Apakah Wajib Memberi Tahu Penerima Bahwa Bantuan Yang Diberikan Adalah Zakat?

31 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Kamu tentu sudah tahu bahwa zakat adalah hal yang penting bagi umat Islam. Zakat adalah salah satu dari rukun Islam, tepatnya yang keempat. Mereka yang berkewajiban melakukannya harus memenuhi beberapa syarat terlebih dahulu. Namun bagaimana dengan sang penerima? Apakah ada syarat dan haruskah mereka diberitahu bahwa yang mereka terima adalah zakat? Berikut ini mari kita ulas lebih lanjut mengenai topik tersebut.

Patut kita ketahui terlebih dahulu bahwa ada 8 golongan yang memiliki hak untuk menjadi penerima zakat. Mereka tercantum dalam firman Allah yang berbunyi:

Zakat-zakat hanya diberikan kepada orang-orang fakir, miskin, pengelola zakat, para muallaf, para budak, orang-orang yang berhutang, orang yang berada di jalan Allah dan orang yang tengah berada di jalan (bepergian), hal tersebut sebagai kewajiban dari Allah. Allah maha mengetahui dan bijaksana.

QS al-Taubah: 60

Delapan kriteria penerima zakat ini disebut juga dengan mustahiq. Tidak sah jika zakat diberikan kepada mereka yang tidak termasuk dalam kriteria di atas. Oleh karena itu, alokasi zakat mesti tepat sasaran. Nah, kemudian ada juga kondisi dimana pemberi zakat tidak memberitahukan mustahiq bahwa yang diterima adalah zakat. Beberapa alasan di antaranya adalah demi menjaga perasaan, ingin terhindar dari sifat pamer dan tujuan lainnya. Apakah yang seperti ini diperbolehkan? Apakah kemudian zakatnya dinilai sah?

Dikutip dari situs NU Online, para pakar fiqih menyebutkan bahwa hal penting dalam menunaikan zakat adalah niat. Tidak disyaratkan melafalkan niat, bahkan melafalkannya tanpa diniati bisa membuat zakat menjadi tidak sah. Syekh Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi dalam Nihayah al-Zain menyebutkan bahwa niat zakat bisa dilakukan ketika memisahkan harta yang akan dizakatkan. Selain itu bisa juga dilakukan ketika memberikan zakat ke ‘amil.

Syekh Syarafussing Yahya al-Nawawi al-Damasyqi juga menegaskan bahwa pemberian zakat oleh muzakki untuk mustahiq tidak mesti disertai informasi bahwa harta tersebut merupakan zakat. Asal sudah diniatkan, maka sah sebagai zakat. Apakar fiqih tersebut juga menegaskan:

Permasalahan yang kedua. Bila pemilik harta atau lainnya menyerahkan zakat kepada mustahiq, dan ia tidak mengatakan ini adalah zakat, tidak pula berkata apapun, maka mencukupi dan sah sebagai zakat. Demikian menurut pendapat yang sahih yang dipastikan (disepakati) oleh mayoritas ulama.

Selain itu, disebutkan sebelumnya bahwa beberapa pemberi zakat mungkin enggan menyebutkan bahwa harta pemberian tersebut merupakan zakat dengan alasan tidak ingin mengecilkan hati penerimanya. Ternyata hal ini juga disebutkan oleh Syekh Ahmad bin Muhammad al-‘Adawi:

Tidak disyaratkan memberitahukan mustahiq atau mengetahuinya mustahiq bahwa harta yang diberikan adalah zakat. Al-Luqani mengatakan makruh memberitahukan status harta zakat kepada mustahiq karena dapat menyengsarakan hati orang faqir, ini adalah pendapat yang jelas (kuat), berbeda menurut ulama yang menyaratkannya (memberitahu status harta zakat).

Syekh Ahmad bin Muhammad al-‘Adawi al-Maliki, al-Syarh al-Kabir, juz 1, hal. 500.

Dengan begini, maka kita dapat menyimpulkan bahwa menyampaikan zakat tanpa memberitahu statusnya tetap dinilai sah. Asal tentu saja, harta tersebut sudah diniatkan sebagai zakat. Kini kamu sudah tidak bingung lagi kan? Kamu dapat memberikan zakat dengan atau tanpa memberitahu statusnya.

Dan jangan lupa, untuk membayar zakat kamu bisa lakukan lewat MAQMUR. Ada fitur Zakat yang akan membantumu melakukan kewajiban zakat dalam satu genggaman. Jadi, langsung deh download aplikasi MAQMUR sekarang juga!

Temukan juga informasi dan inspirasi islami terkini di MAQMUR. Insya Allah semuanya bermanfaat.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021