Bagaimana Hukum Qurban Online?

10 July 2021

Idul adha yang dirayakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah juga dikenal dengan sebutan Idul Qurban. Ini dikarenakan ketika hari raya ini tiba, umat islam akan berbondong-bondong berbuat kebaikan berupa menyembelih hewan kurban. Di era dimana teknologi semakin canggih dan memudahkan, berkurban ternyata bisa juga dilakukan secara online. Tapi bagaimana ya hukum qurban online?

Mekanisma Qurban Secara Online

Berkurban secara online tentu memiliki mekanisme yang berbeda dengan kurban secara konvensional atau tradisional. Biasanya kita akan pergi sendiri mencari, melihat dan mempertimbangkan hewan yang akan dikurbankan, tapi tidak dengan qurban secara online. Pada mekanismenya, kamu cukup melakukan transfer sejumlah uang yang setara dengan nilai hewan kurban yang kamu pilih. Lembaga atau panitia kurban kemudian akan membelikan hewan kurban atas namamu.

Selanjutnya, proses penyembelihan juga akan dilakukan oleh panitia atau lembaga kurban online yang kamu pilih. Dan akhirnya, daging dan bagian lain dari hewan kurban akan dibagikan ke orang-orang yang membutuhkan. Kamu akan menerima bukti bahwa kurban telah dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran.

Hukum Qurban Online

Di era yang masih di tengah pandemi seperti ini, alternatif kurban online sering dipilih karena sangat mendukung kebutuhan akan physical distancing. Kita tak perlu ke luar rumah demi mencari kambing atau sapi untuk dikurbankan. Artinya kita meminimalisir kontak dengan orang lain yang memungkinkan menjadi sarana penularan COVID-19. Tapi bagaimana ya hukum qurban online yang sekarang ini mulai marak?

Para ulama berpendapat bahwa kurban online hukumnya diperbolehkan. Hal ini disebabkan karena tidak adanya dalil yang dengan jelas melarang. Selain itu, hukum qurban online adalah sunnah jika dilakukan sebagai perwakilan. Ini disebut juga dengan wakalah yaitu ketika seseorang menitipkan sejumlah uang ke lembaga sosial untuk dibelikan hewan kurban untuk disembelih dan dibagikan.

Hukum dari wakalah ini diperbolehkan, dengan dasar ayat alquran Al-Kahfi ayat 19, “…Maka suruhlah salah seorang di antara kamu pergi ke kota membawa uang perakmu ini dan hendaklah dia melihat manakah makanan yang lebih baik, maka hendaklah ia membawa makanan itu untukmu.” Selain itu, pada kitab Al-Mughni oleh Ibnu Qudamah dikatakan bahwa, “(Ulama) umat ini sepakat atas kebolehan wakalah secara umum atas hajat yang perlu adanya perwakilan, karena setiap orang tidak mungkin menangani segala keperluannya sendiri, sehingga ia memerlukan perwakilan untuk hajatnya.”

Kontra Dalam Qurban Online

Meski ada pendapat yang pro, ada juga yang kontra akan qurban online. Pada pendapatnya dinyatakan bahwa ada hukum sunnah yang tidak dilakukan dalam qurban online. Hukum sunnah ini adalah :

  • Menyembelih atau melihat proses penyembelihan secara langsung
  • Mendapat bagian daging yang telah disembelih
  • Memastikan waktu penyembelihan sehingga bisa menjalankan sunnah tidak potong kuku sampai selesai menyembelih.

Memilih Tempat Untuk Qurban Online

Apabila kamu berniat untuk menggunakan jasa qurban online, maka kamu harus mencari lembaga yang tepat. Tujuannya adalah agar kurban yang kamu lakukan dilaksanakan sesuai syariat serta dibagikan benar-benar kepada yang membutuhkan. Dalam memilih tempat atau lembaga untuk qurban online, cermati pendapat Imam Jalaluddin Al Mahali berikut ini :

“Masing-masing dari mereka itu disyaratkan sudah tamyiz (mampu membedakan mana yang baik dan buruk), terpercaya, dan terduga kejujurannya. Pengertan ‘menyampaikan hadiah’ mencakup undangan pengantin, menyembelih binatang kurban, dan membagikan zakat.”

Karena telah bekerjasama dengan Dompet Dhuafa dan ACT menjadi bukti bahwa Maqmur bisa menjadi lembaga yang memenuhi perkara-perkara yang disebutkan pada pendapat di atas. Mari berkurban secara online di Maqmur, mudah, praktis dan terpercaya. Lakukan transaksinya melalui aplikasi, sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021