Ayat Al-quran Yang Bisa Dibaca Sebagai Pengingat Diri

20 August 2021

Manusia hidup tak bisa selalu berjalan lancar. Sering kali ada saja rintangan dan masalah yang menerpa sehingga membuat perasaan menjadi sedih, kecewa, marah hingga putus asa. Dengan berbagai cara, manusia mencari solusi atas masalah perasaan tersebut. Padahal ada yang termudah dan selalu tersedia yaitu dengan membaca ayat al-quran.

Tak percaya? Berikut ini ada beberapa ayat al-quran yang bisa kamu baca sebagai pengingat diri. Bahwasanya, Allah melalui ayat-ayat al-quran selalu memberi pedoman, pengingat serta petunjuk untuk kehidupan. Simak selengkapnya.

  • Al-Baqarah ayat 25 ketika hati sedang sedih

Wa basysyirilladziina aamanuu wa ‘amilus-shaalihaati anna lahum jannaatin tajrii min tahtihal-an-haar, kullamaa ruziquu min-haa min samaratir rizqang qaaluu haadzalladzii ruziqnaa ming qablu wa utuu bihii mutasyaabihaa, wa lahum fiihaa azwaajum muthahharatuw wa hum fiihaa khaaliduun

Artinya: “Dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan: “Inilah yang pernah diberikan kepada kami dahulu”. Mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya.”

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

  • Ar-Rad ayat 28 ketika ingin hati jadi tentram

Alladziina aamanuu wa tathma innu quluubuhum bidzikrillaah, alaa bidzikrillaahi tathma innul-quluub

Artinya: “(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka manjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tentram.”

BACA JUGA : Tentang Putus Asa Dalam Islam

  • Surat Ali Imran ayat 139 ketika merasa kecewa

Wa laa tahinuu wa laa tahzanuu wa antumul-a’launa ing kuntum mu’miniin

Artinya: “Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman.”

  • Surat Yusuf ayat 87 saat merasa putus asa

Yaa baniyyadz-habuu fa tahassasuu miy yuusufa wa akhiihi wa laa taiasuu mir rauhillaah, innahuu laa yaiasu mir rauhillaahi illal-qaumul-kaafiruun

Artinya: “Hai anak-anakku, pergilah kamu, maka carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya dan jangan kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya tiada berputus asa dari rahmat Allah, melainkan kaum yang kafir.”

  • Surat Al-Baqarah ayat 216 sebagai pengingat agar selalu ada hikmah

Kutiba ‘alaikumul-qitālu wa huwa kur-hul lakum, wa ‘asā an takrahụ syai`aw wa huwa khairul lakum, wa ‘asā an tuḥibbụ syai`aw wa huwa syarrul lakum, wallāhu ya’lamu wa antum lā ta’lamụn

Artinya: “Diwajibkan atas kamu berperang, padahal itu tidak menyenangkan bagimu. Tetapi boleh jadi kamu tidak menyenangi sesuatu, padahal itu baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu, padahal itu tidak baik bagimu. Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.”

  • Surat Ath-Thalaq ayat 2-3 agar tidak selalu mengeluh

wa may yattaqillāha yaj’al lahụ makhrajā wa yarzuq-hu min ḥaiṡu lā yaḥtasib, wa may yatawakkal ‘alallāhi fa huwa ḥasbuh, innallāha bāligu amrih, qad ja’alallāhu likulli syai`ing qadrā

Artinya : “Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya.”

Ayat-ayat di atas tentu saja hanya sedikit dari begitu banyak bacaan penuh yang ada di al-quran. Namun semoga ayat-ayat ini bisa membantumu mengingat bahwa sebagai manusia memang sudah kodratnya diberi ujian. Ini merupakan cara Allah memberi kasih sayang serta mengingatkan agar selalu bersyukur dan tak ragu untuk kembali pada-Nya dalam keadaan apa saja.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021