Ayat Dan Dalil Tentang Memaafkan

12 August 2021

Terbilang manusiawi ketika seseorang melakukan kesalahan. Yang terpenting adalah apa yang dilakukan setelahnya, yaitu meminta maaf dan tak mengulanginya kembali. Tentang memaafkan sudah diajarkan dalam agama Islam. Bukti kuatnya adalah adanya ayat dan dalil tentang memaafkan.

Ayat alquran dan Dalil tentang memaafkan

  • Merupakan perilaku Rasulullah

Adalah Rasulullah SAW orang yang paling bagus akhlaknya: beliau tidak pernah kasar, berbuat keji, berteriak-teriak di pasar, dan membalas kejahatan dengan kejahatan. Malahan beliau pemaaf dan mendamaikan,” (HR Ibnu Hibban).

  • Perbuatan yang dicintai Allah

“(yaitu) orang yang berinfak, baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan.” (QS Ali Imran: 134).

  • Mengenai memaafkan dengan baik

“Dan tidaklah kami ciptakan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya, melainkan dengan benar. Dan, sesungguhnya saat (kiamat) itu pasti akan datang. Maka, maafkanlah (mereka) dengan cara yang baik.” (QS AL Hijr:85)

  • Selalu memaafkan dan lapang dada

“Banyak di antara Ahli Kitab menginginkan sekiranya mereka dapat mengembalikan kamu menjadi kafir kembali setelah kamu beriman, karena rasa dengki yang ada dalam diri mereka setelah tampak jelas kebenaran bagi mereka. Maka maafkanlah dan berlapangdadalah, sampai Allah memberikan perintah-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.” – (Q.S Al-Baqarah: 109).

Ibadah makin sempurna dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download di sini!

  • Dapat kemuliaan karena memaafkan

“Sedekah itu tidak akan mengurangi harta. Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah SWT akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya’.”

BACA JUGA : Manfaat Berdzikir Setelah Sholat, Ayo Rutin Lakukan

Beragam Manfaat Memaafkan

Selain merupakan ajaran agama Islam, memaafkan juga memiliki banyak sekali manfaat. Lebih lanjut akan dijelaskan di bawah ini:

  • Baik untuk kesehatan mental

Dalam sebuah studi disebutkan bahwa perilaku memaafkan membuat tubuh menjadi rileks. Dengan begitu, resiko dan rasa tertekan menjadi berkurang. Alhasil, kesehatan mental bisa terjaga dengan baik.

  • Sebagai pengatur emosi

Ketika kita didzalimi atau disakiti oleh orang lain, reaksi paling umum adalah marah dan emosi tidak terkendali. Tentu ini tidak baik karena bisa membuat rekanan darah tinggi meningkat. Ketika kamu berhasil meredam hingga memaafkan, tentu resiko tersebut tidak akan kamu alami. Selain itu, kamu jadi bisa mengatur emosi dengan lebih baik.

  • Berdampak pada kesehatan jantung

Ketika marah dan tidak memaafkan, otot tubuh cenderung jadi tegang sampai detak jantung tak beraturan. Biasanya ini juga dihubungkan dengan tekanan darah tinggi yang memburuk dan bisa berakibat fatal untuk jantung. Karenanya, sangat disarankan untuk belajar memaafkan demi tubuh menjadi rileks serta kesehatan jantung.

  • Menambah imun

Tidak sedikit penelitian yang menyebutkan bahwa memaafkan juga bisa memberi dampak pada sistem kekebalan tubuh. Mereka yang memilih untuk meredam emosi dan memaafkan bisa memiliki imun yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

  • Tidur makin berkualitas

Memang sangat dianjurkan untuk selalu tidur dengan kondisi yang tenang tanpa membawa amarah apapun. Sebab hal tersebut bisa mengganggu kualitas dari tidurmu. Karenanya, jika ingin tidur lebih nyenyak dengan kualitas yang lebih baik, kamu perlu menekan penyebab stres seperti menyimpan dendam.

Sudah sepatutnya sebagai seorang muslim untuk bisa selalu mengontrol diri, termasuk di dalamnya adalah memaafkan. Sebab selain dianjurkan dalam alquran dan juga hadits, memaafkan juga memiliki manfaat yang beragam.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021