Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah

2 December 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Apa yang menjadi rutinitasmu setelah bangun tidur? Apakah kamu tipikal yang langsung mencari ponsel, masih bermalas-malasan atau langsung bangun dan beraktivitas?

Aktivitas setelah bangun tidur memang beragam dan bisa berbeda-beda untuk tiap orangnya. Meski begitu, sudah tahu belum apa yang biasa dilakukan oleh Rasulullah ketika bangun tidur di pagi hari? Salah satunya adalah membaca doa pagi.

Doa pagi ini dibaca setelah Rasulullah melakukan beberapa amalan terlebih dahulu. Amalan-amalan tersebut adalah:

  • Membaca takbir 10 kali.
  • Membaca hamdalah 10 kali.
  • Membaca tasbih 10 kali.
  • Membaca istighfar 10 kali.

Setelahnya, barulah Rasulullah membaca doa pendek dan potongan 10 ayat terakhir dari surat Ali Imran. Adapun doa pendek yang dibaca Rasulullah yakni:

Allahummaghfirli, warhamni, wahdini, wa ‘afini, warzuqni.

Arti:

Ya Allah, ampunilah aku, kasihanilah aku, berilah petunjuk padaku, selamatkanlah aku (dari berbagai penyakit), dan berikanlah rezeki kepadaku.

Selain itu, ada juga beberapa doa lain yang bisa dibaca di pagi hari. Doa-doa ini memiliki makna yang berbeda-beda mulai dari meminta ilmu yang bermanfaat hingga kelancaran rezeki. Apa saja bacaan doa pagi hari yang bisa dibaca? Berikut ini jabarannya.

Doa Bangun Tidur

Alhamdulillahil ladzi ahyana ba’da ma amatana wa ilaihin nusyur

Arti:

Segala puji bagi Allah, Tuhan yang menghidupkan kami setelah Ia mematikan kami. Kepada-Nya lah kebangkitan hari Kiamat.

Doa Pagi Hari Yang Dibaca Rasulullah

Allahuma bika ashbahna, wa bika amsaina, wa bika nahya, wa bika namutu, wa ilaikan nusyuru.

Arti:

Ya Allah, dengan-Mu aku berpagi hari, dengan-Mu aku bersore hari, dengan-Mu kami hidup, dengan-Mu kami mati. Hanya kepada-Mu (kami) kembali.

Doa Pagi Setelah Shalat Subuh Seperti Kebiasaan Rasulullah

Allahumma inni as’aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutabbalan

Arti:

Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, rezeki yang baik dan amalan yang diterima.

Doa Pagi Hari Oleh Rasulullah Menurut Imam An-Nawawi

Ashbahna wa ashbahal mulku lillahi wal hamdu lillahi, la ilaha illallahu wahdahu la syarika lah, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘ala kulli syai’in qadir. Rabbi, as’luka khaira ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba’daha, wa a’udzu bika min syarri ma fi hadzihil lailata wa khaira ma ba’daha. Rabbi, a’udzu bika minal kasli wa su’il kibari. A’udzu bika min ‘adzabin fin nari wa ‘adzabin dil qabri.

Arti:

Kami dan kuasa Allah berpagi hari. Segala puji bagi Allah. Tiada TUhan selain Allah Yang Maha Esa, tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya segala kuasa dan puji. Dia kuasa atas segala sesuatu. Tuhanku, aku memohon kepada-Mu kebaikan malam ini dan malam sesudahnya. Aku memohon perlindungan-Mu kejahatan malam ini dan malam sesudahnya. Tuhanku, aku memohono perlindungan-Mu dari kemasalan dan kedaifan masa tua. Aku memohon perlindungan-Mu dari siksa neraka dan siksa kubur.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Maqmur ya sahabat, ada beberapa fitur yang bisa membantu kamu dalam beribadah seperti Pengingat ShalatPenunjuk Arah KiblatAl-qur’an DigitalJurnal Ibadah, dan Zakat. Download sekarang juga di Google Play!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021