Apa Pentingnya Selalu Melakukan Jurnal Ibadah?

23 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Baru-baru ini journaling menjadi hal yang makin diminati karena disebut bisa menjadi sarana untuk mengembangkan diri. Menulis jurnal bisa dilakukan setiap hari. Manfaatnya pun beragam, di antaranya adalah dapat membuat hidup jadi lebih fokus dan teratur. Ada banyak hal yang bisa ditulis dalam jurnal mulai dari perasaan, pekerjaan, motivasi, pengalaman hingga pencapaian. Nah, kamu sudah pernah dengar jurnal ibadah?

Sama seperti jurnal pada umumnya, pada jurnal ibadah kamu bisa melakukan catatan untuk ibadah baik harian, mingguan atau bulanan. Dalam jurnal ini kamu bisa melakukan checklist pada aktivitas ibadah yang dilakukan sehingga kamu bisa melihat apakah kamu sudah membaik dari hari ke hari. Tertarik untuk menulis jurnal untuk ibadahmu? Berikut ini kita simak terlebih dahulu manfaat dari menulis jurnal.

Membuat Produktivitas Meningkat

Dalam journalin, kamu bisa menulis apa saja kegiatan yang menjadi prioritas. Dengan begini kamu bisa lebih fokus untuk mengerjakan hal tersebut terlebih dahulu. Kamu juga jadi makin terarah karena sudah tahu apa yang mesti diselesaikan. Alhasil, produktivitas diri meningkat karena kamu telah terbiasa untuk mengatur diri jadi lebih baik. Nah jika diterapkan pada ibadah, tentunya kamu jadi bisa makin rajin dan rutin dalam melakukan ibadah bukan?

Melatih Fokus

Apakah kamu sering lupa dan tidak fokus? Mungkin kamu bisa mencoba melatih fokus dengan melakukan journaling. Dalam menulis jurnal, kamu bisa menulis tentang perasaan dan alasan tentang kegiatan yang kamu tuliskan misalnya ibadah atau amalan tertentu. Dari sana kamu bisa mendapati apa hal-hal yang mesti dikembangkan, pun upaya untuk mengontrol diri agar jadi lebih baik.

Mempelajari Kesalahan

Dalam menulis jurnal, kamu juga bisa menuliskan kelemahan, kesalahan atau hal yang serupa. Ternyata, dengan menuliskan hal ini bisa membuatmu jadi pribadi yang lebih baik loh. Sebab kamu jadi mempelajari kembali kesalahan yang diperbuat. Ditambah kamu juga bisa menjadikannya sebagai bahan untuk introspeksi atau refleksi diri. Yang kamu perlukan hanyalah rutin dan rajin menuliskan jurnal sehingga bisa dibaca di masa depan.

Mengurangi Stres

Stres bisa terjadi pada siapa saja dengan alasan yang beragam, misalnya karena tidak bisa mengatur aktivitas atau perasaan sehari-hari. Nah, dengan menulis jurnal ternyata bisa loh mengurangi stres. Sebab dengan menulis, pikiran jadi tersalurkan. Kamu jadi bisa lebih rileks setelahnya karena segala perasaan dan pikiran telah dikeluarkan. Dengan begitu, stres bisa terhindar atau berkurang.

Jadi Motivasi Untuk Berbuat Baik

Dalam jurnal seperti jurnal ibadah kamu tidak hanya bisa menuliskan tentang catatan ibadah saja. Tapi juga amalan lain seperti sedekah dan lainnya. Ketika rajin menuliskannya, kamu bisa membacanya kembali di masa depan. Kemudian menjadikannya motivasi untuk makin banyak berbuat baik. Misalnya, di bulan ini kamu sudah sedekah dengan jumlah tertentu. Mungkin di waktu berikutnya, kamu ingin menambah jumlahnya.

Sarana Refleksi Diri

Ketika catatan ibadah sudah berjalan cukup lama, kamu bisa membaca dan memahaminya lebih dalam. Kemudian kamu bisa menjadikannya sebagai sarana refleksi diri. Misalnya, kamu memiliki tekad untuk beribadah lebih rutin kemudian membuat catatan ibadah. Setelah beberapa waktu, kamu bisa melihat kembali apakah tujuanmu sudah tercapai. Sudah atau belum, kamu bisa tetap meningkatkannya sambil mengetahui apa yang bisa diperbaiki.

Itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika membuat jurnal, termasuk jurnal ibadah. Mulai dari melatih fokus hingga sarana refleksi diri. Nah kamu bisa nih melakukannya untuk ibadahmu. Caranya adalah dengan menggunakan jurnal ibadah yang ada di MAQMUR. Disini kamu bisa melihat laporan progress aktivitas ibadah kamu dalam rentang waktu yang dapat kamu tentukan. Nggak pakai lama, langsung download aplikasi MAQMUR yuk!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021