Cara Memberi Nama Anak Sesuai Sunnah Islam

23 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Setiap orang tua pasti memberikan nama yang baik untuk anaknya. Sebab dalam nama itulah terdapat doa dan kebaikan yang diharapkan akan mengiringi anaknya selama hidupnya. Oleh karena itu, butuh waktu yang cukup lama untuk orang tua mencari nama untuk anak mereka. Berbagai inspirasi dan makna dirangkai menjadi serangkaian nama yang indah. Namun tahukah kamu bahwa ada sunnah untuk memberi nama anak?

Dalam surat Maryam ayat 7, Allah berfirman agar orang tua memberi nama untuk anak-anak mereka. Ayat tersebut berbunyi:

Wahai Zakaria! Kami memberi kabar gembira kepadamu dengan seorang anak laki-laki namanya Yahya, yang Kami belum pernah memberikan nama seperti itu sebelumnya.

Lalu, bagaimana cara memberi nama anak sesuai sunnah islam?

Waktu Yang Tepat

Dalam Islam, sangat dianjurkan untuk memberi nama anak segera setelah ia lahir. Ada tiga waktu yang dianggap sebagai yang terbaik yakni pada hari kelahiran, dari hari kelahiran hingga hari ketiga atau pada hari ketujuh setelah lahir.

Memberi Nama Baik

Nama yang diberikan pada anak akan ia bawa seumur hidupnya. Karena itu sering kali nama yang dipilih oleh orang tua berisi doa dan harapan yang diwujudkan dalam nama-nama baik. Adapun nama baik yang dapat disematkan pada nama anak yakni nama para Nabi atau juga nama Allah (Asmaul husna).

Menghindari Nama Yang Dibenci Allah

Selain dianjurkan untuk memberi nama yang baik, tentu saja orang tua sebaiknya menghindari nama yang dibenci oleh Allah. Seperti apa maksudnya? Yang dapat menjadi contoh adalah memberi nama anak dengan sebutan dewa, matahari, berhala atau sesuatu yang dipuja. Selain itu, makruh hukumnya memberi nama anak yang dapat menimbulkan perselisihan. Sebab nama tersebut dapat membuat anak diolok-olok.

Meniru Nama Nabi Dan Rasul

Seperti yang disebutkan sebelumnya, memberi nama baik untuk anak sangatlah dianjurkan. Salah satu yang jadi sunnah adalah dengan meniru nama Nabi dan Rasul untuk anak. Harapannya, dengan menggunakan nama Nabi dan Rasul, anak akan memiliki sifat-sifat baik Nabi dan Rasul pula. Dalam sebuah hadits juga diriwayatkan bahwa:

Nama-nama yang paling dicintai oleh Allah adalah Abdulullah dan Abdurrahman,

Menghindari Nama Dengan Makna Buruk

Nama adalah doa, jika nama yang diberi memiliki makna yang buruk maka bisa diartikan orang tua juga menginginkan hal yang serupa. Tentu tidak ada orang tua yang seperti itu bukan? Karenanya, hindari memberikan nama dengan makna yang buruk sehingga anak tidak akan merasakan dampak yang buruk pula dalam kehidupannya.

Itu dia beberapa sunnah dalam memberi nama anak sesuai ajaran dalam Islam. Selain itu, orang tua tepatnya ayah mesti mengetahui bahwa memberi nama anak merupakan salah satu haknya. Hal ini sebagaimana yang disebutkan oleh Rasulullah,

Anak-anak memiliki tiga hak atas ayah mereka. Yang pertama adalah mereka diberi nama baik. Yang kedua, mereka diberikan pendidikan yang baik; dan yang terakhir, mereka membantu mereka memilih pasangan yang baik,

Ibnu Najjar

Oleh karena itu, ayah mengemban tugas yang berat untuk memilihkan nama yang baik dan bermakna baik untuk dibawa oleh anak-anaknya seumur hidupnya. Adapun nasab atau garis keturunan seorang anak juga berasal dari sang ayah. Sebab di hari akhir nanti, Allah akan memanggil setiap umatnya diikuti dengan nama ayahnya.

Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Maqmur ya sahabat, ada beberapa fitur yang bisa membantu kamu dalam beribadah seperti Pengingat ShalatPenunjuk Arah KiblatAl-qur’an DigitalJurnal Ibadah, dan Zakat. Download sekarang juga di Google Play!