Doa Setelah Sholat Tahajud, Bacaan Niat dan Tata Caranya

2 June 2021

Secara umum, sholat tahajud memiliki arti ibadah bersifat sunnah yang dikerjakan di malam hari. Sedang menurut definisi dalam Islam, sholat ini adalah ibadah bersifat sunnah yang dikerjakan di malam hari setelah bangun tidur. Meski bersifat sunnah, sholat ini mengandung banyak sekali keutamaan. Karenanya, dianjurkan untuk setiap muslim melaksanakannya.

Sholat tahajud dikerjakan minimal dua rakaat. Untuk waktu pelaksanaannya sendiri adalah setelah ba’da sholat isya hingga subuh akan menjelang. Dari NU Online disebutkan bahwa waktu yang paling tepat untuk menunaikan sholat ini adalah pada sepertiga malam. Hal ini berdasarkan dari apa yang Allah firmankan pada surat Al-Isra ayat 79 yaitu : “Pada sebagian malam, hendaklah jau bertahajud sebagai tambahan bagimu. Semoga Tuhanmu mengangkat ke derajat terpuji.”

Bacaan niat sholat tahajud

Dalam melakukan ibadah, sebaiknya diawali dengan niat. Sebab, niat adalah pembeda antara sebuah perbuatan tersebut bernilai ibadah atau tidak. Perihal niat dalam ibadah ini juga tercantum pada sabda Rasulullah. Dari Umat, Rasulullah bersabda, “Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan; barangsiapa niat hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya adalah kepada Allah dan Rasul-Nya. Barangsiapa niat hijrahnya karena dunia yang ingin digapainya atau karena seorang perempuan yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya adalah kepada apa dia diniatkan.” (HR Bukhari)

Oleh sebab itu, ketika kamu berkeinginan untuk menunaikan sholat tahajud sebaiknya diawali dengan niat. Adapun bacaan niat yang bisa kamu baca yaitu :

Ushallii sunnata-t-tahajjudi rak’ataini mustaqbilal qiblati lillahi ta’alla,

Artinya “aku niat sholat sunnah tahajud 2 rakaat, menghadap kiblat, karena Allah Ta’ala”.

Tata cara

Sebelum masuk ke tata cara sholat tahajud, ada baiknya kalau kamu memeriksa apakah kamu sudah memenuhi syarat sahnya sholat seperti suci serta menghadap ke arah kiblat. Setelah itu, kamu bisa melakukan tahajud dengan tata cara sebagai berikut :

  • Tidur terlebih dahulu

Dalam definisi Islam, sholat tahajud adalah ibadah yang dilakukan di malam hari setelah bangun tidur. Karena itu, salah satu tata cara untuk melakukan sholat ini adalah untuk tidur terlebih dahulu. Kemudian bangun di waktu-waktu antara setelah sholat isya hingga menjelang subuh.

  • Membaca niat

Setelah sudah bangun di waktu yang dianjurkan untuk sholat tahajud, kamu kemudian bisa bersiap-siap. Setelah mensucikan diri, baca niat sholat seperti yang telah disebutkan di poin sebelumnya.

  • Gerakan sholat

Runtutan untuk melakukan sholat tahajud adalah sebagai berikut :

  1. Membaca niat
  2. Takbir
  3. Membaca surat al-fatihah
  4. Membaca surat alquran
  5. Ruku
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud
  10. Berdiri, rakaat kedua
  11. Mengulang gerakan seperti rakaat sebelumnya
  12. Tahiyat akhir
  13. Salam
  14. Tuma’minah
  15. Berdzikir dan doa

Dalam sholat tahajud, surat alquran yang bisa dibaca tidak harus selalu surat yang panjang. Kamu juga bisa membaca bacaan surat pendek atau yang sesuai dengan kemampuan. Untuk mencari referensi surat, kamu bisa membaca alquran baik fisik atau alquran digital.

Doa setelah sholat tahajud

Tidak ada jenis doa khusus untuk dibaca setelah sholat tahajud, namun kamu bisa membaca doa seperti Rabbanaa aatina fid-dun-yaa hasanataw wa fil aakhirati hasanataw wa qinaa adzaaban-naar serta memperbanyak istighfar, Astagfirullaahal azhim wa atuubu ilaiih.

Ada juga doa yang bisa kamu baca setelah sholat tahajud, yaitu :

Allaahumma lakal hamdu anta qayyumus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna. wa lakal hamdu anta malikus samaa waati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal hamdu anta nuurus samaawaati wal ardhi wa man fiihinna, wa lakal antal haqqu, wa wa’dukal haqqu, wa liqaa’uka haqqu, wa qaulukal haqqun, wal jannatu haqquw wannaaru haqquw wan-nabiyyuuna haqquw wa Muhammadun shallallahu ‘alaihi wa sallama haqquw wassaa’atu haqq.

Allaahumma laka aslamtu wa bika aamantu wa ‘alaika tawakkaltu wa ilaika anabtu, wa bika khaashamtu wa ilaika haakamtu faghfirlii maa qoddamtu wa maa akhkhartu wa maa asrartu wa maa a’lantu wa maa anta a’lamu bihiminnii. antal muqoddimu wa antal mu’akhkhiru laa ilaaha anta. wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah.”

Dalam usaha mendekatkan diri kepada Allah, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah dengan menunaikan ibadah sunnah seperti sholat tahajud. Semoga setelah membaca ulasan di atas, kamu jadi terinspirasi untuk rutin melakukan tahajud ya.

MAQMUR Telah Hadir di Play Store, Unduh Segera!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021