Ayat Tentang Sabar, Bisa Jadi Inspirasi dan Motivasi

23 June 2021

Sabar adalah salah satu nasihat yang paling dianjurkan untuk dilakukan ketika seseorang tertimpa musibah. Padahal sabar lebih dari sekadar itu. Banyak keutamaan serta manfaat yang bisa didapatkan hanya dengan berbekal bersifat sabar. Apa buktinya? Tertulis jelas di ayat tentang sabar yang ada di alquran serta hadits.

Sudahkah kamu instal MAQMUR di ponselmu? Tersedia di Google Play!

Berikut ini adalah ayat tentang sabar yang tak hanya bisa jadi inspirasi tapi juga motivasi.

  1. Surat As-Syura ayat 43. “Dan barangsiapa bersabar dan memaafkan, sungguh yang demikian itu termasuk perbuatan yang mulia.”
  2. Surat Az-Zumar ayat 10. “Katakanlah: “Hai hamba-hambaKu yang beriman, bertakwalah kepada Tuhanmu.” Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan. Dan bumi Allah itu luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.
  3. Surat Luqman ayat 17. “wahai anakku, tegakkanlah sholat dan suruhlah (manusia) berbuat yang makruf dan cegahlah (mereka) dari berbuat yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpamu, sesungguhnya yang demikian itu termasuk perkara yang penting.”
  4. Surat Al-Furqan ayat 75. “Mereka itulah orang yang dibalasi dengan martabat yang tinggi (dalam surga) karena kesabaran mereka dan mereka disambut dengan penghormatan dan ucapan selamat di dalamnya.”
  5. Surat Shad ayat 17. “Bersabarlah atas segala apa yang mereka katakan, dan ingatlah hamba Kami Daud yang mempunyai kekuatan, sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan).”
  6. Surat Hud ayat 11. “Kecuali orang-orang yang sabar (terhadap bencana) dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itulah beroleh ampunan dan pahala yang besar.”
  7. Surat Hud ayat 115. “Dan bersabarlah, karena sesungguhnya Allah tiada menyia-nyiakan pahala orang-orang yang berbuat kebaikan.”
  8. Surat Ali-Imran ayat 125. “Ya (cukup), jika kamu bersabar dan bersiap siapa dan mereka datang menyerang kamu dengan seketika itu juga, niscaya Allah menolong kamu dengan lima ribu malaikat dengan memakai tanda.”
  9. Surat ALi-Imran ayat 146. “Dan betapa banyak nabi yang berperang didampingi sejumlah besar pengkitNya yang bertakwa. Mereka tidak menjadi lemah karena bencana yang menimpa mereka di jalan Allah, juga tidak patah semangat dan tidak pula menyerah (kepada musuh). dan Allah mencintai orang-orang yang bersabar.”
  10. Surat Al-Baqarah ayat 153. “Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan sholat sebagai penolongmu. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

BACA JUGA : Tentang Alquran Digital

11. Surat Al-Baqarah ayat 45. “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. Dan sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu’.”

12. Surat Al-Baqarah ayat 155. Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar.”ang yang sabar.”

13. Surat Al-Anfal ayat 46. “Dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya dan janganlah kamu berbantah-bantahan, yang menyebabkan kamu menjadi gentar dan hilang kekuatanmu dan bersabarlah. Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Hadits tentang keutamaan sabar

  • Mendapat pahala 70 derajat

“Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Sabar ketika mendapat musibah itu memperoleh tujuh ratus derajat.'”

  • Kesabaran lebih baik dari apapun

“Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Sabar sesaat itu lebih baik dari dunia seisinya.'”

  • Bertemu dengan Nabi Muhammad SAW

“Dari Usaid bin Hudlair radliallahu anhum; ada seseorang dari kalangan Anshar yang berkata; ‘Wahai Rasulullah, tidakkah sepatutnya baginda mempekerjakanku sebagaimana baginda telah mempekerjakan si fulan?’. Beliau menjawab: ‘Sepeninggalku nanti, akan kalian jumpai sikap-sikap utsrah (individualis, egoism, orang yang mementingkan dirinya sendiri). Maka itu bersabarlah kalian hingga kalian berjumpa denganku di telaga al-Haudl (di surga).'” ( HR. Bukhari ) 

  • Mendapat ganjaran surga

“Dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Allah Ta’ala berfirman: Tidak ada balasan yang sesuai di sisi-Ku bagi hamba-Ku yang beriman, jika aku mencabut nyawa orang yang dicintainya di dunia, kemudian ia rela dan bersabar kecuali surga.'” (HR. Bukhari) 

  • Merupakan perbuatan yang mulia

“Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan, sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.”

  • Mendapat ridha Allah SWT

“Nabi Muhammad SAW bersabda: ‘Tidaklah seorang hamba menahan sesuatu yang lebih utama di sisi Allah selain menahan kemarahan karena mengharapkan ridho Allah Ta’ala.'”