Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad

15 September 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Kita sering dengar bahwa hari jumat merupakan waktu yang istimewa. Di hari tersebut, ada ibadah shalat jumat yang wajib dilakukan oleh umat islam laki-laki. Selain itu, banyak juga peristiwa penting agama Islam yang terjadi di hari tersebut.

Ingin tahu tidak apa lagi amalan sunnah hari jumat yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad?

Dalam merayakan hari yang istimewa, Nabi Muhammad melakukan beberapa amalan sunnah berikut ini. Semoga bisa ikut kamu praktekkan ya.

Berangkat Lebih Awal Ke Masjid

Barangsiapa mandi di hari Jumat seperti mandi junub (keramas) kemudian berangkat di gelombang pertama maka seperti sedekah unta. Barangsiapa berangkat gelombang kedua maka seperti sedekah sapi. Barangsiapa berangkat di gelombang ketiga maka seperti sedekah kambing. Barangsiapa berangkat di jam keempat maka seperti sedekah ayam. Barangsiapa berangkat di jam kelima maka seperti sedekah telor. Jika Imam sudah keluar maka malaikat hadir untuk mendengarkan dzikir.

Muttafaq Alaih

Dari hadits ini dapat dipahami bahwa semakin awal seorang muslim berangkat shalat jumat, semakin besar juga pahala yang diterima. Bahkan yang paling awal disebut-sebut sama pahalanya dengan bersedekah unta. Tentu kamu tahu ya betapa istimewa hewan ini?

Berpakaian Yang Bagus Dan Rapi

Nabi SAW bersabda,

Dianjurkan bagi setiap Muslim mandi di hari Jumat dan memakai pakaian terbaik.

HR Ahmad

Melalui hadits ini Rasulullah berpesan agar setiap muslim membersihkan diri secara menyeluruh di hari Jumat. Pun jika akan melaksanakan shalat jumat, baiknya datang dengan memakai pakaian yang bagus dan rapi.

Tidak Melewatkan Bacaan Shalawat

Dari Anas bahwa Nabi SAW bersabda,

Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari dan malam Jumat. Barangsiapa membaca shalawat kepadaku 1 kali maka Allah memberi Rahmat kepadanya 10 kali.

HR Al-Baihaqi

Bagaimana tidak istimewa, jika bershalawat di hari Jumat, Allah akan berikan pahala 10 kali lipat dibanding hari-hari biasa lainnya. Ini cukup membuktikan bahwa hari Jumat dalam islam memang bernilai istimewa. Jadi tiap kali kamu punya kesempatan untuk bertemu dengannya, manfaatkan dengan baik.

BACA JUGA: Isi Khutbah Rasulullah Saat Shalat Jumat Pertama Kali

Membaca Surat Al-Kahfi

Nabi SAW bersabda:

Barangsiapa membaca Surat Al-Kahfi di hari Jumat maka ia mendapat sinar cahaya di antara 2 Jumat.

HR Al-Baihaqi

Membaca surat al-Kahfi bisa dilakukan pada malam jumat dan juga hari jumat. Surat ini punya banyak sekali keutamaan di antaranya dapat pengampunan dosa hingga dijauhkan dari fitnah Dajjal. Oleh karena itu, tak heran jika sangat dianjurkan untuk dibaca terutama di hari jumat.

Bersiwak Dan Memakai Wewangian

Bagi setiap Muslim menggunakan Siwak dan mandi di hari Jumat, dan memakai minyak wangi keluarganya jika ada.

HR Al-Bazzar dari Tsauban

Ternyata selain dianjurkan untuk memakai pakaian yang bagus dan rapi, seorang muslim juga disarankan untuk memakai siwak dan wewangian. Hal ini berdasar pada hadits yang disebutkan di atas. Siwak pada umumnya adalah ranting atau batang dari pohon sikat gigi yang dapat digunakan untuk membersihkan gigi, gusi dan mulut.

Karena hari Jumat sudah di depan mata, maka tidak ada salahnya jika kamu mulai mempersiapkan untuk melakukan amalan sunnah hari jumat di atas. Dengan demikian akan makin istimewa hari Jumat yang kamu jalani. Semoga tulisan ini membaca manfaat untukmu ya.

Temukan fitur pengingat shalat dan alquran digital di aplikasi MAQMUR. Download aplikasinya sekarang!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021