Ayat Tentang Bersyukur, Ketahui Dan Amalkan

3 August 2021

Hidup yang dijalani oleh manusia tidak selalu berjalan mulus. Kadang ada saja cobaan dan rintangan yang dilalui. Namun, semoga tidak membuat seorang manusia, muslim terutama, untuk melewatkan bersyukur. Sebab ini merupakan salah satu sikap yang diajarkan dalam agama. Terbukti, banyak sekali firman Allah atau ayat tentang bersyukur yang tertulis dalam al-quran.

Berikut ini adalah ayat-ayat yang tertuang dalam al-quran dan menjelaskan bahwa sebagai manusia sudah semestinya selalu bersyukur atas apa saja yang Allah telah berikan.

  • Surat Al-Baqarah ayat 152

“Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscaya Aku ingat (pula) kepadamu, dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamu mengingkari (nikmat)-Ku.”

  • Surat Al-Baqarah ayat 157

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezeki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar kepada-Nya kamu menyembah.”

  • Surat An-Nahl ayat 114

“Maka makanlah yang halal lagi baik dari rezeki yang telah diberikan Allah kepadamu; dan syukurilah nikmat Allah, jika kamu hanya kepada-Nya saja menyembah.”

  • Surat Luqman ayat 12

“Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: “Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.”

  • Surat Luqman ayat 14

“Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.”

  • Surat Saba’ ayat 15

“Sesungguhnya bagi kaum Saba’ ada tanda (kekuasaan Tuhan) di tempat kediaman mereka yaitu dua buah kebun di sebelah kanan dan di sebelah kiri. (kepada mereka dikatakan): “Makanlah olehmu dari rezeki yang (dianugerahkan) Tuhanmu dan bersyukurlah kamu kepada-Nya. (Negerimu) adalah negeri yang baik dan (Tuhanmu) adalah Tuhan Yang Maha Pengampun.”

  • Surat Az-Zumar ayat 66

“Karena itu, maka hendaklah Allah saja kamu sembah dan hendaklah kamu termasuk orang-orang yang bersyukur.”

Manfaat hidup selalu bersyukur

Dalam Islam, bersyukur merupakan sikap yang baik dan sebaiknya selalu dilakukan. Apalagi mengingat bahwa bersyukur ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk hidup. Seperti :

  • Membuat hidup jadi penuh berkah

Melalui bersyukur, seseorang merasa rezeki yang didapatkan selalu cukup dan tercukupi. Karenanya, saat rajin bersyukur hidup jadi bisa jadi lebih berkah. Sebagaimana dalam surat Luqman ayat 12 disebutkan :

Sesungguhnya Kami telah memberikan hikmah kepada Lukman, yaitu nikmat syukur kepada Allah. Barang siapa yang bersyukur kepada Allah maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri, dan barang siapa yang tidak bersyukur maka Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

  • Jauh dari penyakit hati

Tahu tidak bahwa tidak hanya penyakit fisik saja yang merugikan seseorang tapi juga penyakit hati. Untuk menghindari penyakit hati seperti iri, sombong, dengki dan suka mendendam, seseorang bisa mengatasinya dengan selalu bersyukur. Dengan begitu, tak ada lagi penyakit hati dan hidup menjadi tenang.

  • Menambah keimanan

Bersyukur juga dapat menjadi cara untuk menambah keimanan seseorang. Mengapa? Sebab ketika seseorang selalu bersyukur dengan apapun yang diberikan oleh Allah, maka artinya ia percaya bahwa itulah yang terbaik menurut Allah SWT.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

  • Bisa ditambah nikmatnya

Tahukah kamu bahwa mengeluh dan iri bisa membuat hidup jadi makin sengsara. Sebaliknya, ketika kamu selalu mengucapkan syukur dalam hidup, Allah akan menambah nikmat yang kamu rasakan. Dalam surat Ibrahin ayat 7, hal ini dituliskan :

Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.”

  • Diberikan surga

Allah SWT menjanjikan akan memberikan surga pada orang yang selalu bersyukur dan tabah, terutama ketika ada masalah menimpanya. Hal ini sebagaimana dituliskan dalam sebuah hadits :

Sesungguhnya Allah berfirman, ‘Apabila Aku menguji hamba-Ku dengan kedua matanya, kemudian dia bersabar, maka aku gantikan surga baginya.” (HR. Bukhari)

BACA JUGA : Ikhtiar, Doa Dan Tawakal Adalah Kunci Sukses Dunia Akhirat

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021