Home » Blog » Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa

Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa

Ada beberapa momen yang khas dari bulan Ramadan, seperti momen sahur dan berbuka puasa. Ini juga penanda waktu berpuasa bagi umat Islam. Waktu sahur biasanya dilakukan dari sepertiga malam hingga menjelang shubuh atau ketika fajar tiba. Sahur juga merupakan sunnah ketika berpuasa, serta dianjurkan sesuai dengan hadis Nabi Muhammad SAW yaitu “Sahurlah kalian semua. Sesungguhnya sahur itu mengandung keberkahan” (HR Bukhari: 1923)

Selain momen sahur, berbuka puasa juga menjadi momen khas saat bulan puasa datang seperti Ramadan. Berbuka puasa menjadi waktu yang ditunggu-tunggu sebab ini adalah waktu untuk mengakhiri lapar dan dahaga. Di Indonesia sendiri, waktu berbuka puasa disesuaikan dengan zona waktu masing-masing daerah. Setiap daerah biasanya juga memiliki camilan atau makanan khas untuk berbuka puasa. Nah, berikut ini ada beberapa camilan berupa makanan atau minuman yang biasanya ada di bulan Ramadan dan disantap ketika waktu berbuka puasa. Ada yang favoritmu?

Kolak

Kolak merupakan minuman bersantan yang biasanya diidentikkan dengan datangnya bulan Ramadan. Minuman manis ini biasanya dihidangkan sebagai pembuka saat berbuka puasa. Rasa manis legitnya membuat dahaga terobati seketika. Ditambah lagi, ini juga jadi camilan yang cukup mengenyangkan untuk mengisi perut sesaat dan kemudian sholat Maghrib. 

Kolak biasanya memiliki isian yang beragam. Yang paling familiar adalah pisang, ubi, labu hingga kacang hijau. Semua isian bisa kamu sesuaikan dengan selera. Kolak bisa disajikan hangat dan juga dingin.

Es Buah

Terbayang ya tenggorokan diguyur manisnya buah-buahan dan sirup yang manis setelah seharian berpuasa. Pastinya menyegarkan. Tak heran kalau es buah jadi menu berbuka puasa yang paling favorit dan sering ada di Indonesia. Biasanya ini juga jadi penanda nih akan datangnya bulan Ramadan. Para penjual es buah umumnya akan mulai padat di pinggir-pinggir jalan. 

Es buah juga bisa kamu buat sendiri, dengan isian potongan buah yang kamu suka. Es buah yang dijual di pinggir jalan biasanya memiliki isian semangka, nanas, alpukat, pepaya, kolang-kaling, jeli dan biji selasih. Untuk kuahnya sendiri, ada yang menggunakan sirup, ada juga yang menggunakan kombinasi sirup dan kental manis.  

Es Pisang Hijau

Es pisang hijau sebenarnya adalah nama kuliner yang khas dari Makassar. Meski begitu, es ini bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Salah satu momen dimana kamu bisa menemukan es ini adalah ketika bulan Ramadan tiba. Es pisang hijau atau es pisang ijo ini bukannya terbuat dari pisang yang masih belum matang atau berwarna hijau ya. 

Es pisang ijo terdiri dari pisang yang dibungkus dengan selimut terbuat dari adonan tepung yang sudah diwarnai hijau. Pisang berselimut ini kemudian dikukus hingga menyatu dan menyerupai pisang sungguhan. Pisang ini lalu diberi kuah santan, kental manis dan sirup rasa cocopandan. Seringnya, es pisang ijo ini disajikan dengan bubur sumsum. 

Es kelapa muda

Ketika di pinggiran jalan sudah mulai banyak kelapa muda, itulah tanda kalau bulan Ramadan sudah di depan mata. Betul sekali, es kelapa muda atau es degan di Indonesia identik sekali dengan momen bulan suci. Mungkin karena es kelapa muda tak hanya bisa melepas dahaga namun bagus juga untuk kesehatan. Dari beberapa sumber disebutkan kalau air kelapa muda baik untuk kesehatan jantung hingga ginjal. 

Nah, kamu bisa nih mengonsumsi es kelapa muda untuk berbuka puasa. Kemudian lanjut sholat Maghrib dan masuk ke waktu makan besar. Di Indonesia, es kelapa muda yang biasa dikonsumsi untuk berbuka puasa biasanya disajikan beragam, murni atau dengan tambahan seperti jeruk atau jeli. 

Selain deretan es-es di atas, camilan berupa gorengan mulai dari tahu isi, tempe mendoan, pisang goreng, singkong goreng dan sejenisnya juga sering dijadikan camilan berbuka puasa. Meski begitu, yang paling dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pembuka saat berbuka puasa adalah 3 butir kurma. Hal ini seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan dijelaskan dalam sebuah hadis : Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air karena air itu mensucikan (HR. Al-Tirmidzi).

Ramadan sudah tinggal sebentar lagi. Kamu sudah punya rencana ingin menyiapkan kudapan apa untuk berbuka puasa nanti?


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita dalam mempersiapkan diri menyambut bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.


Baca Juga:

Deretan Artis yang Punya Kisah Inspiratif Hijrah dari Riba

Hal yang Membatalkan Puasa, Ramadan Ini Bisa Yuk Puasa Penuh

Hikmah Puasa Ramadhan, Dari Pahala Hingga Kesehatan

Keutamaan Bulan Ramadhan, Dari Turunnya Al-Qur’an Hingga Malam Lailatul Qadar

Menjelang Puasa 2021, Ketahui Hukum Bayar Hutang Puasa

Ucapan Menyambut Ramadhan, Pas Untuk Diberikan Ke Keluarga dan Teman

5 Langkah untuk Memulai Hijrah secara Finansial

Apa Bedanya Bank Syariah dengan Bank Konvensional?

Apa Saja Produk Investasi Syariah dan Keuntungannya?

2 thoughts on “Camilan yang Biasa Disantap Saat Berbuka Puasa”

  1. Pingback: Ide Kultum Ramadhan untuk Kalangan Millenial | Maqmur

  2. Pingback: Keistimewaan Bulan Ramadhan Dibandingkan dengan Bulan Lainnya | Maqmur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *