Apakah Al-quran Harus Dihafalkan?

26 August 2021

Sebagai umat Islam kamu mesti tahu bahwa ada jaminan suraga bagi mereka yang termasuk dalam golongan ahlul quran. Mereka adalah orang-orang yang tak hanya membaca namun juga menghafal dan mengamalkan kitab suci. Kamu mungkin jadi bertanya, apakah al-quran harus dihafalkan? Dalam tulisan ini sedikit akan kami beri penjelasan yang mungkin bisa menjadi jawaban.

Kondisi dimana wajib menghafal al-quran

Dikutip dari Konsultasi Syariah, ada beberapa dalil yang menganjurkan untuk menghafal al-quran. Salah satunya adalah firman Allah SWT yang berbunyi:

“Sebenarnya, Al-Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu…” (QS. al-Ankabut: 49)

Namun, apakah al-quran harus dihafalkan? Disebutkan ada dua kondisi dimana jawabannya adalah iya. Kondisi tersebut ialah:

  • Mesti dihafalkan oleh sebagian umat

Ternyata, kewajiban untuk menghafal al-quran tidak ditujukan untuk seluruh umat Islam. Meski akan lebih baik jika semua muslim dapat menghafalkannya demi mendapatkan keutamaannya. Menghafal al-quran disebutkan menjadi kewajiban sebagian umat Islam.

Imam Ibnu Baz mengatakan, “menghafal al-Quran tidak wajib. Menghafal al-Quran hukumnya anjuran. Namun ini kewajiban, dimana harus dihafal oleh sebagian kaum muslimin.”

Temukan fitur islami terlengkap di aplikasi MAQMUR. Download sekarang juga!

  • Menghafalkan al-quran yang menjadi rukun dalam sholat

Karena umat Islam memiliki kewajiban untuk melaksanakan sholat artinya harus menunaikannya sesuai rukun. Dengan salah satu rukunnya adalah membaca surat al-Fatihah yang terdapat dalam al-quran, maka wajib untuk dihafalkan.

Syaikhul Islam mengatakan, “Wajib baginya untuk menghafal bagian dari al-Quran yang harus dibaca dalam shalat. Allahu a’lam… “(Jami’ al-Masail li Syaikhil Islam, volume 9, hlm. 487).

Keutamaan menghafal al-quran

Untuk menjawab apakah al-quran harus dihafalkan, ada baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui apa saja keutamaan yang didapat oleh mereka yang menghafal kitab suci. Berikut ini adalah keutamaan dari menghafal al-quran:

  • Didahulukan menjadi imam

Dari Abu Mas’ud ra, Nabi SAW bersabda, “Yang paling berhak jadi imam adalah yang paling banyak hafalan al-Quran-nya. Jika dalam hafalan quran mereka sama, maka didahulukan yang paling paham dengan sunnah… dan seseorang tidak boleh menjadi imam di wilayah orang lain.” (HR. Ahmad 17526, Muslim 1564, dan yang lainnya)

  • Ditemani oleh malaikat

Dari Aisyah ra, Nabi SAW bersabda, “Orang yang membaca dan menghafal al-Quran, dia bersama para malaikat yang mulia. Sementara orang yang membaca al-Quran, dia berusaha menghafalnya, dan itu menjadi beban baginya, maka dia mendapat dua pahala. “(HR. Bukhari 4937)

  • Diberi syafaat di hari kiamat

Dari Abu Umamah al-Bahili ra, Nabi SAW bersabda, “Rajinlah membaca al-Quran, karena dia akan menjadi syafaat bagi penghafalnya di hari kiamat.” (HR. Muslim 1910).

  • Orang tuanya akan diberi mahkota cahaya di akhirat

Dari Buraidah ra, Nabi SAW bersabda, “Siapa yang menghafal al-Quran, mengkajinya dan mengamalkannya, maka Allah akan memberikan mahkota bagi kedua orang tuanya dari cahaya yang terangnya seperti matahari. Dan kedua orang tuanya akan diberi dua pakaian yang tidak bisa dinilai dengan dunia. Kemudian kedua orang tuanya bertanya, “Mengapa saya sampai diberi pakaian semacam ini?” Lalu disampaikan kepadanya, “Disebabkan anakmu telah mengamalkan al-Quran.” “(HR. Hakim 1/756 dan dihasankan al-Abani).

  • Makin banyak yang dihafal, makin tinggi kedudukan di surga

Dari Abdullah bin Amr ra, Nabi SAW bersabda, “Ditawarkan kepada penghafal al-Quran, “Baca dan naiklah ke tingkat berikutnya. Baca dengan tartil sebagaimana dulu kamu mentartilkan al-Quran ketika di dunia. Karena kedudukanmu di surga setingkat dengan banyaknya ayat yang kamu hafal.” “(HR. Abu Daud 1466, Turmudzi 3162 dan dishahihkan al-Albani)

BACA JUGA: Mengenal Tadabur, Cara Memaknai Dan Menyelami Makna Alquran

Itu dia beberapa penjelasan mengenai apakah al-quran harus dihafalkan. Semoga dengan tulisan ini kamu jadi makin termotivasi untuk tak sekadar membaca namun juga menghayati, menghafalkan serta mengamalkan tiap ayat-ayat di dalam al-quran.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021