Home » Blog » Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba

Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba

Menurut pandangan Islam, riba dianggap sebagai beban dosa yang sebaiknya dihindari. Bahkan dalam sebuah hadits, Abi Hurairah ra berkata Rasulullah SAW menyebutkan,“Jauhilah oleh kalian tujuh hal yang mencelakakan.” Kemudian para sahabat bertanya, “Apa saja ya Rasulullah?” “Syirik kepada Allah, sihir, membunuh nyawa yang diharamkan Allah kecuali dengan hak, makan riba, makan harga anak yatim, lari dari peperangan dan menuduh zina.”

Ditambah lagi, sebagaimana firman Allah SWT dalam Al-Qur’an pada surat Ali Imron ayat 130, “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu memakan riba dengan berlipat ganda dan bertakwalah kamu kepada Allah supaya kamu mendapat keberuntungan. Pelihara lah dirimu dari api neraka, yang disediakan untuk orang-orang yang kafir.” sudah jelas bahwa mereka yang melakukan riba akan diperangi oleh Allah SWT. Terlebih pula disebutkan bahwa tingkatan dosa riba sama dengan 36 perempuan berzina.

Dari berbagai sumber disimpulkan, mereka yang disebut sebagai pelaku riba dan ikut menanggung dosa riba adalah mereka yang menjadi pemberi riba, pemakan riba dan saksi riba itu sendiri. Karena dasar-dasar tersebutlah, kini makin banyak umat Islam yang melakukan hijrah dari riba demi mendapatkan surga-Nya. Tak luput juga dengan para artis di dunia entertainment. Berikut ini kami kumpulkan beberapa tokoh atau artis yang memutuskan untuk terhindar dari riba. 

  1. Five Fi, Dari Tampil Seksi Kini Bercadar

Tahun 2020 menjadi tahun dimana artis Five Fi akhirnya resmi hijrah. Ia pun tak lagi tampil dan mengunggah foto-foto seksinya dan mengganti penampilan menjadi bercadar. Dalam akun instagramnya, ia sering kali mengunggah ulang video-video ceramah. Seperti video ceramah Ustaz Sufyan Baswedan tentang tidak adanya perayaan Maulid Nabi Muhammad di zaman Nabi.

Dalam sebuah kesempatan juga Five Vi mengaku sedang menghindari riba. Beberapa tindakan ia lakukan demi menghindari riba dan dosanya. Di antara lain adalah berusaha berhenti dari KPR (Kredit Kepemilikan Rumah). Selain itu, ia juga mengaku telah memotong kartu kredit yang dimilikinya. “Bahkan saya kemarin sampai motong kartu kredit saya. Sudah nggak mau lagi saya, berat hukumnya.” Ucapnya dikutip dari Suara.com.

2. Jodhy Super Bedjo, Sempat Sakit Parah Kemudian Hijrah

Kamu mungkin sempat mengenal pelawak Jodhy ini. Ia biasanya tampil bersama Teuku Edwin, mereka menamain diri sebagai Super Bedjo. Sempat lama tak terdengar kabarnya, ternyata Jodhy kini mengalami perubahan baik dari penampilan hingga gaya hidup. Ia kini lebih sering terlihat memakai baju koko dan peci. Apa yang terjadi?

Ternyata, 2016 silam Jodhy sempat mengalami serangan jantung yang hampir mengambil nyawanya. Setelah kejadian itu, ia memutuskan untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Ia kemudian berusaha menjadi muslim sebaik-baiknya sampai memutuskan untuk menghindari riba.Hampir semua harta termasuk rumah dan mobil, yang ia peroleh dari hasil riba, ia jual. “Sekarang saya ngontrak, pokoknya nyaman. Luar biasa artinya nikmat banget hidup itu.” Ucapnya dilansir dari Brilio.net. 

3. Zaskia Sungkar dan Irwansyah hindari pinjam uang di bank

Banyak yang mengatakan bahwa meminjam uang di lembaga keuangan merupakan riba. Sebab itu, kebanyakan mereka yang ingin hijrah dari riba memulai dari membebaskan diri atau menghindari mengambil pinjaman dari bank. Ini juga yang dilakukan oleh artis Zaskia Sungkar dan Irwansyah, suaminya. 

Pasangan yang tengah berbahagia karena sedang menanti kedatangan buah hati pertamanya ini juga sedang membangun kediaman pertama mereka tanpa riba. Sebelumnya, pasangan ini tinggal di apartemen. Setelah memutuskan ingin memiliki rumah, mereka pun menjual apartemen tersebut demi menghindari kredit. “Karena, ktia nggak mau ada riba, lagi berusaha. Jadi semua pelan-pelan.” Ucap Zaskia Sungkar dikutip dari Fin.co.id. 

Itu dia segelintir artis atau selebriti yang hijrah dari riba dengan berbagai cara. Jika kamu sedang berkeinginan untuk melakukan hal yang sama, kamu bisa meniru tindakan-tindakan artis-artis tersebut. Namun, kamu bisa memulai dengan niat dan tekad yang kuat. Sebab dalam penggalan hadits Al-Arbain An-Nawawiyah 37 disebutkan “…. Barangsiapa yang berniat melakukan kebaikan lalu tidak mengerjakannya, maka Allah menulis itu di sisi-Nya sebagai satu kebaikan yang sempurna, dan jika dia berniat mengerjakan kebaikan lalu mengerjakannya, maka Allah menulis itu di sisi-Nya sebagai sepuluh kebaikan hingga tujuh ratus lipat hingga perlipatan yang banyak. ….” 


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.


Baca Juga:

Hal yang Membatalkan Puasa, Ramadan Ini Bisa Yuk Puasa Penuh

Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Ucapan Menyambut Ramadhan, Pas Untuk Diberikan Ke Keluarga dan Teman

5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Apa Bedanya Bank Syariah dengan Bank Konvensional?

Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

Maqmur Meminta Saran dan Feedback Kamu Ya

2 thoughts on “Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba”

  1. Pingback: Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa – Maqmur

  2. Pingback: Ide Kultum Ramadhan untuk Kalangan Millenial | Maqmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *