Amalan Sunnah Bulan Muharram Untuk Maknai Tahun Baru

10 August 2021

Sebagai umat Islam, sudah sepatutnya hari ini kamu menyambut dengan suka cita. Sebab hari ini adalah Tahun Baru islam 1443 H. Betul, hari ini tahun menurut penanggalan Islam atau kalender Hijriyah telah berganti. Bulan baru telah datang yaitu bulan Muharram. Sudah tahu apa saja amalan sunnah bulan Muharram yang bisa kamu lakukan?

  • Melakukan puasa

“Puasa yang paling utama setelah puasa di bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah yang kalian sebut dengan Muharam.” (Al-Baihaqi)

Puasa merupakan salah satu amalan yang istimewa di hadapan Allah dan ternyata jika dilaksanakan di bulan Muharram, begitu banyak keutamaan yang bisa didapatkan. Terlebih dalam hadits di atas juga ditekankan perihal tersebut. Di bulan Muharram ini, sunnah hukumnya untuk melakukan puasa selama sebulan penuh. Meski ada hari-hari yang paling dianjurkan seperti pada 1 Muharram, 9 dan 10 Muharram.

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

  • Sedekah dan menyenangkan keluarga

Pada dasarnya, sedekah dan menyenangkan keluarga bisa dilakukan kapan saja. Namun di bulan Muharram ini, hukumnya sunnah. Bahkan dalam sebuah hadits dari Abi Sa’id al-Khudri, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menyenangkan keluarganya di hari Asyura, maka Allah akan memberikan kesenangan kepadanya (meluaskan rizkinya) di tahun-tahun berikutnya.” (HR. Al-Baihaqi dan Ath-Thabarani). Dalam hadits lain juga disebutkan bahwa bersedekah di hari Asyura sama berpahalanya dengan sedekah selama satu tahun serta akan dilapangkan rezeki untuknya sepanjang tahun tersebut.

  • Bertobat dan beramal saleh

Di bulan Muharram, tepatnya di tanggal 10 disebut dengan hari Asyura. Di hari ini, terdapat amalan untuk melakukan tobat dan memperbanyak amal saleh. Sebab ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang berbunyi:

Aswad bin Yazid berkata, “Aku bertanya kepada Abin bin Amr tentang puasa Asyura. Dia barkata: Pada bulan Muharam ada hari ketika Adam diberi ampunan. Bila engkau mampu, berpuasalah pada hari itu.”

BACA JUGA : Sejarah Tahun Baru Islam, Awal Hijrah Rasulullah

Amalan sunnah bulan Muharram lain yang bisa dilakukan

Syekh Abdul Hamid menyebutkan ada sekitar 10 amalan yang bisa dilakukan ketika memasuki bulan Muharram, yaitu:

  1. Ziarah
  2. Puasa Asyura
  3. Menjenguk orang sakit
  4. Silaturahmi
  5. Membuat celak mata
  6. Mandi
  7. Sedekah
  8. Memotong kuku
  9. Menambah nafkah untuk keluarga
  10. Membaca surat al-Ikhlas 1000 kali

Mengenai bulan Muharram

“Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa.” (Surat At Taubah: 36)

Dari ayat al-quran di atas dapat disimpulkan bahwa bulan Muharram adalah salah satu bulan yang mulia karena termasuk dalam bulan haram. Di bulan ini, dosa dan amalan baik akan dilipatgandakan balasannya. Maka dapat dikatakan bahwa bulan ini mengandung banyak keutamaan ya? Hal ini juga dijelaskan dalam hadits berikut ini:

“Sesungguhnya zaman berputar sebagai mana ketika Allah menciptakan langit dan bumi. Satu tahun ada dua belas bulan. Diantaranya ada empat bulan haram (suci), tiga bulan berurutan: Dzul Qo’dah, Dzulhijjah, dan Muharram, kemudian bulan Rajab suku Mudhar, antara Jumadi Tsani dan Sya’ban.” (HR. Al Bukhari dan Muslim)

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021