Dzulqa’dah, Bulan Setelah Syawal Yang Haram Berbuat Jahat

13 June 2021

Bulan Syawal baru saja berlalu, kini tiba bulan baru yaitu bulan Dzulqa’dah. Bulan ini adalah salah satu dari bulan haram dimana seorang muslim diharamkan untuk bermaksiat atau melakukan perbuatan jahat lainnya seperti dholim. Sebelumnya, kamu sudah tahu kan kalau dalam ajaran Islam ada bulan-bulan yang termasuk haram dan bulan yang disucikan?

Ada beberapa bulan yang termasuk bulan haram dalam penanggalan Hijriah. Bulan tersebut adalah Dzulhijjah, Muharram, Rajab dan Dzulqa’dah. Ini seperti yang ada dalam firman Allah pada surat At-Taubah ayat 36 yaitu ”Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu.”

Mengenai bulan haram, Rasulullah juga bersabda, “Setahun berputar sebagaimana keadaannya sejak Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun itu ada dua belas bulan. Di antaranya ada empat bulan haram (suci). Tiga bulannya berturut-turut yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. (Satu bulan lagi adalah) Rajab Mudhor yang terletak antara Jumadal (akhir) dan Sya’ban.” (HR.Bukhari dan Muslim)

Aplikasi MAQMUR Tersedia di Play Store!

Pengertian bulan Dzulqa’dah

Setiap penamaan bulan pada penanggalan Hijriah tentu memiliki makna. Pun dengan bulan Dzulqa’dah. Dzul pada nama bulan ini memiliki arti ‘Sesuatu yang memiliki’, sedang al qadah artinya tempat yang diduduki. Dzulqa’dah kemudian dimaknai sebagai sesuatu yang memiliki tempat yang diduduki. Apa maksudnya?

Pada zaman Arab jahiliyah, masyarakatnya memiliki sebuah tradisi pada bulan ini. Kala bulan tersebut datang, mereka hanya akan duduk atau tinggal di wilayahnya. Mereka tidak akan melakukan perjalanan atau bahkan peperangan. Tapi, di bulan tersebut masyarakat Arab jahiliyah tersebut masih berdagang atau bersyair. Singkatnya, pada bulan Dzulqa’dah kondisi atau suasananya cenderung aman sebab tidak ada yang saling mengganggu.

Keutamaan di bulan Dzulqa’dah

  • Termasuk bulan Haji

Salah satu keutamaan bulan Dzulqa’dah adalah asyhrul hajj atau termasuk dalam bulan-bulan haji. Pada bulan ini, sah hukumnya untuk melaksanakan ihram dalam menunaikan ibadah haji.

  • Bulan dimana Rasulullah menunaikan umrah

Tahukah kamu bahwa Rasulullah SAW menunaikan umrah di bulan Dzulqa’dah sebanyak empat kali? Ini seperti yang disampaikan oleh Anas bin Malik, “Rasulullah melakukan umroh sebanyak empat kali, semuanya di bulan Dzulqa’dah, kecuali umroh yang dilakukan bersama hajinya. Empat umroh itu adalah umroh Hudaibiyah di bulan Dzulqa’dah, umroh tahun depan di bulan Dzulqa’dah”

  • Waktu dimana Nabi Musa berbicara dengan Allah

“Dan telah Kami janjikan kepada Musa (memberikan Taurat) sesudah berlalu waktu tiga puluh malam, dan Kami sempurnakan jumlah malam itu dengan sepuluh (malam lagi), maka sempurnalah waktu yang telah ditentukan Tuhannya empat puluh malam. Dan berkata Musa kepada saudaranya yaitu Harun: “Gantikanlah aku dalam (memimpin) kaumku, dan perbaikilah, dan janganlah kamu mengikuti jalan orang-orang yang membuat kerusakan.” Ini adalah firman Allah tentang janjiNya untuk berbicara dengan Nabi Musa. Dari ayat surat Al A’raf : 142 tersebut, ulama tafsir menyimpulkan bahwa waktu 30 malam yang dijanjikan Allah pada Nabi Musa tersebut berada pada bulan Dzulqa’dah dan 10 malam di bulan Dzulhijjah.

  • Amalan baik atau buruk akan dilipatgandakan

Dalam tafsirnya, Ath-Thabari menyebut bahwa Dzulqa’dah adalah bulan haram. Apa artinya? Pada bulan ini, Allah jadikan suci dan agung kehormatannya. Lantas, bagaimana maknanya? Di bulan yang termasuk bulan haram ini, semua amalan akan dilipatgandakan. Tidak hanya pahala jika kamu berbuat baik, ketika kamu berbuat maksiat atau dholim dosa pun juga akan dilipatgandakan. Sebab itu, kamu harus menjaga diri agar tidak melakukan amalan buruk di bulan Dzul’qadah.

Tahun 2021 ini, bulan Dzulqa’dah dimulai dari tanggal 12 Juni menurut penanggalan kalender islam Hijriyah. Yang berarti bulan Dzulqa’dah baru berjalan dua hari. Tak ada salahnya, setelah mengetahui dan paham mengenai bulan ini maka kamu mengamalkan keutamaan-keutamaannya.

SELANJUTNYA : Membaca Alquran Digital, Apa Hukumnya?

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021