Doa Untuk Orang Sakit, Bisa Dibaca Untuk Kesembuhan

28 June 2021

Beberapa waktu lalu, cendekiawan Muslim, Quraish Shihab sempat dirawat di Rumah Sakit akibat penyakit jantung. Tak hanya keluarga, banyak tokoh yang berbondong-bondong mendoakan kesembuhannya. Di era pandemi seperti ini, memang ada baiknya jika kita selalu membacakan doa untuk orang sakit serta memohon kesembuhan baginya.

Oleh karena itu, kamu perlu tahu apa saja doa untuk orang sakit yang bisa kamu bacakan. Seperti doa yang diucapkan oleh Rasulullah SAW. Berbagai doa mulai dari untuk menjenguk, sakit demam hingga rukyah akan dijelaskan di poin berikut ini.

Doa rasulullah untuk kesembuhan orang sakit

Ada beberapa doa yang dilakukan oleh Rasulullah, terutama ketika menjenguk keluarga hingga sahabat yang sedang sakit. Dilansir dari NU Online, ini dia salah satu doa untuk orang sakit yang dibaca oleh Rasulullah ketika keluarganya sakit :

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.  

Artinya, “Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri,”

Ketika harus meruqyah sahabatnya yang sedang sakit, Rasulullah membaca doa berikut ini :

Imsahil ba’sa rabban nāsi. Bi yadikas syifā’u. Lā kāsyifa lahū illā anta.   

Artinya, “Tuhan manusia, sapulah penyakit ini. Di tangan-Mu lah kesembuhan itu. Tidak ada yang dapat mengangkatnya kecuali Kau,”

Rasulullah juga menganjurkan untuk membaca doa untuk orang sakit ini sebanyak 7 kali dengan harapan Allah akan angkat penyakitnya.

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.  

Artinya, “Aku memohon kepada Allah yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu,”

Bagaimana jika ingin mendoakan secara spesifik untuk orang tertentu? Pada riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah menjenguk Sa‘ad bin Abi Waqqash dan mendoakannya. Beliau mengucapkan :

Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan. Allāhummasyfi Sa‘dan.  

Artinya, “Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad. Tuhanku, sembuhkan Sa‘ad,”

Doa ini bisa juga kamu baca, cukup dengan mengganti nama Sa’ad dengan nama orang yang sedang sakit tersebut. Selain doa ini, ada juga doa yang bisa kamu baca ketika menjenguk orang sakit yaitu :

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika.  

Artinya, “Wahai (sebut nama orang yang sakit), semoga Allah menyembuhkanmu, mengampuni dosamu, dan mengafiatkanmu dalam hal agama serta fisikmu sepanjang usia,”

Unduh Aplikasi MAQMUR Untuk Nikmati Fitur Islami Terlengkap

Dari riwayat Imam Bukhari dan Ibnu Abbas ra, Rasulullah dikatakan membaca lafal doa ini ketika menjenguk seseorang yang sedang demam. Bacaannya adalah :

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.  

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (sakit), semoga suci dengan kehendak Allah,”

Itu dia berbagai doa yang bisa kamu ucapkan ketika menjenguk orang yang sakit dan memohon kesembuhan baginya. Doa-doa di atas bisa kamu hafalkan atau simpan agar dapat dipergunakan kapan saja. Terlebih di era pandemi seperti ini, sakit merupakan hal yang amat mengkhawatirkan. Karenanya, jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan. Dan apabila ada orang terdekat yang sakit, bantu mohon kesembuhan dengan membaca doa-doa di atas.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021