Annisa Pohan Salah Kutip Ayat Al quran, Ketahui Ini Dahulu

26 July 2021

Sudah menjadi hal yang biasa ketika seseorang mengutip dan menuliskan ulang ayat alquran di media sosial. Ada yang bertujuan menyebarkan kebaikan, namun ada juga yang menuliskan sebagai pengingat baik untuk dirinya maupun orang lain. Seperti yang dilakukan oleh Annisa Pohan belakangan ini. Dalam akun Twitternya, Annisa mengutip sebuah ayat yang justru menuai komentar pedas netizen. Hal ini dikarenakan Annisa salah kutip ayat al quran.

Salah kutip ayat al quran tentang fitnah

Dalam cuitannya, Annisa menuliskan “Dan fitnah lebih sadis daripada pembunuhan.” (QS. Al-Baqarah [2]:291.” Sepintas seperti tak ada yang salah dengan kalimat ini, sebab dalam al quran dan hadits memang disebutkan bahwa fitnah merupakan perilaku yang lebih kejam jika dibandingkan dengan pembunuhan.

Namun ternyata, yang menjadi permasalahan adalah sumber ayat atau kalimat tersebut. Dituliskan bahwa potongan ayat tersebut berasal dari surat Al-Baqarah ayat 291. Sedangkan, seperti yang kita ketahui surat kedua dalam al quran setelah surat Al Fatihah ini hanya terdiri dari 286 ayat.

Netizen banjiri dengan berbagai komentar

Cuitan tersebut tentu langsung dibanjiri komentar oleh netizen. Sebagian besar dari mereka mengingatkan bahwa yang dituliskan oleh Annisa adalah keliru. Beberapa netizen menyebut dan menjelaskan bahwa surat Al Baqarah hanya terdiri dari 286 ayat saja. Ada juga yang berkomentar bahwa Annisa sepertinya asal mengutip dari internet

Setelah ditelusuri, memang ada sebuah sumber yang menyebutkan dengan salah tentang ayat tentang fitnah. Isinya sama seperti yang dicuitkan oleh Annisa. Setelah beberapa saat, Annisa kemudian menghapus cuitannya. Jika kamu ingin tahu Fitnah Dalam Islam, Ketahui Hadits Dan Dalilnya baca di sini.

Bahaya fitnah yang perlu diketahui

Dalam Islam, fitnah memang merupakan perbuatan yang keji bahkan lebih buruk ketika disandingkan dengan pembunuhan. Oleh karena itu, sebagai umat Islam sudah sepatutnya kita menjauhi dan tidak melakukan fitnah dalam bentuk apapun. Sebab, dalam fitnah tersebut terdapat banyak bahaya yang bisa muncul. Di antaranya :

  • Dapat memusnahkan tali silaturahmi

Karena fitnah bisa menimbulkan sebuah kesalahpahaman. Akibatnya tali silaturahmi dan persaudaraan bisa musnah karenanya. Padahal menjaga hal tersebut adalah kewajiban untuk tiap orang yang beriman.

  • Menimbulkan sengsara

Siapa yang paling dirugikan dari tindakan fitnah? Tentu saja orang yang difitnah. Sengsara bisa muncul dan menimpa mereka yang mendapatkan fitnah. Dalam hidupnya, orang tersebut mungkin akan selalu dianggap buruk oleh orang lain. Sungguh suatu kemalangan.

  • Mendatangkan musibah

Hal ini telah difirmankan Allah melalui surat Al-Hujurat ayat 6 yaitu : “Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti, agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” 

  • Menyebabkan penyakit hati

Bukan hanya penyakit fisik saja yang dapat menyiksa penderitanya, penyakit hatipun tak kalah berbahaya. Allah berfirman, “Dalam hati mereka ada penyakit, lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.” (QS. Al-Baqarah: 10)

  • Dapat ancaman neraka jahanam

Rasanya tidak ada satupun muslim yang ingin masuk ke dalam neraka jahanam. Namun menurut firman Allah berikut ini, itulah yang didapatkan oleh orang yang menimbulkan fitnah. Maka nyatalah bahwa tidak ada yang lebih zalim dari orang yang mereka-reka perkara-perkara yang dusta terhadap Allah, dan mendustakan sebaik-baik saja kebenaran itu disampaikan kepadanya. Bukankah (telah diketahui bahwa) dalam neraka Jahanam tersedia tempat tinggal bagi orang-orang kafir?” (QS. Az-Zumar: 32)

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Memiliki niat untuk mengingatkan orang lain dengan mengutip ayat al quran tentu tidak menjadi masalah. Namun ada baiknya jika kita lebih jeli dan mencari sumber yang lebih banyak demi kebenaran atas apa yang ingin kita sampaikan. Jangan sampai, kebaikan yang ingin disampaikan malah menjadi kekeliruan apalagi fitnah. Sebab dalam fitnah itu sendiri mengandung banyak bahaya.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021