Doa Terhindar Penyakit Menurut Ajaran Nabi dan Ulama

26 June 2021

Tidak ada satu orang pun yang ingin terjangkit sebuah penyakit. Banyak cara dilakukan agar selalu dalam kondisi sehat, salah satunya adalah dengan memanjatkan doa terhindar penyakit. Sebab, pada siapa lagi kita memohon kesehatan dan keselamatan jika bukan pada Sang Pencipta?

Perlu kita sadari dan akui bahwa kini pandemi COVID-19 makin tak terkendali. Di berita-berita kamu dapat melihat makin banyak korban berjatuhan baik yang tertular maupun meninggal. Bahkan makin banyak pula rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan yang kewalahan dan kehabisan ruang untuk menampung para pasien. Selain tetap harus menerapkan protokol kesehatan, tak ada salahnya jika melengkapinya dengan doa terhindar penyakit.

Doa terhindar penyakit anjuran ulama dan imam

Imam As-Suyuthi dalam kitab Ar Rahmah fi Atthib wa Al Hikmah menyebutkan bahwa doa bisa menjadi salah satu cara untuk menghadapi wabah. Beliau mengatakan untuk membaca penggalan surat Yasin yang ada dalam alquran sebanyak 280 kali. Bacaan tersebut adalah Salamun qaula min robbi rohim” yang memiliki arti “Kepada mereka dikatakan salam (keselamatan), sebagai ucapan selamat dari Allah Yang Maha Penyayang”.

Ada juga doa yang dianjurkan oleh KH. Ahmad Ishomuddin, salah satu pengurus besar NU dikutip dari NU Online, yaitu :

Ilahi adzhibil ba’sa rabban nasa isyfi… antas Syafi la siyaan illa syifauka syifaan la yughadiru saqaman. Ilahi adzhibil bi’sa wasyfi… ya rabban nasi biyadikas syafa’u la kasyifa illa anta ya rabbal alamin. Allahumma inni asaluka min ‘azimi luthfika wa karamika an tasyfiyahu wa tamaddahu bis sihhati wal ‘afiyati innaka ‘ala kulli syai’in qadir

Artinya: “Ya Allah, Tuhanku, hilangkan penderitaan/rasa sakit ini. Wahai Tuhan manusia, sembuhkanlah … (sebut nama yang didoakan). Engkaulah Yang Maha Menyembuhkan, tak ada yang bisa menyembuhkan kecuali Engkau, kesembuhan yang sempurna, kesembuhan yang tidak menyisakan penderitaan. Wahai Tuhanku, hilangkan derita/rasa sakit ini. Sembuhkanlah … (sebut nama yg didoakan). Wahai Tuhan semua manusia, di Tangan-Mu-lah kesembuhan itu. Tak ada yang bisa membebaskan kecuali Engkau. Wahai Tuhan Penguasa Alam Semesta. Ya Allah, aku memohon kepada-Mu dari keagungan kelembutan-Mu, dan Kemurahan-Mu. Sembuhkanlah dia. Tolonglah dia menjadi sehat dan selamat. Sesungguhnya Engkau Maha Kuasa atas segala.”

Selain itu, ada juga doa yang dianjurkan oleh Kiai Husein Muhammad Cirebon yang merupakan tokoh NU. Doanya adalah sebagai berikut :

Bismillahil ladzi la yadhurru ma’as mihi yai’un fil ardhi wala fis sama’i wahuwas sami’ul ‘alim

Artinya: “Aku berlindung diri dengan Nama Allah SWT yang dengan-Nya tidak ada suatu apa pun dapat menimbulkan bahaya baik di langit maupun di bumi. Sesungguhnya Ia Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.”

Doa menurut ajaran Nabi Muhammad SAW

Dari Anas rodhiyallohu ‘anhu bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berdoa, Allahumma innii a’uudzu bika minal baroshi wal junuuni wal judzaami wa min sayyi-il asqoom yang artinya “Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari penyakit kulit, gila, lepra, dan dari penyakit lain yang mengerikan,” (HR. Abu Daud).

Unduh Aplikasi MAQMUR Untuk Dapatkan Fitur Islami Terlengkap

Mengetahui bahwa pandemi ini belum menemui jalan keluar, ada baiknya kita tetap menjaga kesehatan dengan selalu menerapkan protokolo kesehatan. Jika berkesempatan untuk mendapatkan vaksin, lebih baik segerakan. Semua bisa dilakukan demi kebaikan bersama. Dan tak lupa untuk memohon keselamatan serta pertolongan dari Allah SWT dengan memanjatkan doa agar terhindar dari penyakit dan wabah.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021