Doa Saat Gempa, Ketahui Dan Hafalkan

19 June 2021

Indonesia adalah salah satu negara yang masuk dalam kawasan Ring of Fire atau Cincin Api Pasifik. Ini berarti Indonesia menjadi wilayah yang rawan terkena bencana seperti gempa. Selain harus bersiap dengan mitigasi gempa, kamu juga bisa membaca doa saat gempa. Tujuannya tak lain untuk meminta keselamatan dan juga perlindungan dari Allah SWT.

Berikut ini adalah doa yang bisa kamu panjatkan ketika gempa bumi terjadi. Meski kita berharap tidak mendapatkan musibah, namun tak ada salahnya bersiap dengan menghafalkan doa saat gempa ini.

Install Aplikasi MAQMUR Untuk Temani Perjalanan Hijrahmu

Doa Saat Terjadi Gempa

Tentu saja serangan panik bisa mendatangi ketika musibah seperti gempa terjadi padamu. Namun ada baiknya untuk tidak lupa memanjatkan doa saat gempa seperti yang berikut ini :

Allâhumma innî asaluka khairaha wa khaira mâ fîhâ, wa khaira mâ arsalta bihi, wa a’ûdzubika min syarrihâ, wa syarri mâ fîhâ wa syarri mâ arsalta bihi

Artinya : “Ya Allah, aku memohon kehadirat-Mu kebaikan atas apa yang terjadi, dan kebaikan apa yang di dalamnya, dan kebaikan atas apa yang Engkau kirimkan dengan kejadian ini. Dan aku memohon perlindungan kepada-Mu dari keburukan atas apa yang terjadi dan keburukan atas apa yang terjadi di dalamnya, dan aku juga memohon perlindungan kepada-Mu atas apa-apa yang Engkau kirimkan.”

Bacaan Doa Ketika Melihat Musibah Gempa

Tidak jarang kita melihat berita musibah di daerah lain. Mungkin kamu ingin membantu secara materi, namun jangan lupa juga untuk mendoakan. Berikut ini adalah doa yang juga dianjurkan Rasulullah untuk mereka yang terkena musibah.

“Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, Allahumma ajirhum fii mushibatihim, wa akhlif lahum khoiran minha”.

Artinya : “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan sesungguhnya akan kembali kepada-Nya. Ya Allah, berilah mereka pahala dalam musibah mereka dan gantilah dengan yang lebih baik.”

Apa Yang Perlu Dilakukan Ketika Terjadi Gempa Bumi?

Meski sama-sama kita berdoa agar terhindar dari bencana gempa, namun tak ada salahnya jika kita membekali diri. Jadi, ketika suatu waktu bencana ini terjadi kita sudah tahu apa yang harus dilakukan. Adapun beberapa tips yang disarankan oleh BMKG melalui situs resminya saat terjadi gempa bumi yaitu :

  • Jika sedang berada di dalam bangunan atau ruangan

Lindungi badan dan kepala dari reruntuhan atau potensi runtuhnya bangunan dengan cara bersembunyi di bawah meja atau tumpuan yang kuat lainnya. Carilah tempat teraman dari goncangan dan reruntuhan. Jika memungkinkan, keluar dari ruangan dan bangunan secepatnya.

  • Jika sedang berada di luar bangunan atau area terbuka

Meski berada di luar ruangan, kamu tetap harus waspada. Hindari bangunan serta hal-hal yang berpotensi membahayakan seperti tiang listrik atau pohon. Lihat dimana kamu berpijak dan hindari rekahan tanah.

  • Jika sedang berada di dalam kendaraan atau menyetir

Sebisa mungkin keluar dan turun dari kendaraan yang sedang kamu kendarai atau tumpangi. Jaga jarak dari kendaraan untuk mengantisipasi terjadi hal tidak terduga misalnya tanah yang bergeser atau mungkin juga kebakaran. Cari ruang terbuka atau tempat aman untuk berlindung.

  • Jika berada di sekitaran pantai

Kita tidak pernah tahu apakah gempa yang terjadi bisa berpotensi menimbulkan tsunami atau tidak. Namun, jika kamu merasakan gempa yang kencang dan sedang berada di sekitaran pantai maka segeralah menjauh dari area tersebut. Carilah tempat yang lebih tinggi dan aman untuk berlindung.

  • Jika berada di sekitaran gunung

Resiko juga bisa terjadi untuk mereka yang tinggal atau berada di sekitaran gunung. Ketika gempa terjadi, hindari wilayah atau area yang mungkin bisa menimbulkan longsor atau tanah runtuh. Cari tempat terbuka yang aman.

SELANJUTNYA : Heboh Video Matahari Terbit Di Utara, Tanda Akhir Zaman?