Hal yang Membatalkan Puasa, Ramadhan Ini Bisa Yuk Puasa Penuh

6 April 2021

Bulan puasa merupakan bulan mulia, sebagai pembentuk iman dan taqwa, siapa yang siap untuk berlaga maka surga akan menyambutnya.

Unknown

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur.

Puasa dimaknai sebagai sebuah ibadah dimana mereka yang melakukannya akan menahan lapar dan haus untuk waktu tertentu. Dalam ajaran agama Islam sendiri, puasa ternyata ada beberapa jenis yaitu puasa wajib, puasa sunnah, puasa makruh dan puasa haram. Jenis tersebut dibedakan berdasarkan hukum dilaksanakannya puasa tersebut. 

Puasa Ramadhan sendiri termasuk dalam puasa wajib karena harus dilakukan oleh umat Islam ketika bulan Ramadhan tiba, kecuali untuk yang berhalangan atau diperkecualikan. Agar puasa tahun ini bisa penuh tanpa bolong, tentu kamu wajib tahu apa saja hal yang membatalkan puasa. Simak penjelasannya berikut ini.

Sengaja Makan dan Minum

Puasa saja diartikan sebagai ibadah menahan lapar dan dahaga, tentu saja makan dan minum dengan sengaja bisa membatalkan puasa. Meski begitu, jika makan dan minum dilakukan secara tidak sengaja atau lupa maka puasa bisa dilanjutkan. Dengan syarat makanan atau minuman yang masih tersisa di mulut harus dikeluarkan.

Baca: Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Muntah dengan Sengaja

Dalam HR Abu Dawud, Turmudzi, Ibnu Majah, Baihaqi dan al-Hakim dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda:

Barangsiapa dikalahkan oleh muntah maka tidak ada qadha’ baginya. Barangsiapa muntah dengan sengaja, maka hendaknya ia meng-qadha’nya,

Dari firman tersebut dapat disimpulkan bahwa jika seseorang muntah dengan sengaja, maka puasanya dianggap batal. 

Merokok

Sudah umum diketahui ya bahwa memasukkan sesuatu ke dalam lubang yang ada pada tubuh ketika berpuasa merupakan hal yang membatalkan puasa. Termasuk juga dengan merokok. Meski bukan termasuk dalam aktivitas makan dan minum, merokok juga dinilai membatalkan puasa sebab lidah merasakan rokok itu sendiri. 

Berhubungan Badan di Siang Hari

Ketika berpuasa, kita tak hanya diwajibkan menahan hawa nafsu untuk makan, minum dan amarah saja. Namun juga menahan nafsu syahwat, terlebih di siang hari. Pasangan suami istri yang dengan sengaja melakukan ini di siang hari ketika berpuasa maka puasanya dianggap batal. Mereka pun diwajibkan membayar puasa dan untuk si suami wajib membayar denda kafarat.

Baca: Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Keluarnya Darah Haid atau Sedang Menjalani Nifas

Saat menjalankan ibadah puasa, tubuh seseorang harus dalam keadaan suci. Bagi perempuan, keadaan ini bisa menjadi batal ketika datang waktunya haid atau nifas. Jika ini terjadi, maka puasanya dianggap tidak sah dan wajib diganti. Meski haid datang di menit-menit menuju waktu buka puasa atau maghrib, puasanya tetap dianggap tidak sah. 

Keluar Air Mani Secara Sengaja

Air mani biasanya bisa keluar ketika seseorang mengalami rangsangan. Jika ini terjadi, maka puasa yang sedang dilakukan menjadi batal. Meski begitu, beberapa pendapat menyatakan jika air mani keluar ketika sedang mimpi basah maka puasa tidak dianggap batal. Sebab hal ini terjadi secara tidak sengaja.

Melakukan Pengobatan Bekam

Bekam merupakan sebuah pengobatan yang cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan darah statis. Di dalam darah statis tersebut dipercaya terletak toksin atau racun yang ada di dalam tubuh. Ternyata, ketika sedang melakukan puasa kamu tidak diperbolehkan melakukan bekam. Sebab, seperti yang kita ketahui mengeluarkan sesuatu dari dalam tubuh dengan sengaja ketika berpuasa dapat membatalkan puasa itu sendiri.

Baca: Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

Mendapatkan Suntikan

Disuntik artinya memasukkan cairan tertentu melalui tubuh, apakah membatalkan puasa? Ada beberapa pendapat, namun Ustadz Adi Hidayat dalam channel Youtube-nya mengatakan bahwa suntikan sendiri jenisnya ada dua. Beliau menjelaskan, jika setelah suntik seseorang jadi berkurang energi dan kekuatannya maka suntik tersebut tidak boleh dilakukan. Namun jika suntik tersebut membawa kebaikan seperti donor darah, maka boleh dilakukan. Lalu bagaimana dengan suntik vitamin? Ustadz Adi Hidayat menyebutkan bahwa hal tersebut membatalkan puasa sebab itu menambahkan energi. 

Melakukan Pengobatan Melalui Dubur atau Kemaluan

Meskipun untuk alasan kesehatan, ternyata pengobatan melalui dubur atau kemaluan termasuk sebagai hal membatalkan puasa. Hal ini sesuai dengan aturan yang membatalkan puasa yaitu memasukkan atau mengeluarkan sesuatu ke dalam tubuh. Termasuk di dalamnya adalah obat. 

Itu dia hal membatalkan puasa yang wajib kamu ketahui. Puasa Ramadhan sudah semakin dekat, tidak ada salahnya jika kita mulai mempersiapkan diri dengan tahu apa saja yang tak boleh dilakukan ketika puasa sehingga puasa kita tidak sah. 


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami