Doa Menghilangkan Jerawat, Memangnya Ampuh?

12 September 2021

Assalamualaikum Brother and Sister Maqmur,

Dalam hidup kadang ada saja masalah yang membuat hati dan pikiran jadi terbebani, bahkan masalah sekecil jerawat. Masalah kulit ini bisa terjadi di bagian tubuh manapun selain pada wajah. Pun bisa muncul karena berbagai sebab, misalnya karena sering memakai masker yang tidak bersih di masa pandemi seperti sekarang ini. Tapi tahu tidak bahwa ada loh doa menghilangkan jerawat. Wah, benar tidak ya?

Tentang Masalah Jerawat

Secara umum, jerawat dapat timbul karena masalah hormon serta produk minyak pada bagian tubuh tertentu yang mengalami peningkatan. Adanya masalah kulit ini membuat seseorang jadi kurang percaya diri bahkan bisa minder. Sebab sering kali jerawat membuat diri menjadi tidak nyaman bahkan dirasa mengganggu penampilan.

Tak heran ada banyak sekali cara yang bisa ditempuh seseorang untuk menghilangkan jerawat. Mulai dari cara tradisional, herbal sampai yang menggunakan obat-obatan. Nah, ada juga cara lain yaitu dengan membaca doa menghilangkan jerawat. Bagaimana lengkapnya?

BACA JUGA: Hukum Cukur Rambut Bayi Dalam Islam

Hadits Tentang Doa Menghilangkan Jerawat

Dalam sebuah hadits diceritakan suatu ketika Maryam binti Iyas meriwayatkan, dari sebagian istri Nabi, Nabi pernah bertanya,

Apakah engkau mempunyai bedak?

kemudian ia menjawab,

Iya.

Beliau kemudian berdoa sambil meletakkan bedak tersebut di atas bisul atau jerawat kecil. Ternyata, doa ini yang dibaca:

Allahumma muthfi’al kabir wa mukbira shaghiri athfi’ha anni.

Artinya:

Ya Allah dzat yang memudarkan yang besar dan membesarkan yang kecil, maka pudarkanlah (hilangkan) bisul atau jerawat itu dariku.

HR An Nasa’i

Di lain kisah diceritakan, Rasulullah juga pernah membacakan sebuah doa ketika istrinya sedang terkena bisul sambil juga memberikan ramuan. Doa tersebut berbunyi:

Allahumma mushogharal kabiiri wa mukabarash shaghiri soghor mabii.

Artinya:

Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini.

Setelah memberi ramuan serta doa tersebut, tak lama bisul atau jerawat tersebut menjadi kempes dan membaik. Nah cara ini juga bisa kamu praktekkan ya. Di samping juga bisa diiringi dengan memiliki kebiasaan gaya hidup seperti di bawah ini:

  • Tidak sering begadang
  • Mengontrol konsumsi makanan pedas
  • Mengurangi makan gorengan atau makanan cepat saji
  • Setia pada kosmetik atau tidak terlalu sering ganti-ganti
  • Memperbanyak minum air putih
Temukan al-quran digital dan pengingat waktu shalat di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

Tidak menyangka ya, bahkan dalam Islam ada doa yang bisa dibaca untuk menghilangkan jerawat. Tentu saja, akan lebih baik jika diawali dengan ikhtiar atau usaha terlebih dahulu dalam menghilangkan jerawat. Kemudian iringi dengan doa-doa di atas.

itu dia sedikit informasi mengenai doa untuk menghilangkan jerawat. Semoga tulisan ini bisa menginspirasi dan memberi manfaat untukmu ya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021