Cara Mendidik Anak Menurut Islam

30 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Setiap orang tua tentu memiliki cara sendiri untuk mendidik anak-anaknya. Apalagi di zaman sekarang dimana informasi dan pengetahuan tentang parenting sudah semakin banyak, ada beragam pilihan yang bisa disesuaikan dengan keinginan orang tua.

Namun untuk orang tua muslim, ada cara mendidik anak menurut Islam yang perlu diketahui. Cara-cara ini juga dilakukan oleh Nabi dalam mendidik anak-anaknya.

Memperkenalkan Alquran Sejak Dini

Ternyata, memperkenalkan alquran dapat dilakukan sejak bayi dalam kandungan. Kamu dapat memperdengarkan bacaan-bacaan alquran dengan cara mengaji atau mendengarkan lantunan ayat-ayat alquran. Dengan melakukan kebiasaan ini, lalu melanjutkannya ketika bayi telah lahir maka anak akan terbiasa mendengarkan lantunan firman-firman Allah. Siapa tahu kelak anak bisa menjadi hafids atau penghafal alquran. Untuk ibu semasa hamil pun juga akan merasakan ketenangan dan mendapatkan banyak pahala.

BACA JUGA: Mengenal Tadabur, Cara Memaknai Dan Menyelami Makna Alquran

Memberi Contoh Tentang Shalat

Tahukah kamu bahwa children see, children do? Artinya anak cenderung meniru apa yang mereka lihat. Jika ingin anak rajin shalat, maka orang tua mesti memberi contoh tentang ibadah tersebut. Sedari kecil, perlihatkan ke anak tentang aktivitas shalat. Jik ausianya sudah cukup, ajak mereka untuk shalat bersama dengan mengajari mereka wudhu terlebih dahulu. Untuk mengajari anak shalat, lakukan secara perlahan tanpa paksaan. Dengan begitu anak juga dengan senang hati akan mengingat dan mempelajarinya.

Mencontohkan Dasar-dasar Ajaran Islam

Ada banyak hal yang mesti jadi perhatian orang tua dalam mengajarkan dasar-dasar ajaran islam. Misalnya tentang usia. Dalam sebuah kitab Al-Amali dari Imam Al-Baqir dan Imam Ash Shadiq dijelaskan bahwa tahap awal mengenalkan anak pada Allah adalah ketika usia 3 tahun. Orang tua bisa mengajarkan anak mengucap tauhid atau laila ha illallah. Kemudian saat telah berusia 3 tahun 7 bulan, ajarkan kalimat Muhammadar Rasulullah.

Membacakan Kisah-kisah Nabi

Banyak disebutkan bahwa membaca buku bisa digunakan sebagai kegiatan sebelum tidur. Nah, ketimbang bingung ingin membacakan apa untuk anak, kamu bisa menceritakan kisah para Nabi. Ada begitu banyak kisah Nabi yang bisa menjadi suri tauladan bagi anak. Pun ini juga sebagai langkah untuk mulai mengenalkan anak pada nabi-nabi yang ada dalam agama Islam. Harapannya anak bisa mengambil ajaran kebaikan dari kisah-kisah tersebut.

BACA JUGA: Ayat Tentang Sabar, Bisa Jadi Inspirasi dan Motivasi

Membiasakan Berbuat Sesuai Panduan Islam

Melakukan kebiasaan kecil dan sederhana namun sesuai dengan panduan islam juga penting untuk dilakukan sejak dini. Misalnya, memegang sendok dengan tangan kanan, minum sambil duduk, mengucapkan salam saat bertemu orang lain atau masuk ke dalam rumah hingga membaca doa sebelum memulai aktivitas. Dengan membiasakan sejak kecil, harapannya si kecil jadi terbiasa dan membawa kebiasaan tersebut hingga dewasa. Perlahan, beritahu juga makna dan maksud dari perbuatan-perbuatan tersebut.

Mendoakan Anak Dalam Setiap Shalat

Yang tak boleh ditinggalkan tentu saja adalah mendoakan anak sebab kekuatan doa orang tua tidak bisa diremehkan. Sebut nama anak dalam doa yang kamu panjatkan serta harapan-harapan yang ingin kamu berikan melalui takdir Allah. Ini juga merupakan bentuk kasih saya yang dapat dilakukan oleh orang tua pada anak selain mendidiknya dengan cara-cara yang benar.

BACA JUGA: Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat

Selain hal-hal di atas tentu masih banyak aspek lain yang berkaitan dengan Islam dan bisa diajarkan pada anak sedari dini. Misalnya, mengajarkan hidup sederhana, memperkenalkan ibadah-ibadah sunnah, memberikan nama panggilan yang baik hingga mencontohkan adab-adab yang santun. Orang tua bisa mencari cara mendidik anak menurut Islam dan menyesuaikannya dengan umur dan juga kebutuhan.

Hormatilah anak-anakmu dan perhatikanlah pendidikan mereka karena anak-anakmu sekalian adalah karunia Allah kepadamu.

(HR Ibnu Majah)

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021