Baca Al-quran Digital Apakah Tetap Dapat Pahala?

14 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Di jaman yang makin cepat ini, semua orang ingin mendapatkan segala hal yang mengandung kepraktisan. Bahkan untuk urusan ibadah sekalipun, seperti meiliki aplikasi Al-quran digital di ponsel. Dengan adanya aplikasi ini, membaca Al-quran bisa dilakukan kapan saja dan dimanapun. Namun sebenarnya seperti apa sih hukum membaca Al-quran digital? Apakah baca Al-quran digital tetap mendapatkan pahala? Berikut inia adalah beberapa penjelasan yang bisa membuatmu menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Hukum Membaca Al-quran Digital atau Pakai HP

Dari berbagai sumber menyatakan bahwa para ulama telah sepakat bahwa hukum membaca Al-quran digital atau pakai HP adalah mubah atau diperbolehkan. Kemudian dijelaskan juga bahwa sama seperti ketika membaca Al-quran mushaf, membaca Al-quran digital juga mesti diawali dengan wudhu terlebih dahulu. Hal ini seperti yang difirmankan oleh Allah pada Al-quran surat Al-Waqiah ayat 79:

Tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.

Sebagaimana kita tahu juga bahwa haram untuk siapa saja memegang atau membawa mushaf jika tidak wudhu terlebih dahulu. Mushaf yang dimaksudkan adalah semua benda yang terdapat huruf-huruf alwuran dengan tujuan untuk belajar seperti papan hingga HP yang berisi aplikasi Al-quran digital.

Pendapat Tentang Membaca Al-quran Digital

Ada beberapa pendapat yang disebutkan terkait dengan hukum membaca Al-quran digital. Beberapa di antaranya akan kamu rangkumkan di bawah ini:

Pendapat Ustadz Syafiq Basalama h

Dalam sebuah tausyiahnya, Ustadz Syafiq Basalamah menyebutkan jika membaca Al-quran digital memiliki pahala yang berbeda dengan Al-quran dari mushaf.

“Firman Allah SWT murni. Sedangkan HP kita bermacam-macam isinya,” ujarnya dikutip dari Republika.

Pendapat Quraish Shihab

Ahli tafsir, Quraish Shihab dalam sebuah kesempatan menyebutkan bahwa Al-quran mengalami perkembangan sejak pertama kali dituliskan. Dulu wahyu-wahyu Al-quran dituliskan tidak pakai baris, kemudian diberi baris lalu diperindah. Kini dengan teknologi yang makin maju, Al-quran juga berkembang dari kaset, video sampai aplikasi di HP. “Semua itu selama bacaannya benar maka tidak dipermasalahkan apakah dengan melalui kaset mendengarnya, melalui hp (handphone) dan sebagainya. Saya kira sama saja,” ujarnya dikutip dari Republika.

Pahala Membaca Al-quran Digital

Dalam surat Fatir ayat 29-30 Allah berfirman tentang orang-orang yang membaca Al-quran. Surat tersebut memiliki arti:

Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Al-quran) dan melaksanakan salat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan rugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Maha Pengampun, Mahamensyukuri.

Dengan surat tersebut, Wael Shihab, Dosen Studi Islam dari Universitas Al-Azhar Mesir menyebutkan bahwa pahala dan kebaikan karena membaca Al-quran akan sama-sama didapatkan bagi seorang muslim yang membaca dari mushaf atau Al-quran digital di komputer, HP atau sejenisnya. Menurutnya, yang terpenting adalah membaca dengan benar dan dari lembaga resmi yang sudah terakreditasi.

Pendapat yang sama juga disebutkan pada channel Youtube Yufid TV dimana tidak ada dalil yang mengatakan bahwa membaca Al-quran mushaf lebih berpahala dibandingkan di HP atau digital. Bahkan dengan adanya Al-quran digital, kita jadi tak ada alasan untuk tidak membaca Al-quran. Yang terpenting, kita m seti dalam keadaan suci atau berwudhu sebelum membaca Al-quran baik mushaf atau digital.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021