Amalan Sunnah Saat Gerhana Yang Sangat Dianjurkan

19 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Hari ini, fenomena gerhana bulan terlama sepanjang aba 21 akan terjadi dan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia. Puncaknya, gerhana bulan ini akan terjadi pada pukul 17:47 WIB. Wah semoga cuaca hari ini cerah ya sehingga bisa terlihat dengan jelas. Jangan lupa, saat gerhana terjadi, kamu bisa melakukan berbagai amalan sunnah. Ada beberapa amalan sunnah saat gerhana yang sangat dianjurkan. Apa saja ya?

Amalan Sunnah Saat Gerhana

Shalat Gerhana

Pada sebuah hadits disebutkan bahwa salah satu sunnah yang dilakukan saat gerhana adalah mendirikan shalat gerhana. Hadits tersebut berbunyi:

Dari Qais berkata, “Aku mendengar Abu Mas’ud berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Sesungguhnya matahari dan bulan tidak akan mengalami gerhana disebabkan karena matinya seorang dari manusia, tetapi keduanya adalah dua tanda dari tanda-tanda kebesaran Allah. Jika kalian melihat gerhana keduanya maka berdirilah untuk shalat.” “.

Adapun niat untuk melakukan shalat gerhana sebagai berikut:

Ushallî sunnatal khusûufi rak‘ataini lillâhi ta‘âlâ.

Arti:

Saya niat sholat gerhana bulan dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Shalat ini dianjurkan dilakukan secara berjamaah, meski bisa juga dilakukan sendirian. Untuk tata caranya, shalat gerhana dilaksanakan dua rakaat dengan langkah-langkah seperti ini:

  • Membaca niat kemudian takbiratul ihram.
  • Taawudz dan surat Al-Fatihah.
  • Baca surat Al-Baqarah atau rukuk dengan membaca tasbih selama membaca 100 ayat surat al-Baqarah.
  • Itidal dengan membaca surat Al-Fatihah.
  • Baca surat Ali Imrah atau rukuk dengan membaca tasbih selama membaca surat al-Baqarah 80 ayat.
  • Itidal dengan bacaan itidal.
  • Sujud dengan bertasbih selama rukuk pertama.
  • Duduk di antara dua sujud.
  • Sujud kedua dengan bertasbih selama rukuk kedua.
  • Duduk sejenak lalu berdiri untuk rakaat kedua.
  • Lakukan rakaat kedua dengan gerakan yang sama. Pada diri pertama, baca surat An-Nisa, pada diri kedua baca surat Al-Maidah.
  • Salam.

Sedekah

Sedekah memang bisa dilakukan kapan saja tanpa ada batasan waktu. Namun amalan ini menjadi salah satu yang dianjurkan bahkan diceritakan oleh Aisyah ra yang kemudian diriwayatkan oleh Abu Daud. Dalam hadits tersebut disebutkan bahwa ada beberapa hal yang dapat dianjurkan jika seorang muslim melihat gerhana. Di antaranya adalah memperbanyak doa kepada Allah, bertakbir, mendirikan shalat gerhana dan bersedekah.

Berdoa

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, berbagai amalan yang dianjurkan di antaranya adalah berdoa. Hal ini juga seperti yang terdapat dalam hadits Abu Musa, seorang muslim yang menyaksikan gerhana. Ia kemudian diingatkan untuk senantiasa mengingat Allah SWT. Salah satu caranya adalah dengan memanjatkan doa dan memohon ampun.

Selain itu, ada juga doa yang bisa diucapkan yakni doa memohon perlindungan dari siksa kubur. Doa tersebut berbunyi:

Alhamdulillah hamdan daaiman toohiron thoyyiban mubarokan fiih. Mil’ussamawati wa mil’ul ardhi wa mil’u maa baina huma, wa mil’u maa syi’ta min syai’in ba’du. Ahaqqo maa qoolal abdu, wa kunna laka abdun

Arti:

Segala puji bagi Allah, pujian murni, baik dan diberkati-Nya. Yang memenuhi langit dan memenuhi bumi dan memenuhi apa yang ada di antara mereka dan mengisi apa pun yang Anda inginkan. (Dia) yang paling berhak memanggil hamba dan kami semua adalah hamba. 

dan,

Allahumma kama aamanna bihi wa lam naroohu falaa tufarriq bainanaa wa bainahu hatta tudkhilnaa mudkholahu, wahsyurnaa tahta liwaaihi, birohmatika yaa arhamarrohimin.

Allahummarham ummata Muhammad, rohmatan ‘aammah, kaaffah. Allahumma inna nastagfiruka wa atuubu ilaik, taubatan abdu dzolim linafsini laa yamliku linafsihi dhorron wa laa naf’an.

Allahummah dinaa fi man hadait, wa ‘afina fiman ‘afait, wa tawallana fi man tawallait, wa barik lana fi maa a’thait, wa qina wasyrif ‘anna ma qadhait, nastagfiruka wa natubu ilaik

Arti:

Ya Allah, sebagaimana kami beriman kepada Muhammad SAW, dan kita tidak pernah melihatnya, jangan Engkau pisahkan kami dengannya, hingga Engkau masukkan kami dalam golongnnya, dan giringlah kami di bawah benderanya, dengan rahmat-Mu, wahai paling mengasihi dari para pengasih, ya Allah rahmatilah umat Muhammad rahmat yang luas.

Ya Allah, kami meminta ampunan dan bertaubat kepadamu, taubat orang zalim terhadap dirinya, yang tidak mampu atas dirinya mudharat dan manfaat, kematihan, kehidupan, dan kebangkitan.

Ya Allah berilah kami petunjuk dari golongan yang Engkau beri petunjuk, dan sehatkanlah kami sebagaimana golongan yang Engkau sehatkan, tolonglah kami sebagimana golongan Engkau tolong, dan berkahilah kami atas apa yang Engkau berikat, jagalah kami, dan palingkan dari kami keburukan yang Engkau tetapkan, kami meminta ampun dan bertaubat kepada-MU

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021