Bagaimana Pandangan Islam Tentang Cryptocurrency?

31 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Bagi kamu yang sedang tertarik dengan investasi pasti tahu bahwa belakangan ini cryptocurrency sedang menjadi tren. Nilainya disebut selalu naik dari waktu ke waktu. Alhasil, makin banyak orang nih yang membeli berbagai jenis cryptocurrency.

Nah kamu penasaran nggak sih bagaimana pandangan islam tentang cryptocurrency?

Sebelumnya kamu perlu tahu terlebih dahulu bahwa cryptocurrency yang ada sekarang ini ada beberapa jenis. Di antaranya ada Bitcoin yang dikenal sudah memiliki nilai tinggi, ada Ethereum yang nilainya mulai naik dan juga BNB atau Binance yang baru-baru ini diperkenalkan. Cryptocurrency bentuknya digital sehingga siapa saja bisa memilikinya.

Selain itu jenis cryptocurrency juga bisa dibedakan sesuai fungsinya. Ada yang digunakan sebagai aset yang diperdagangkan di bursa, ada juga yang dipakai untuk alat pembayaran.

Nah di Indonesia sendiri, cryptocurrency digunakan sebagai aset dengan otoritas dari Kementerian Perdagangan melalui Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) sehingga diizinkan diperdagangkan sebagai aset. Untuk fungsi sebagai alat pembayaran, Bank Indonesia belum mengakuinya.

Pendapat Cendekiawan Muslim Tentang Cryptocurrency

Ada berbagai pendapat dari beberapa cendekiawan muslim tentang cryptocurrency. Mari kita simak lebih lanjut ya.

Oni Sahroni Jelaskan Mengapa Cryptocurrency Haram

Pada lembaga tempat Oni Sahroni bernaung, SDN-MUI disebutkan bahwa transaksi atau investasi dengan cryptocurrency hukumnya haram. Lantas, beliau pun menjelaskan lebih jauh alasannya. Dilansir dari Republika, Oni Sahroni menjelaskan bahwa mata uang kripto ini tidak dapat disebut sebagai alat pembayaran yang sah. Sebab cryptocurrency tidak memenuhi syarat-syarat berikut ini:

  • Dicetak dan diedarkan oleh pemerintah.
  • Pemerintah mengeluarkan pernyataan bahwa mata uang tersebut adalah alat pembayaran yang resmi.
  • Pemerintah punya cadangan emas dan perak untuk tolak ukur dari mata uang yang sudah beredar.

Selainitu ada juga potensi spekulasi serta pencucian yang yang bisa terjadi dalam cryptocurrency. Ini tidak sesuai dan dilarang dalam syariat. Kondisi ini juga bisa mengandung gharar merugikan yang mesti dihindari.

Cryptocurrency Menurut MUI

Wakil Ketua Pelaksana Harian Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia, Adiwarman Karim juga menyebutkan bahwa menurut MUI investasi atau transaksi dengan cryptocurrency itu haram. Pernyataan ini sesuai dengan yang disampaikan oleh Ketua Bidang Pengurus MUI Pusat, KH Cholil Nafis. Alasannya adalah karena di dalam mata uang ini cenderung dekat dengan gharar atau spekulasi yang merugikan. Selain itu, MUI juga berpandangan jika Bitcoin tidak memiliki underlying asset. Alhasil harganya tidak dapat dikontrol serta tidak bisa dijamin keberadaannya.

Pendapat Ustadz Tentang Cryptocurrency

Ada juga pendapat serupa yang dikemukakan oleh seorang ustadz ternama bernama Ammi Nur Baits. Beliau sama-sama menyebut jika cryptocurrency ini haram. Lebih lanjut beliau mengutip hadits Nabi yang berkaitan dengan gharar. Hadits tersebut berbunyi:

Bahwa Nabi melarang jual beli gharar.

HR Muslim

Pendapat PWNU Tentang Cryptocurrency

Pernyataan yang cukup baru diberikan juga oleh pengurus wilayah Nadlatul Ulama Jawa Timur. Disebutkan jika alat transaksi digital ini haram dan tidak sesuai dengan syariat islam. Kiai Azizi Chasbullah mengatakan bahwa meski telah diakui oleh pemerintah sebagai komoditi, kripto tidak bisa dilegalkan secara syariat. Salah satu pertimbangannya adalah adanya potensi penipuan.

Adakah Investasi Yang Lebih Islami Dan Halal?

Tak perlu berkecil hati, jika tetap ingin melakukan investasi namun sesuai dengan korirdor syariah masih ada opsi lain. Di Indonesia sudah tersedia jenis investasi seperti reksadana syariah, saham syariah bahkan P2P Lending syariah. Dengan opsi tersebut, kamu tak perlu bingung ketika ingin melakukan investasi.

Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan uang halal dengan cara lainnya. Misalnya dengan melakukan bisnis PPOB dengan fitur yang dimiliki oleh MAQMUR. MAQMUR memberikan sedekah setiap kamu bayar tagihan & beli pulsa. Dapat untuk dan sedekah juga, kan? Oleh karena itu, yuk download aplikasi MAQMUR sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021