Gerhana Matahari Tak Terlihat di Indonesia, Haruskah Tetap Sholat Gerhana?

10 June 2021

Setelah beberapa waktu lalu kita bisa menyaksikan secara langsung gerhana bulan total, akan kembali terjadi sebuah fenomena langit. Ialah gerhana matahari cincin yang disebut bakal terjadi pada 10 Juni 2021. Gerhana matahari cincin adalah fenomena ketika bulan menghalangi sinar matahari dan bayangannya berada di atas bumi. Karena jarak bulan yang lebih jauh dari biasanya, bulan tidak mengaburkan matahari secara penuh. Karena itulah terbentuk seperti cincin pada matahari.

Kali ini, gerhana matahari cincin terjadi bersamaan dengan fase bulan baru. Untuk waktu terjadinya gerhana ini, jika disesuaikan dengan WIB atau waktu Indonesia Barat maka akan terjadi sekitar pukul 15.21.20 sampai 20.11.19. Perkiraannya, puncak dari gerhana matahari cincin akan terjadi pada 17.43.05 WIB. Konon gerhana matahari cincin ini akan terjadi selama 3 menit saja.

Sayangnya, tidak seperti gerhana bulan beberapa waktu lalu, gerhana matahari cincin kali ini tidak akan bisa dilihat dengan jelas dari Indonesia. Sebab menurut NASA, gerhana matahari ini hanya bisa disaksikan di beberapa negara seperti Kanada, Greenland dan Rusia. Meski begitu, kamu tetap bisa menyaksikannya di beberapa kanal Youtube seperti Time and Date atau Royal Observatory Greenwich.

Lalu, kamu mungkin bertanya, kalau gerhana matahari cincin ini tidak terlihat di Indonesia, apakah masih harus mengerjakan sholat gerhana? Berikut penjelasannya.

Apa itu sholat gerhana matahari atau bulan?

Sesuai dengan namanya, sholat gerhana adalah ibadah sholat yang ditunaikan ketika sedang terjadi gerhana baik gerhana matahari atau gerhana bulan. Dalam ajaran Islam, sholat ini disebut juga dengan sholat khusuf dan sifatnya sunnah. Jumlah rakaat sholat ini adalah dua rakaat, sama seperti sholat sunnah pada umumnya.

Adapun niat jika ingin melaksanakan sholat gerhana yaitu :

Ushalli sunnatal khusuf rak‘ataini imaman/makmuman lillahi ta‘ala

Yang artinya: Saya sholat sunah gerhana bulan dua rakaat sebagai imam/makmum karena Allah SWT.

Untuk tata caranya sendiri, sholat gerhana matahari atau bulan sama dengan sholat sunnah pada umumnya. Hanya saja bacaan surat alquran di rakaat pertama ialah surat Al-Baqarah, sedang pada rakaat kedua adalah surat An-Nisa dan Al-Maidah.

Apa tujuan sholat gerhana?

Sholat gerhana tidak hanya ditunaikan karena sedang terjadi fenomena gerhana. Tapi ada manfaat serta hikmah yang bisa diambil dari sholat sunnah ini. Apa sajakah itu?

  • Merupakan sunnah Rasulullah SAW

Ada banyak sekali amalan dan juga ibadah yang dilakukan oleh Rasulullah yang kemudian disunnahkan untuk diikuti oleh umatnya. Salah satunya adalah mendirikan sholat sunnah seperti sholat gerhana. Terlebih, ketika kamu juga melaksanakan sunnah Rasulullah, di mata Allah itu sudah dinilai sebagai sebuah kebaikan atau amalan baik.

  • Agar terhindar dari musyrik dan tahayul

Kamu pasti sering dengan mitos atau mungkin ritual yang berkaitan dengan kepercayaan tertentu yang konon harus dilakukan saat gerhana. Misalnya tentang ibu hamil yang harus masuk ke dalam kolong kasur saat gerhana karena tidak boleh menyaksikan gerhana yang katanya akan membahayakan kehamilannya. Hal ini tentu saja tidak benar dan bisa menjurus kepada musyrik. Karena itu, daripada melakukan mitos-mitos tersebut, lebih baik mendirikan sholat gerhana dan berdoa kepadaNya.

  • Mendekatkan diri pada Allah

Adanya fenomena gerhana matahari merupakan bukti kekuasaan Allah. Sebab itu penting untukmu melaksanakan sholat gerhana demi mengagungkan namaNya. Selain itu, sholat gerhana juga akan membuatku makin dekat kepada Allah SWT.

Aplikasi Maqmur Kini Tersedia di Play Store!

Apakah harus sholat gerhana ketika tidak bisa melihat gerhana di Indonesia?

Fenomena kali ini memang tidak bisa dilihat secara langsung dari Indonesia. Tapi kamu bisa melihatnya melalui live streaming di kanal Youtube yang sudah disebutkan di atas. Kamu mungkin lalu bertanya, kalau gerhana matahari cincin kali ini tidak bisa disaksikan dari Indonesia, apakah artinya tidak perlu melaksanakan sholat gerhana?

Dikutip dari Inews, Direktur Rumah Fiqih Indonesia, Ustaz Ahmad Sarwat mengatakan bahwa sholat gerhana semestinya dilakukan oleh mereka yang wilayahnya bisa melihat fenomena tersebut. Dengan begitu artinya, umat Islam yang ada di Indonesia tidak wajib melakukan sholat gerhana. Hal ini juga sebagaimana yang ada pada sabda Rasulullah :

Apabila kamu menyaksikannya maka berdoalah kepada Allah, bertakbir, shalat dan bersedekah. (HR. Bukhari dan Muslim).

Baca Juga Artikel Terbaru Kami