Doa Dan Keutamaan Sikat Gigi Dalam Islam

15 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Menyikat atau membersihkan gigi adalah aktivitas yang umum dilakukan di pagi atau malam hari. Tujuan dari aktivitas ini tentu saja adalah menjaga kebersihan dan kesehatan dari gigi itu sendiri. Nah dalam islam ternyata ada loh adab, doa dan keutamaan sikat gigi. Jika kamu belum mengetahuinya, maka simak rangkuman berikut ini.

Anjuran Rasulullah Untuk Membersihkan Gigi

Tahukah kamu bahwa Rasulullah memberikan anjuran untuk bersiwak atau sikat gigi pada beberapa waktu? Waktu yang dimaksudkan adalah sebelum shalat, sebelum tidur dan saat bangun tidur. Hal ini dikatakan dalam sebuah hadits,

Andaikan aku tidak memberatkan ummatku, niscaya aku akan menyuruh mereka bersiwak (menyikat gigi) setiap kali berwudhu.

HR Bukhari dan Muslim

Tak hanya menganjurkan, Rasulullah juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Seperti yang diceritakan oleh Aisyah bahwa dirinya menyediakan siwak dan air wudhu untuk Rasulullah. Sehingga ketika Rasulullah bangun, dirinya akan segera bersiwak dan wudhu kemudian shalat.

Selain itu ada juga Anas bin Malik ra yang bercerita ketika bertemu dengan Rasulullah, beliau bersabda:

Aku telah banyak menganjurkan kepadamu untuk bersiwak (menyikat gigi).

Dan jika mengikuti anjuran Rasulullah, maka dalam satu hari seorang muslim dapat menyikat gigi sebanyak 20 kali. Lima kali setiap sebelum shalat lima waktu, shalat rawatib, shalat dhuha, shalat witir dan saat akan masuk rumah.

Doa Bersikat Gigi

Sikat gigi tidak hanya bertujuan untuk membersihkan mulut namun juga menjaga kesehatan serta melakukan syariat. Nah dalam melakukannya, kamu dapat membaca doa bersikat gigi berikut ini:

اَللَّهُمَّ بَيِّضْ بِهِ أَسْنَانِيْ، وَشُّدّ بِهِ لِثَاتِىْ، وَثَبِّتْ بِهِ لَهَاتِيْ، وَبَارِكْ لِيْ فِيْهِ ياَ اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

Allāhumma bayyidh bihī asnānī, wa syudda bihī litsātî, wa tsabbit bihī lahātī, wa bārik lī fīhi, yā arhamar rāhimīn.

Artinya:

Ya Allah, putihkanlah gigiku, kuatkan gusiku, teguhkan rongga kerongkonganku (faring) melalui pembersih gigi (siwak/gosok gigi). Berkahilah diriku melaluinya, wahai Zat yang maha pengasih.”

Waktu Sikat Gigi Sesuai Ajaran Rasulullah

Sesuai dengan yang diamalkan dan dianjurkan oleh Rasulullah, ada waktu yang dianjurkan untuk bersikat gigi. Waktu tersebut adalah:

  • Saat wudhu.
  • Saat akan shalat.
  • Saat akan masuk rumah karena akan bertemu dengan istri dan keluarga.
  • Saat bangun tidur.
  • Saat akan membaca al-quran.

Manfaat Sikat Gigi

Rutin menggosok gigi ternyata tak hanya membuat gigi menjadi bersih dan putih namun juga dapat mencegah penyakit. Lebih lanjut lagi, ini dia manfaat sikat gigi yang akan kamu rasakan jika rutin menggosok gigi:

Mencegah Gigi Berlubang

Dengan rutin membersihkan gigi artinya kamu mencegah adanya penumpukan sisa makanan. Inilah yang bisa membuat gigi kamu berlubang karena sisa makanan bisa membusuk dan membuat lapisan gigi menjadi buruk.

Mencegah Bau Mulut

Dengan tidak rutin menggosok gigi, sisa makanan bisa menimbulkan bakteri. Jika menumpuk maka ini bisa membuatmu terkena sakit gigi dan sakit gusi. Dan yang paling mudah datang tentu saja adalah bau mulut yang tak sedap.

Mencegah Gigi Ompong

Selain menimbulkan kerugian di atas, penumpukan sisa makanan juga bisa membuat keropos gigi jadi lebih parah. Sebab gigi yang sudah keropos ditambah dengan bakteri dari sisa makanan bisa membuat gusi infeksi dan melukai struktur gigi.

Terhindar Dari Plak Gigi

Sisa makanan dan minuman yang ada pada gigi ternyata juga bisa membuat karang gigi menjadi lebih banyak. Akibatnya gigi menjadi memiliki plak yang bisa merusak keindahan dan juga kesehatan gigi itu sendiri.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021