Fakta Khadijah Yang Jarang Diketahui, Inspiratif Dan Penuh Teladan

9 August 2021

Kamu mungkin mengenalnya sebagai salah satu istri Nabi Muhammad. Padahal, sosok Khadijah lebih dari itu. Beliau adalah salah satu dari empat wanita yang diteladani di kehidupan umat Islam. Salah satu fakta Khadijah yang umum bahkan menyebutkan bahwa dirinya dijanjikan surga. Hal ini berdasar pada hadits yang diceritakan Ad-Dzahabi.

“Pemuka wanita ahli surga ada empat: Maryam bintu Imran, Fatimah bintu Rasulilah SAW, Khadijah bintu Khuwailid dan Aisyah.” (HR Muslim)

Selain itu, ada juga fakta-fakta lain yang mungkin jarang kamu dengar. Setelah membaca penjelasan di bawah ini, kamu pasti akan setuju bahwa Khadijah merupakan sosok inspiratif dan patut diteladani.

  • Merupakan seorang pebisnis handal dan terhormat

Khadijah adalah wanita yang tahu apa yang ia kerjakan, terutama pada bisnisnya. Ia mewarisi bakat berbisnis dari sang ayah yang merupakan pebisnis di suku Quraisy, Mekah. Di bidang ini, Khadijah dikenal sebagai Ameerat-Quraysh (Putri Quraisy) dan al-Tahira (Murni) karena reputasinya. Ia punya mata yang tajam dan juga intuitif. Dalam bisnisnya, Khadijah tak melupakan sifat rendah hati dan integritas.

  • Kisah cintanya pernah tak mulus

Meski sukses dalam berbisnis, ternyata Khadijah sempat memiliki kisah cinta yang tidak mulus. Ia menikah sebanyak dua kali dan dari kedua pernikahan sebelumnya, Khadijah dikaruniai anak. Setelah menjanda, Khadijah memilih untuk menjadi independen untuk dirinya dan keluarga.

  • Meminta Nabi untuk menikahinya

Pernikahan di kala itu berbeda dengan ada yang ada sekarang. Khadijah jatuh cinta dengan Nabi Muhammad SAW bukan karena ia membutuhkan seorang laki-alki yang akan menopang kebutuhan finansialnya. Pun Rasulullah yang juga bukan membutuhkan harta untuk mencari istri. Dikisahkan, Khadijah meminta Rasulullah untuk menikahinya dan beliaupun mengiyakan.

  • Usianya lebih tua 15 tahun dari Nabi Muhammad

Saat menikah dengan Nabi Muhammad, Khadijah sudah berusia 40 tahun. Sedangkan Nabi Muhammad kala itu masih berusis 35 tahun. Meski begitu, tidak ada masalah karena perbedaan usia yang cukup jauh. Bahkan pernikahan keduanya bertahan hingga 25 tahun lamanya. Hanya kematian Khadijah yang memisahkan keduanya.

  • Disebut sebagai istri yang ideal

Pernikahan Khadijah dan Nabi Muhammad disebut sebagai cinta sejati. Meski bertaut usia cukup jauh, keduanya tetap bersama hingga ajal memisahkan. Dikisahkan pula, dalam pernikahan tersebut Khadijah merupakan istri yang ideal. Sebab Khadijah-lah sosok yang selalu menghibur dan mendukung suaminya ketika mengalami hari-hari terberat. Seperti ketika Muhammad menerima kenabiannya dan tak ada yang mempercayai hal tersebut, Khadijah tetap mendukungnya.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

  • Senang menghabiskan harta di jalan Allah

Diketahui bahwa Khadijah senang sekali membagi hartanya untuk orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari kaum miskin, yatim piatu, janda hingga mereka yang sakit. Bahkan Khadijah disebut kerap menolong gadis-gadis yang ingin menikah dan menolong mereka menyediakan maskawin. Tak heran jika sosoknya sangat dihormati dan dikenang sepanjang waktu.

“Isteri-isterimu adalah pakaian untukmu dan kamu adalah pakaian untuk mereka.”

(QS. 2: 187)
  • Menyerahkan raga dan jiwanya pada Islam

Khadijah disebut sebagai orang pertama yang memeluk agama Islam, meyakini Muhammad sebagai utusan Allah yang terakhir serta menjadikan al-quran sebagai pedoman hidup. Tak hanya itu, Khadijah juga tak segan menghabiskan hartanya untuk melindungi Muhammad di kala menyebarkan agama Islam. Patutlah jika kemudian kita menyebut bahwa sosok Khadijah sangat menyerahkan raga dan jiwanya untuk agama Islam.

BACA JUGA : Istimewanya Kucing Dalam Islam, Kesayangan Rasulullah

Itu dia fakta Khadijah yang mungkin belum pernah kamu ketahui. Semoga fakta-fakta di atas bisa memberikan inspirasi untukmu, terutama kaum muslimah agar menjadikan Khadijah sebagai teladan dalam hidup dan berumah tangga.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021