Begini Hukum Vaksinasi Saat Berpuasa

28 July 2021

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 ini, kita tak hanya harus berdoa namun juga berikhtiar atau berusaha. Yang bisa dilakukan adalah dengan mematuhi protokol kesehatan dan melakukan vaksinasi. Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana sih Islam memandang program vaksinasi? Pun seperti apa hukum vaksinasi saat berpuasa?

Dalam tulisan kali ini mari kita pahami lebih lanjut mengenai hal-hal tersebut. Semoga dengan adanya ulasan ini, kita jadi makin berpengetahuan dan bisa berikhtiar dengan benar dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Ketahui Fatwa MUI Tentang Imunisasi

Ketika membicarakan tentang vaksinasi tentu tidak bisa lepas dari imunisasi. Tahun 2016, MUI sudah mengeluarkan fatwa mengenai hal ini. Berikut ini adalah isi fatwa MUI nomor 4 tahun 2016 bagian kedua tentang Ketentuan Hukum :

1.Imunisasi pada dasarnya dibolehkan (mubah) sebagai bentuk ikhtiar untuk mewujudkan kekebalan tubuh (imunitas) dan mencegah terjadinya suatu penyakit tertentu

2.Vaksin untuk imunisasi wajib menggunakan vaksin yang halal dan suci

3.Penggunaan vaksin imunisasi yang berbahan haram dan/atau najis hukumnya haram

4.Imunisasi dengan vaksin yang haram dan/atau najis tidak dibolehkan kecuali :

a. Digunakan pada kondisi al-dlarurat atau al-hajat

b. belum ditemukan bahan vaksin yang halal dan suci; dan

c. adanya keterangan tenaga medis yang kompeten dan dipercaya bahwa tidak ada vaksin yang halal

5.Dalam hal jika seseorang yang tidak diimunisasi akan menyebabkan kematian, penyakit berat, atau kecacatan permanen yang mengancam jiwa, berdasarkan pertimbangan ahli yang kompeten dan dipercaya, maka imunisasi hukumnya wajib

6.Imunisasi tidak boleh dilakukan jika berdasarkan pertimbangan ahli yang kompeten dan dipercaya, menimbulkan dampak yang membahayakan (dlarar)

Hukum Vaksinasi Saat Berpuasa Menurut Fatwa MUI

Ada kalanya, jadwal untuk vaksinasi yang didapatkan muncul di hari ketika kita berpuasa. Ini mungkin menimbulkan pertanyaan, apakah puasa menjadi batal karena divaksin? Sebab bagaimanapun ada sesuatu yang dimasukkan ke dalam tubuh, yang mana hal tersebut merupakan salah satu yang membatalkan puasa.

Mari kita pahami dulu definisi vaksinasi yang tercantum dalam Fatwa MUI nomor 13 tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi Covid-19 Saat Berpuasa. Vaksinasi dimaknai sebagai proses pemberian vaksin dengan cara disuntikkan atau diteteskan ke dalam mulut untuk meningkatkan produksi antibodi guna menangkal penyakit tertentu. Untuk vaksinasi covid-19 sendiri metode yang dilakukan adalah injeksi intramuskular. Ini adalah injeksi yang dilakukan dengan cara menyuntikkan obat atau vaksin melalui otot.

Karenanya, kemudian beginilah hukum vaksinasi saat berpuasa menurut fatwa MUI :

  1. Vaksinasi Covid-19 yang dilakukan dengan injeksi intramuscular tidak membatalkan puasa.
  2. Melakukan vaksinasi Covid-19 bagi umat Islam yang berpuasa dengan injeksi intramuscular hukumnya boleh sepanjang tidak menyebabkan bahaya (dlarar).

Khusus di bulan Ramadhan, MUI juga memberikan beberapa rekomendasi mengenai pelaksanaan vaksinasi. Di antaranya, pemerintah tetap bisa melakukan vaksinasi selama bulan suci namun dengan memperhatikan kondisi muslim yang sedang berpuasa. Misalnya, vaksinasi bisa dilakukan di malam hari jika memang bertujuan untuk menghindari bahaya karena kondisi fisik lemak akibat berpuasa.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Dalam bagian rekomendasi juga, fatwa MUI ini menyebutkan bahwa “Umat Islam wajib berpartisipasi dalam program vaksinasi Covid-19 yang dilaksanakan oleh Pemerintah untuk mewujudkan kekebalan kelompok dan terbebas dari wabah Covid-19. “

BACA JUGA : Ketahui Aturan Transfusi Darah Dalam Islam

Dari Abu Hurairah RA, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam: Sesungguhnya Allah tidak menurunkan suatu penyakit kecuali menurunkan (pula) obatnya.

(HR. al-Bukhari)

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021