Cara Menyembelih Kurban Untuk Idul Adha 1442 H, Sesuai Fatwa MUI

5 July 2021

Beberapa minggu lagi kita akan bertemu dengan hari raya idul adha 1442 H. Ini artinya kita juga akan melangsungkan penyembelihan kurban. Namun, sama seperti tahun lalu, hari raya idul adha kali ini juga masih kita rayakan di tengah pandemi. Ini artinya akan ada penyesuaian baik untuk sholat idul adha hingga cara menyembelih kurban.

Meski begitu, semoga suka cita dalam merayakan hari raya ini tidak berkurang. Pun dengan semangat berbagi yang biasanya ada saat idul adha. Agar diri tak menjadi was-was dalam melaksanakan idul adha nanti, berikut mari kita pahami terlebih dahulu fatwa MUI tentang penyembelihan kurban.

Isi Fatwa MUI Tentang Cara Menyembelih Kurban Idul Adha 1442 H

Demi menekan angka penularan COVID-19, MUI mengeluarkan fatwa tentang cara menyembelih kurban untuk idul adha 1442 H mendatang. Dalam fatwanya disebutkan sebagai berikut :

1. Ibadah kurban adalah jenis ibadah yang memiliki dimensi sosial, sehinga perlu dioptimalkan untuk yang dapat membantu penanggulangan COVID-19 dengan menguatkan imunitas melalui penyediaan gizi bagi masyarakat, terutama yang terdampak COVID-19. Untuk itu pelaksanaannya harus dipastikan sesuai syariah dan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penularan COVID-19.

2. Pemerintah memfasilitasi pelaksanaan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah kurban agar dapat terlaksana sesuai dengan ketentuan syari’at Islam dan terhindar dari potensi penularan COVID-19.

3. Untuk pelaksanaan Ibadah Kurban, pengurus Masjid dapat mengoordinasikan pelaksanaannya dengan RPH dan tempat penyembelihan yang tidak mengundang konsentrasi jamaah.

4. Pemerintah perlu menjamin keamanan dan kesehatan hewan kurban, serta menyediakan sarana prasarana untuk pelaksanaan penyembelihan hewan kurban melalui Rumah Potong Hewan (RPH) sesuai dengan fatwa MUI tentang standar penyembelihan halal.

5. Sesuai Fatwa MUI Nomor 37 Tahun 2019 tentang Hukum Pengawetan dan Pendistribusian Daging Kurban Dalam Bentuk Olahan, Pemerintah juga dapat mengoptimalkan manfaat daging kurban untuk kemaslahatan umat yang terdampak COVID-19 dengan memfasilitasi pengolahan seperti dikalengkan dan diolah dalam bentuk kornet, rendang, atau sejenisnya serta didistribusikan ke daerah di luar lokasi penyembelihan.

BACA JUGA : Kementerian Agama Terbitkan Edaran Terkait Idul Adha 1442 H

Protokol Kesehatan Saat Menyembelih Kurban Idul Adha 2021

Selain itu, dijelaskan juga tentang protokol kesehatan yang harus dipatuhi oleh penyembelih atau orang-orang yang terlibat dalam proses penyembelihan. Penjelasannya bisa dibaca di bawah ini :

a. Pihak yang terlibat dalam proses penyembelihan saling menjaga jarak fisik (physical distancing) dan meminimalisir terjadinya kerumunan.

b. Selama kegiatan penyembelihan berlangsung, pihak pelaksana harus menjaga jarak fisik (physical distancing), memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun selama di area penyembelihan, setiap akan mengantarkan daging kepada penerima, dan sebelum pulang ke rumah.

c. Penyembelihan kurban dapat dilaksanakan bekerja sama dengan rumah potong hewan dengan menjalankan ketentuan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 12 Tahun 2009 tentang Standar Sertifikasi Penyembelihan Halal.

d. Dalam hal ketentuan pada huruf c tidak dapat dilakukan, maka penyembelihan dilakukan di area khusus dengan memastikan pelaksanaan protokol kesehatan, aspek kebersihan, dan sanitasi serta kebersihan lingkungan.

e. Pelaksanaan penyembelihan kurban bisa mengoptimalkan keluasan waktu selama 4 (empat) hari, mulai setelah pelaksanaan shalat Idul Adha tanggal 10 Dzulhijjah hingga sebelum maghrib tanggal 13 Dzulhijjah.

f. Pendistribusian daging kurban dilakukan dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan penyembelihan hewan kurban.

Nikmati Berbagai Fitur Islami di Aplikasi MAQMUR

Meski masih berada di tengah pandemi, semoga kita tidak kehilangan semangat untuk terus berbagi terutama untuk mereka yang membutuhkan. Seperti di momen idul adha 1442 H ini, mari terus berbagi untuk pahala diri sendiri dan kebaikan bagi orang lain.

Semoga informasi tentang Fatwa MUI terkait idul adha 1442 H di atas menginspirasimu untuk tetap berbagi di tengah pandemi, ya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021