Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini

19 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Tahukah kamu bahwa dalam Islam hukum menikah adalah sunnah? Bagi mereka yang melakukannya tentu akan diberikan pahala dan juga rahmat. Bahkan disebutkan juga kalau menikah berarti seseorang telah menyempurnakan separuh ibadah loh. Karena itu, demi menggapai segala kebaikan tersebut, dalam islam ada juga yang disebut bulan baik untuk menikah.

Meski begitu, sebenarnya Islam tidak melarang umatnya untuk menikah di bulan tertentu kok. Hanya saja, pada bulan-bulan ini adalah waktu dimana Rasulullah menikahi istri-istrinya. Ingin tahu kapan saja bulan-bulan tersebut?

Muharram

Sebagai bulan pertama dalam kalender Hijriah, Muharram adalah waktu dimana peperangan atau pertumpahan darah dilarang terjadi. Saat bulan ini juga, Rasulullah menikahi Ummu Habibah Ramlah binti Abu Sufyan dan Shafiyyah binti Huyay bin Akhtab. Tak heran ya jika bulan Muharram termasuk salah satu waktu yang baik untuk menikah. Terutama karena sebagai bulan pertama juga dianggap sebagai pembuka tahun yang dapat diartikan sebagai awal baru bagi pasangan muslim.

Rabiul Awal

Bulan ketiga atau Rabiul Awal ini selalu diidentikkan dengan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tidak salah memang sebab pada tanggal 12 Rabiul Awal selalu diperingat sebagai Maulid Nabi atau hari kelahiran Rasulullah. Ternyata pada bulan itu juga, Nabi Muhammad SAW yang berusia 25 tahun menikahi Khadijah. Kisah keduanya selalu dijadikan inspirasi dan simbol akan pernikahan yang saling mendukung dalam hal keimanan. Apalagi Khadijah kala itu berusia 15 tahun lebih tua dari Nabi.

BACA JUGA: Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru

Sya’ban

Tahukah kamu jika Nabi Muhammad SAW menikahi putri sahabatnya, Umar bin Khattab yang bernama Hafsah binti Umar bin Khattab? Hal ini terjadi tepatnya pada bulan Sya’ban di tahun ketiga Hijriyah. Selain itu, disebutkan juga bahwa Nabi menikati Juwayriyah binti Al-Harits. Lantas apa makna bulan Sya’ban? Bulan ini punya nama lain bulan bershalawat dimana ini adalah waktu pembuka sebelum bulan Ramadhan tiba. Menikah di bulan ini diartikan sebagai awal atau pembuka untuk kebaikan dan perbaikan diri.

Syawal

Bulan Syawal adalah waktu dimana muslim merayakan kemenangan setelah satu bulan penuh berpuasa. Ternyata, dalam bulan ini juga Rasulullah pernah menikahi Saudah binti Zam’ah dan Aisyah binti Abu Bakar. Keduanya terjadi dengan selang waktu satu tahun. Karena itu, Syawal menjadi salah satu bulan baik untuk melangsungkan pernikahan. Bahkan ini disebut sebagai salah satu ibadah terbaik di bulan Syawal loh.

BACA JUGA: Amalan Menikah di Bulan Syawal, Seperti Yang Dilakukan Rasulullah

Dzulqa’dah

Ada empat bulan yang disebut oleh Allah sebagai bulan yang mulia, Dzulqa’dah adalah salah satunya. Ini adalah waktu dimana Nabi menikahi Zainab binti Jahsyi bin Rayab dan Maimunah binti Al-Haris yang merupaman seorang janda lanjut usia. Nah, makna di balik pernikahan di bulan Dzulqa’dah adalah ketenangan sehingga harapannya pernikahan yang berlangsung pun juga akan diiringi dengan hal serupa.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bulan-bulan di atas merupakan waktu-waktu dimana Nabi Muhammad SAW melakukan pernikahan. Meneladani atau meniru yang dilakukan Nabi selama hidup tentu akan mendapatkan pahala tersendiri bukan? Meski begitu, sekali lagi, dalam Islam pada dasarnya tidak ada bulan yang tidak baik untuk menikah. Sebab bagaimanapun pernikahan merupakan sebuah ibadah.

Ingin melakukan ibadah lainnya dengan makin sempurna? Download aplikasi MAQMUR dan temukan fitur-fitur islami yang akan membuat perjalanan ibadahmu makin lengkap.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021