Camilan Khas Bulan Ramadhan di Berbagai Negara

13 April 2021

Setelah seharian berpuasa, waktu berbuka adalah yang paling dinanti. Di bulan Ramadhan misalnya, menunggu adzan Maghrib bisa menjadi momen yang mempererat silaturahmi dengan keluarga atau teman. Sebab dalam waktu tersebut, kamu bisa mengisinya dengan menyiapkan hidangan berbuka puasa atau ngabuburit di pasar takjil. 

Berbicara tentang hidangan berbuka puasa, ada loh makanan atau camilan yang identik dengan bulan Ramadhan. Kalau di Indonesia, ada beberapa makanan yang sangat dekat hubungannya dengan bulan suci seperti kurma, kolak, es buah dan gorengan. Lalu bagaimana dengan umat Islam di berbagai negara di dunia ya? Apa makanan khas dari negara mereka yang biasa identik dengan bulan Ramadhan? Simak yang berikut ini. 

Qatayef – Yordania

Qatayef adalah sejenis kue manis yang diisi dengan krim dan kacang-kacangan seperti almond dan kenari. Di Yordania, kue ini biasanya dihidangkan sebagai makanan penutup. Menurut sejarah, kue ini sudah ada sejak jaman Fatimiyah atau sekitar 500-600an Masehi. Sama seperti di Indonesia, Qatayef sering dijajakan di toko-toko di pinggir jalan saat Ramadhan tiba. 

Samosa / Samboosak – Pakistan

Nama Samosa tentu tidak asing di ranah kuliner Indonesia sebab camilan satu ini sudah banyak dijual di tanah air. Meski begitu, di negara asalnya Pakistan ternyata Samosa merupakan camilan yang khas bulan Ramadhan. Samosa sendiri terdiri dari lapisan kulit berisi bayam, kacang, daging dan keju. Sepertinya agak berbeda dengan Samosa yang ada di Indonesia ya? Biasanya, Samosa dihidangkan sebagai makanan pembuka atau takjil buka puasa. 

Bourek – Turki

Bourek ini merupakan takjil yang serupa kue panjang. Bourek dibuat dari adonan Youfka atau Phyllo yang diisi dengan sayuran, keju dan daging. Biasanya, Bourek disajikan dalam wadah besar lalu dipotong kecil-kecil dan ditaburi wijen. Menurut sejarahnya, Bourek sudah ada sejak jaman Romawi. Kini Bourek bisa dengan mudah kamu temukan di wilayah Anatolia. 

Chakchouka – Algeria

Di luar bulan Ramadhan, Chakchouka sering disajikan di saat makan pagi. Makanan khas Algeria ini cukup berwarna-warni karena terdiri dari telur, bawang, tomat dan rempah-rempah. Cara membuatnya terbilang mudah karena bahan-bahan cukup dimasak dengan rempahnya, kemudian diberi daging dan juga telur. Biasanya, Chakchouka atau Shaksuka ini disajikan dengan nasi, roti atau pita. 

Dolma – Armenia

Jika di Indonesia ada lemper dan lontong, di Armenia ada yang menyerupai namanya Dolma. Makanan ini khas dari Armenia, terdiri dari nasi berbumbu yang dimasukkan ke dalam Dolma atau sejenis cabe seperti paprika. Nasi ini kemudian dibungkus dengan daun anggur dan dikukus hingga matang. Di Turki sendiri, Dolma ada juga jenis yakni dengan isian daging dan sayur. Untuk Dolma isi daging biasanya disajikan hangat, sedang Dolma isi sayur disajikan dingin. 

Falafel – Palestina

Ada lagi yang unik dari Palestina, namanya Falafel. Saat Ramadhan datang, makanan ini sering dijadikan takjil karena cukup mengenyangkan. Falafel sendiri berbahan dasar kacang arab yang digiling, dipadatkan, dibentuk kecil-kecil dan digoreng. Biasanya, Falafel disajikan dengan acar dan saus pedas. 

Pakora – India

India juga salah satu negara dengan penduduk beragama Islam. Di beberapa wilayahnya, Pakora menjadi salah satu camilan atau makanan pembuka ketika berbuka puasa. Sepintas, Pakora ini mirip dengan gorengan yang ada di Indonesia. Dan ternyata bahan pembuat Pakora memang mirip dengan gorengan atau bakwan di Indonesia. Sama seperti goreng, Pakora juga enak disantap saat masih hangat. 

Arroz Caldo – Filipina

Kalau di Indonesia ada bubur ayam di Filipina ada Arroz Caldo. Ini adalah bubur bertekstur yang diberi bumbu seperti bawang putih panggang, jahe, daun bawang dan lada hitam. Biasanya, Arroz Caldo disajikan dengan ayam dan telur dengan tambahan kecap, saus ikan dan jeruk kalamansi. Wah, mirip sekali dengan bubur ayam ya? Arroz Caldo adalah salah satu makanan favorit di bulan Ramadhan. 

Itu dia 8 camilan khas bulan Ramadhan yang ada di beberapa negara di dunia. Jangan lupa ya, setelah menikmati makanan bulan Ramadhan ini kamu mesti melanjutkan ibadah Maghrib dan ibadah lainnya. Kamu bisa memanfaatkan Maqmur di ponselmu untuk mencari arah kiblat atau membaca Al quran digital dimana saja. 


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita di bulan suci Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021