Cara Agar Selalu Ingat Allah, Bisa Pakai Aplikasi

14 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Di dalam Al-quran, terdapat banyak sekali surat yang menyebutkan tentang perintah Allah untuk mengingat diriNya. Di antaranya pada surat al-Baqarah ayat 152 yang berbunyi

Ingatlah Aku, Aku akan mengingatmu.

Selain itu, ada juga surat Ar-Rad ayat 28 yang berbunyi

Dalam mengingat Allah, apakah hati menemukan ketenangan.

Dari situlah diketahui bahwa ingat Allah merupakan kewajiban bagi umatNya.

Ada banyak cara agar selalu ingat Allah. Yang paling sederhana adalah dengan menjalankan seluruh perintah dan menjauhi laranganNya. Untuk prakteknya, ini dia cara-cara yang bisa dilakukan:

Membaca Al-quran

Membaca Al-quran setiap hari bisa membuatmu ingat kepada Allah apalagi jika sambil memahami maknanya. Kamu bisa melakukannya setiap selesai shalat atau meluangkan waktu khusus setiap harinya. Sekarang sudah ada Al-quran digital seperti fitur di MAQMUR yang bisa kamu akses kapan saja dan dimana saja. Atau kamu juga bisa memperdengarkan surat-surat Al-quran.

Selalu Dalam Keadaan Berwudhu

Ternyata berwudhu tak hanya untuk beribadah saja, dalam keadaan apapun sebaiknya disarankan kamu dalam keadaan memiliki wudhu. Dalam sebuah hadits menyebutkan Rasulullah berkata,

Haruskah Aku tidak mengarahkanmu ke sesuatu yang dengannya Allah menghapus dosa dan mengangkat derajat (mu).

Mereka menjawab: “Ya, Ya Rasulullah”. Ia berkata,

Wudhu dengan benar, bahkan dalam kesulitan, sering pergi ke masjid, dan menunggu dengan penuh semangat untuk shalat berikutnya setelah shalat selesai; memang itu Ar-Ribat.

Berdzikir Dan Shalawat Dalam Waktu Luang

Apa yang kamu lakukan ketika memiliki waktu luang? Jika ingin yang berfaedah dan membawa manfaat, kamu bisa mengisi waktu tersebut dengan dzikir dan shalawat. Apalagi sekarang sudah banyak tasbih modern atau menghitung dzikir yang bisa dibawa kemana-mana. Adapun doa yang bisa ikut diucapkan ketika waktu-waktu kosong yaitu

llahumma inni‘ a’udhubika minal hammi walhuzni, Wal’ajzi walkasali, walbukhli waljubni, Wa dal’id-daiyni wa ghalabatir-rajal.

Doa ini memiliki arti agar senantiasa dilindungi dari kegelisahan, kesedihan, kemalasan hingga kesesatan dan beban hutang.

Beramal ketika memiliki rezeki lebih

Amal atau sedekah adalah hal yang sangat disukai oleh Allah. Karenanya, agar selalu mengingat Allah kamu bisa beramal dan sedekah kapan saja terutama ketika saat ada rezeki lebih. Namun tak harus selalu materi, dengan senyuman atau pujian hingga hal sederhana pun sudah termasuk sedekah.

Senantiasa Bersyukur

Tahukah kamu jika orang yang senang bersyukur cenderung lebih bahagia? Ini dikarenakan mereka lebih menerima hidup apa adanya sehingga apapun terasa membahagiakan. Ini juga merupakan tanda bahwa kamu selalu mengingat Allah dengan segala takdir yang diberikan untukmu. Hal ini juga tercantum dalam surat Ibrahim ayat 14:

Dan [ingat] ketika Tuhanmu menyatakan, ‘Jika kamu bersyukur, aku pasti akan meningkatkanmu [mendukung]; tetapi jika Anda menyangkal, memang, hukuman saya berat.

Mengucap Salam Hingga Silaturahmi

Wahai manusia, bertukar salam damai (yaitu, mengucapkan: As-Salamu ‘Alaikum satu sama lain), memberi makan orang, memperkuat ikatan kekeluargaan dan berdoa ketika orang lain tidur , Anda akan memasuki Jannah dengan damai.

Mencari Hal-hal Baik

Jujur deh, seberapa sering sih kamu mencari hal-hal baik yang ada di sekitarmu? Tidak terlalu sering ya? Padahal kamu bisa loh mendapatkannya dari berbagai sumber misalnya dari internet. Kamu dapat menemukan informasi dan inspirasi yang baik seperti yang sering dituliskan di MAQMUR loh. Dengan selalu mencari hal baik itu artinya juga mengingat Allah. Harapannya, kebaikan juga akan mendatangi kita setelahnya.

Itu dia hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk selalu mengingat Allah setiap hari. Semoga terinspirasi ya!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021