Doa Menghilangkan Waswas Yang Sering Mengganggu Sholat

22 June 2021

Ada begitu banyak penyakit yang bersumber dari setan, waswas adalah salah satu di antaranya. Perasaan ini bisa terjadi dalam berbagai aktivitas yang kita jalani, termasuk beribadah seperti sholat. Pernah tidak kamu mengalaminya? Tahu tidak bahwa ada yang namanya doa menghilangkan waswas?

Jika kamu menjawab ‘Tidak’ untuk pertanyaan yang terakhir, maka sudah saatnya kami memberi sedikit penjelasan mengenai penyakit waswas ini. Serta lengkap dengan doa yang bisa menghindarkan kamu dari perasaan ini terutama ketika sedang melaksanakan sholat.

Unduh Aplikasi MAQMUR, Temani Perjalanan Hijrah Finansialmu

Adakah ciri-ciri orang yang sedang terkena penyakit waswas?

Sebenarnya tidak ada ciri pasti untuk mengenali orang yang sedang waswas terutama dalam keadaan beribadah. Namun dikutip dari Nu Online, ada beberapa ciri umumnya yaitu :

  • Mengulang-ulang pembacaan niat di dalam hatinya
  • Mengulang-ulang gerakan takbir
  • Mengulang-ulang bacaan dalam sholat

Sehingga bisa disimpulkan bahwa biasanya waswas berawal dari rasa ragu. Akibatnya dalam melakukan tata cara sholat, timbul perasaan apakah yang dilakukan sudah benar dan sah atau belum.

Doa menghilangkan waswas, wajib diketahui

Allahuma inni a’udzu bika min syaithanil waswasati khanzab

Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung pada-Mu dari khanzab, setan pembuat waswas.

Doa ini dibaca tiga kali dan dibaca ketika merasa waswas sedang mengganggu.

Subhanal malikil quddusil khallaqil fa’ali

Artinya : Maha Suci Allah, Tuhan Maha Merajai, Maha Suci, Maha Menciptakan, Maha Berkehendak

Doa atau dzikiran ini dibaca sebelum takbir saat sholat. Caranya adalah dengan meletakkan tangan kanan pada bagian dada. Setelahnya, bisa dilanjutkan dengan membaca doa berikut :

Iy yasya’ yudzhibkum wa ya’ti bi kholqin jadid, wa ma dzalika ‘allallahi bi aziz

Artinya : Jika Ia menghendaki, niscaya Ia akan membinasakan kamu dan menggantimu dengan makhluk yang baru. Dan yang demikian itu sekali-kali tidak sulit bagi Allah.

Selain itu, dianjurkan juga untuk memperbanyak bacaan tahli yaitu la ilaha illallah. Lalu bagaimana jika waswas muncul di tengah-tengah sholat? dalam kita Al-Adzkar al-Muntakhabah min Kalami Sayyid al-Abrar, disunnahkan untuk membaca :

Al’anaka bi la’natillahi a’udzu billahi minka

Artinya : Semoga kau (setan) dilaknati dengan laknat Allah. Aku berlindung pada Allah darimu.

Kisah yang berkaitan dengan waswas saat beribadah

Syekh Utsman bin al-‘Ashi bertanya pada Rasulullah, “Rasul, setan selalu menggangguku saat aku sholat dan membaca Al-Qur’an.” “Setan itu bernama Khanzab. Kalau kamu merasa dia sedang mengganggumu, mohonlah pertolongan pada Allah sambil sedikit meludah ke arah sebelah kirimu sebanyak tiga kali,” saran Rasulullah pada Utsman tersebut. Kata Utsman, “Setelah aku melakukan anjuran Rasulullah itu, penyakit waswasku pun hilang.”

Apakah anjuran untuk meludah tiga kali bisa menghilangkan rasa waswas dalam diri? Dalam hadits riwayat Muslim dijelaskan, Utsman bin Abi Al-‘ash telah mempraktekkan hal tersebut. Ia kemudian berkata, “Setelah kulakukan yang demikian, maka dengan izin Allah godaan seperti itu hilang.”

Mungkin kamu jadi bertanya, mengapa harus dengan meludah ya? Hal ini diterangkan oleh Ali bin Sulthan al-Qary, meludah adalah bentuk rasa tidak suka serta upaya untuk menjauh dari perasaan waswas yang disebabkan oleh setan. “Mungkin bisa membawa makna meludah dan ta’awudz disini setelah sholat.” Maksudnya, perkara meludah inipun juga harus memperhatikan beberapa hal. Misalnya, jika sedang sholat berjamaah tentu tidak mungkin jika meludah ke arah kiri sebab bisa mengenai jamaah lain dan menimbulkan ketersinggungan.

Selain itu, ada beberapa tingkatan juga untuk perkara meludah. Meniup sesuatu dengan sedikit air ludah juga bisa disebut meludah atau at-taflu dalam kamus Lisaan al-‘Arab.

BACA JUGA : Membaca Alquran Digital, Apa Hukumnya?

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021