Doa Penghilang Malas Ibadah

5 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Tidak dipungkiri, terkadang ada waktu-waktu dimana iman tidak bersemayam dalam hati dan memberi semangat untuk melakukan ibadah. Alhasil, kita jadi malas untuk beribadah dan lalai melakukannya meskipun tahu hal tersebut adalah kewajiban.

Padahal dengan melakukan hal tersebut kita telah melewatkan sebuah kesempatan untuk mendekatkan diri pada Allah. Lalu, apakah ada cara untuk menghindarinya? Atau ada tidak ya doa penghilang malas beribadah?

Dalam ajaran Islam ternyata doa yang bisa dipanjatkan untuk membuat iman makin kuat dalam menuntut ilmu serta melunakkan hati agar ringan dalam berbuat kebaikan. Seperti apakah doa tersebut?

Amalkan Doa Penghilang Malas Ibadah

اللّهُمَّ وَفِّقْنَا لِطَاعَتِكَ وَأَتْمِمْ تَقْصِيْرَنَا وَتَقَبَّلْ مِنَّا إِنَّكَ أَنْتَ السَّمِيْعُ العَلِيْمُ وَصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ والحمد لله رب العالمين 

Allahumma waffiqna li tha‘atika, wa atmim taqshirana, wa taqabbal minna, innaka antas sami‘ul ‘alim. Wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin wa ‘alihi wa shahbihi wa sallam. Walhamdulillahi rabbil ‘alamin. 

Artinya:

Ya Allah, bimbinglah jalan kami pada jalan ketaatan kepada-Mu, sempurnakanlah kekurangan kami, terimalah ibadah kami. Sungguh, Kau maha mendengar lagi mengetahui. Semoga Allah melimpahkan shalawat dan salam-Nya kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, dan para sahabatnya.

BACA JUGA: Tips Ibadah Maksimal, Nomor 3 Paling Mudah Dilakukan

Penyebab Malas Beribadah, Ketahui Dan Hindari

Agar menjadi umat Islam yang tidak lalai dalam melakukan ibadah, kamu mesti mengetahui apa saja penyebab malas bisa muncul. Dilansir dari Aisyiyah.or.id, ada setidaknya lima alasan mengapa seseorang bisa malas dalam melakukan ibadah. Di antaranya dijelaskan berikut ini:

Terlalu Terbiasa Melakukan Dosa Dan Maksiat.

Ada jenis orang yang disebut bergelimang dosa dan maksiat. Mereka sering melakukan dosa kecil sehingga terbiasa meremehkan dan lupa akan kewajiban. Tentu saja, jika terus melakukan kebiasaan ini orang tersebut bisa mendapatkan kemurkaan dari Allah. Misalnya seperti hilangnya manisnya iman dan tak diberikan karunia berupa kelezatan dalam ketaatan oleh Allah. Dengan terbiasa melakukan dosa dan maksiat, mereka tak memiliki kemampuan untuk taat dalam beribadah.

Tidak Mengerti Tentang Pentingnya Ibadah

Sering kali sebagai manusia kita lupa bahwa hanya karena Allah-lah manusia bisa memiliki kekuatan dan kemampuan dalam menjalankan hidup. Karena sifat lupa inilah kemudian seseorang tidak mengerti akan penting dan urgensi dari ibadah. Akibatnya mereka lalai dan tidak beribadah. Padahal dengan beribadah, salah satu inti yang didapatkan alah mendapatkan bantuan serta berkah dari Allah SWT.

Lupa Bahwasanya Ia Akan Berhadapan Dengan Kematian

Karena terlena dengan apa yang ada di dunia, sering kali seseorang lupa bahwasanya ia akan berhadapan dengan kematian bagaimanapun juga. Lupa akan hal penting tersebut juga membuatnya jadi tidak menganggap ibadah sebagai kewajiban. Padahal ibadahlah yang akan menjadi perhitungan di hari akhir nanti. Oleh karena itu, sebisa mungkin selalu ingat bahwa pada akhirnya manusia akan bertemu dengan kematian sehingga bisa lebih rajin dalam beribadah.

Tidak Tahu Keutamaan Dari Beribadah

Ketika tahu bahwa ibadah yang diwajibkan dan dianjurkan oleh Allah serta Rasul memiliki begitu banyak keutamaan, tentu kamu tidak akan meninggalkannya barang satu kali pun. Ketidaktahuan inilah yang kemudian menjadi salah satu penyebab seorang muslim lalai dan lupa melakukan ibadah. Karenanya, dalami pengetahuan tentang beribadah agar senantiasa ingat dengan keutamaannya.

Senang Berlebihan Akan Sesuatu Yang Tidak Wajib

Ada banyak hal di dunia yang sering membuat kita menyukainya secara berlebihan. Akibatnya kita jadi lebih memilih untuk mendapatkan hal tersebut ketimbang melakukan ibadah. Padahal jelas ini hal yang merugikan. Contohnya, senang tidur secara berlebihan atau makan berlebihan serta bekerja tanpa tahu waktu. Hal-hal ini sering kali membuat seseorang lalai dalam beribadah.

Manfaatkan fitur di aplikasi MAQMUR agar ibadah selalu berjalan lancar. Download sekarang juga!

Itu dia beberapa alasan seseorang bisa merasa malas dalam beribadah. Serta sebuah doa yang bisa dipanjatkan untuk menghindar dari datangnya malas dalam hati. Semoga dengan sedikit pengetahuan ini, kamu tidak lagi lalai dan malas dalam beribadah ya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021