilapangkan rezekinya hingga dapat memperpanjang umur. Dalam rangka hari raya idul adha serta hari setelahnya, tak ada salahnya jika diisi dengan amalan bersilaturahmi. Meski di tengah pandemi, silaturahmi bisa dilakukan dengan cara lain seperti mengirimkan olahan daging qurban atau sekadar berkomunikasi lewat telepon.

  • Berdoa dan berdzikir

Tahukah kamu bahwa hari tasyrik merupakan salah satu hari ijabah doa? Di hari ini adalah waktu dimana Allah akan mengabulkan doa hamba-hambaNya. Karena itu, meski tidak bisa berpuasa, kamu tetap bisa memperbanyak doa dan juga dzikir. Tak ada yang tahu jika doa-doa yang kamu panjatkan di hari-hari ini akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Kapan hari tasyrik 2021?

Seperti yang diketahui bahwa berdasarkan kalender Hijriah, idul adha dirayakan pada tanggal 10 Dzulhijjah. Sedangkan hari tasyrik adalah 3 hari terhitung dari hari tersebut. Pemerintah beberapa waktu yang lalu telah mengeluarkan pengumuman bahwa hari raya idul adha di tahun 2021 jatuh pada tanggal 20 Juli 2021, maka untuk hari tasyrik di tahun yang sama terdapat pada tanggal 21 hingga 23 Juli 2021.

BACA JUGA : 4 Hukum Ibadah Kurban Yang Patut Diketahui

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021