Amalan Sunnah Idul Adha, Sesuai Dengan Anjuran Rasulullah

20 July 2021

Selamat hari raya Iduladha 1442 H! Hari ini merupakan salah satu momen yang paling ditunggu oleh umat Islam. Sebab di hari ini hari raya qurban juga dilaksanakan, yang berarti satu lagi kesempatan mendapatkan pahala dari Allah SWT dengan berbagi serta bersilaturahmi. Selain itu, amalan sunnah idul adha juga paling dinantikan karena penuh dengan berkah dan keistimewaan.

Untuk menyempurnakan ibadah di hari raya idul adha, berikut ini adalah amalan-amalan sunnah yang bisa kamu lakukan. Hal-hal ini dianjurkan oleh Rasulullah SAW.

  • Memperbanyak takbir dari maghrib hingga subuh

Sebelum hari raya, biasanya memang ada momen malam takbir. Ini berlangsung sejak maghrib di hari sebelum hari raya hingga subuh keesokan harinya. Ternyata, ini tak sekadar selebrasi saja namun merupakan syariat agama yang tentu dianjurkan oleh Rasulullah SAW. Karena sedang pandemi, takbiran tak perlu selalu turun ke jalan. Kamu tetap bisa melakukannya di rumah sambil melakukan ibadah lainnya.

  • Mandi, berhias dan mengenakan pakaian yang bagus

Tidak jauh berbeda dengan idul fitri, saat idul adha pun disunnahkan untuk bersuci dengan mandi, berhias dan mengenakan pakaian yang bagus. Tak perlu mahal atau baru, yang terpenting adalah rapi dan bersih. Selain itu, disunnahkan juga untuk memakai wewangian yang sewajarnya. Hal ini telah banyak disebutkan pada hadits-hadits Rasulullah.

  • Tidak makan hingga selesai sholat idul adha

Saat idul fitri, umat Islam disunnahkan untuk makan terlebih dahulu sebelum berangkat sholat id. Hal ini dimaksudkan agar ingat bahwa hari tersebut sudah bukan hari puasa Ramadhan lagi. Hal yang berbeda dianjurkan ketika idul adha. Umat Islam justru dianjurkan untuk tidak makan hingga sholat id selesai. Hal ini bertujuan agar setiap makin semangat dan menyegerakan penyembelihan kurban.

  • Melewati jalan yang berbeda ketika berangkat dan pulang sholat id

“Nabi Muhammad SAW mendatangi shalat Id berjalan kaki dan beliau pulang melalui jalan lain dari yang dilaluinya ketika pergi”. (HR. Ibnu Majah) Dari hadits ini dapat disimpulkan bahwa sunnah untuk mengikuti apa yang dilakukan Rasulullah ketika idul adha. Ternyata, tujuannya adalah agar makin banyak saksi di bumi yang melihat saat-saat kita melakukan amalan baik.

  • Menghadiri sholat id bahkan untuk perempuan yang berhalangan

Ternyata, hadir pada waktu sholat id juga merupakan sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan. Hal ini disunnahkan untuk dilakukan semua orang termasuk perempuan yang tengah berhalangan. Meski tidak sholat, namun perempuan tersebut bisa mendengarkan khutbah saja. Hal ini tercantum dalam hadits, “Rasulullah saw memerintahkan kami untuk menyertakan gadis remaja, wanita yang sedang haid, dan wanita pingitan. Adapun wanita yang sedang haid supaya tidak memasuki lapangan tempat salat, tetapi menyaksikan kebaikan hari raya dan dakwah yang disampaikan khatib bersama kaum muslimin.” (HR. Ahmad)

  • Ikut melakukan kurban

Idul adha selalu identik dengan penyembelihan kurban karenanya melakukan kurban adalah salah satu amalan saleh paling utama di hari tersebut. Dengan melakukan ibadah ini artinya sebagai umat Islam sudah meneladani ketaatan yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail as. Utamanya, hewan yang dikurbankan adalah domba, meski diperbolehkan juga mengurbankan sapi atau unta. Meski begitu, ibadah kurban ini dianjurkan dilakukan oleh mereka yang masih dalam kategori mampu.

BACA JUGA : Puasa Arafah, Waktu Pelaksanaan Hingga Keutamaannya

Itu dia beberapa amalan sunnah yang bisa kamu lakukan saat idul adha tiba. Semoga dengan melakukan hal-hal di atas, ibadah di hari raya idul adha mu makin sempurna.

Lengkapi ibadahmu dengan aplikasi Maqmur, download sekarang juga!