Doa Sapu Jagat, Perbanyak Baca Di Hari Tasyrik

22 July 2021

Pada bulan Dzulhijjah, umat Islam merayakan hari raya idul fitri. Setelahnya ada tiga hari yang disebut dengan hari tasyrik. Ini adalah hari dimana seorang muslim dilarang melakukan ibadah puasa. Namun boleh melakukan amalan-amalan lain yang tentu akan diganjar pahala. Salah satunya adalah membaca doa sapu jagat. Doa seperti apakah itu?

Pengertian doa sapu jagat

Nama doa sapu jagat mungkin terdengar tidak islami, kamu bisa jadi belum pernah mengetahuinya juga. Padahal ternyata doa ini adalah salah satu amalan yang dilakukan oleh Rasulullah SAW. Tentang ini pernah diriwayatkan oleh salah seorang sahabat dan tertulis pada sebuah hadits.

“Dari Anas, ia berkata, “kebanyakan doa yang dibaca Rasulullah SAW adalah ‘Allahumma atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzabannar.”” (HR Bukhari dan Muslim).

Dari beberapa sumber disebutkan bahwa doa ini memiliki nama sapu jagat dikarenakan pada isinya terdapat permohonan kebaikan dunia dan akhirat. Lebih dalam dijelaskan bahwa di dalam permohonan tersebut disebutkan juga tentang keamanan, keberuntungan, rezeki, kesehatan serta kebaikan lainnya. Maka dari itu, doa itu dianggap begitu istimewa.

Bacaan doa sapu jagat beserta arti

رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Rabbana atina fid dunya hasanah, wa fil akhirati hasanah, wa qina adzaban nar

Artinya : Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.

Anjuran untuk membacanya di hari tasyrik

Sebenarnya doa ini bisa dibaca kapan saja seperti saat selesai sholat. Namun mengingat hari tasyrik adalah hari ijabah doa, maka tak ada salahnya jika di hari tersebut makin diperbanyak bacaan doa sapu jagat ini. Selain itu, dalam surat Al-Baqarah ayat 203 Allah juga memberikan anjuran pada umatNya untuk membaca doa ini khususnya di hari tasyrik.

Allah berfirman :

“Dan berdzikirlah (dengan menyebut) Allah dalam beberapa hari yang berbilang. Barangsiapa yang ingin cepat berangkat (dari Mina) sesudah dua hari, maka tiada doa baginya. Dan barangsiapa yang ingin menangguhkan (keberangkatannya dari dua hari itu) maka tidak ada doa pula baginya, bagi orang yang bertakwa. Dan bertakwalah kepada Allah, dan ketahuilan bahwa kamu akan dikumpulkan kepadaNya.”

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Keistimewaan doa yang sering dibaca Rasulullah

Sebelumnya telah disebutkan bahwa doa sapu jagat ini merupakan satu amalan yang sering dilakukan oleh Rasulullah. Tak heran jika begitu banyak keistimewaan yang terkandung di dalamnya, seperti :

  • Meski pendek namun penuh makna

Doa sapu jagat tidak terlalu panjang sehingga sangat dianjurkan untuk selalu membacanya dengan rutin. Meski begitu, makna dari doa ini sangatlah banyak yaitu tentang permohonan kebaikan di dunia serta akhirat.

  • Makna menurut Rasulullah

Rasulullah disebut sering membaca doa ini karena di dalamnya terkandung 3 maknsa yang berarti. Pertama adalah permintaan akan kenikmatan yang ada di dunia. Kedua adalah permintaan akan kenikmatan akan akhirat serta yang terakhir yaitu permintaan akan bebas dari siksa neraka.

  • Mengandung permintaan kebaikan yang luas

Secara singkat, doa ini menjelaskan tentang permohonan akan kebaikan dunia dan akhirat. Padahal jika dikupas lebih dalam, kebaikan yang dimaksud bisa berarti rezeki, ilmu, amal saleh, pujian, kesehatan, tempat tinggal, pasangan hingga keinginan dimasukkan ke dalam surgaNya hingga bebas dari khawatir dan kemudahan hisab.

BACA JUGA : Hari Tasyrik, Amalan Hingga Alasan Tak Boleh Puasa

Begitu banyak keutamaan yang bisa diraih dengan doa pendek seperti doa sapu jagat. Lantas mengapa tak mengamalkannya setiap hari?