Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat

13 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Setiap orang tua pasti menginginkan hal yang baik untuk anak-anaknya. Tak heran jika orang tua akan melakukan segala cara agar dapat memenuhi hal tersebut. Selain usaha atau ikhtiar, sebagai orang tua tentu juga harus mendoakan anak-anaknya. Ini dilakukan agar usaha yang telah diberikan bisa mendapat bantuan dari Allah SWT. Lantas apa saja doa untuk anak yang bisa dipanjatkan?

Berikut ini adalah beberapa doa untuk anak yang dapat dibaca setelah shalat. Setiap doa memiliki harapannya masing-masing. Simak selengkapnya.

Agar Anak Diberi Perlindungan

U’īdzukuma bi kalimātillāhit tāmāti min kulli syaithānin wa hāmmatin wa min kulli ‘aynin lāmmah.

Artinya:

Aku melindungi kalian berdua dengan kalimat Allah yang sempurna dari segala setan, hewan melata, dan segala penyakit ain yang ditimbulkan mata jahat.

HR Abu Daud

Doa ini sering diberikan oleh Nabi Muhammad SAW untuk keselamatan Hasan dan Husein. Tujuannya agar anak-anaknya terhindar dari bahaya dan selalu dalam lindungan-Nya.

Agar Anak Jadi Soleh Dan Soleha

Allahummaj ‘al awladana awladan sholihiin haafizhiina lil qur’ani wa sunnati fuqoha fid diin mubarokan hayatuhum fid dun-ya wal akhirah.

Artinya:

Ya Allah, jadikanlah anak-anak kami anak yang sholih sholihah, orang-orang yang hafal Al-Qur’an dan Sunnah, orang-orang yang faham dalam agama dibarokahi kehidupan mereka di dunia dan di akhirat.

Menjadi soleh dan soleha adalah salah satu harapan yang paling sering diinginkan oleh orang tua. Agar terkabul, orang tua bisa membaca doa di atas ini.

Agar Diberi Kepintaran

Allaahummam-la’ quluuba aulaadinaa nuuron wa hik-matan wa ahlihim liqobuuli ni’matin wa ashlih-hum wa ashlih bihimul ummah.

Artinya:

Ya Allah, penuhilah hati anak-anak kami dengan cahaya dan hikmah, dan jadikan mereka hamba-hamba-Mu yang pantas menerima nikmat, dan perbaikilah diri mereka dan perbaiki pula umat ini melalui mereka.

Selain membantu dalam mencari ilmu, orang tua juga bisa mendoakan anak-anaknya dengan bacaan di atas agar bisa diberikan kepintaran.

Agar Berbakti Pada Orang Tua

Allahumma barikliy fii awladiy, wa la tadhurruhum, wa waf fiqhum li tho’atik, war zuqniy birrohum.

Artinya:

Ya Allah berilah barokah untuk hamba pada anak-anak hamba, janganlah Engkau timpakan mara bahaya kepada mereka, berilah mereka taufik untuk taat kepadaMu dan karuniakanlah hamba rejeki berupa bakti mereka.

Banyak orang tua ingin anaknya berbakti dan menghormati mereka. Karena itu, anak biasanya diberikan pelajaran akhlak dan diajari perilaku yang baik. Selain itu, doa ini juga bisa dibaca agar anak senantiasa berbakti pada orang tua.

Agar Anak Selalu Taat Pada Agama

Robbij’alniy muqimash sholati wa min dzurriyyati robbana wa taqobbal du’a.

Artinya:

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku.

Tak hanya urusan duniawi saja, orang tua juga memperdulikan tentang hari akhir sang anak. Sehingga ada juga bacaan doa agar anak selalu taat pada perintah agama seperti shalat, yang tercantum dalam surat Ibrahim ayat 40 di atas ini.

Agar Memiliki Hidup Yang Penuh Berkah

Allahumma Bariklii Fii ‘Aulaazdii Waahfathhum Wa Laa Tathurra Hum Waarzukna Birrohum.

Artinya:

Ya Allah, limpahkanlah kebaikan yang banyak kepada anak-anak hamba, jagalah mereka dan jangan Engkau celakakan mereka. Karuniakanlah kepada kami ketaatan mereka.

Tak hanya ingin anak-anaknya berperilaku baik, orang tua juga selalu mendoakan agar hidup yang dijalani oleh mereka dipenuhi dengan berkah dan kebaikan. Doa ini adalah yang bisa dibaca.

Temukan al-quran digital dan pengingat waktu shalat di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021