Amalan Rabiul Awal, Penghormatan Umat Islam di Bulan Kelahiran Rasul

8 October 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Setelah bulan Safar usai, maka bulan yang paling ditunggu-tunggu umat Islam datang. Ini adalah bulan Rabiul Awal, waktu dimana Nabi Muhammad SAW dilahirkan. Tepatnya ada di 12 rabiul awal pada tahun gajah. Bulan ini memiliki banyak sekali keutamaan. Tidak heran karena pada bulan ini ada banyak sekali peristiwa penting untuk sejarah umat Islam.

Oleh karena itu, ketika sudah memasuki bulan Rabiul awal ada baiknya sebagai umat islam memberi penghormatan dengan melakukan berbagai amalan. Amalan rabiul awal ini tentu akan membuatmu mendapatkan begitu banyak pahala. Apa saja ya?

Membaca Shalawat Nabi

Dalam surat Al-Ahzab ayat 56, Allah berfirman:

Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi, Hai orang-orang yang beriman! Bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.

Dari surat ini kita dapat menyimpulkan bahwa membaca shalawat Nabi merupakan salah satu bentuk penghormatan baginya. Oleh karena itu, di bulan kelahirannya tentu ini merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan.

Nah, shalawat di bulan kelahiran Nabi dianjurkan minimal dibaca 10 jkali dalam sehari. Sudah tahu kan bagaimana bacaannya?

Allahuma shalli ala muhammadin wa ala aali muhammadin.

Yang artinya

Ya Allah wahai Tuhanku muliakanlah oleh-Mu atas Muhammad dan atas keluarganya..

BACA JUGA: Mengenal Rabiul Awal, Bulan Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Melakukan Puasa Di Tengah Bulan

Pada dasarnya, seorang muslim dianjurkan untuk mengerjakan puasa pertengahan bulan. Puasa ini bernama ayyamul bidh atau puasa putih dan dilaksanakan pada tanggal 13 sampai 15 setiap bulannya. Puasa ini juga dianjurkan oleh Nabi sebagaimana beliau bersabda:

Berpuasalah selama tiga hari setiap bulan. Karena, sesungguhnya kebaikan pada hari itu dihitung sepuluh kali lipat dan nilainya sama seperti berpuasa sepanjang tahun.

HR. Muttafaq ‘Alaih

Sedekah

Sedekah pada dasarnya tidak memiliki ketentuan waktu pelaksanaannya. Meski begitu, amalan ini sangat dianjurkan terlebih di bulan kelairan Nabi. Sedekah bisa diberikan pada mereka yang membutuhkan atau juga fakir miskin. Perlu diingat, sedekah mesti diniatkan dengan hati yang sungguh-sungguh serta ikhlas tanpa mengharapkan imbalan.

Selain itu, sedekah bisa menjadi tanda penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW. Dan ingatkah kamu bahwa sedekah memiliki banyak keutamaan. Di antaranya adalah disediakannya surga bagi mereka yang rutin sedekah atau menafkahkan sebagian hartanya untuk sesama yang sedang membutuhkan.

BACA JUGA: Ini 5 Keutamaan Bersedekah Diam-Diam

Memperbanyak Berbuat Kebaikan

Sering dikatakan bahwa di bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW sangat pantang untuk melakukan hal-hal yang mengandung maksiat atau keburukan. Tentu saja ini benar sebab bisa menjadi kado terbaik yang umat Islam bisa berikan pada Nabi.

Selain itu, berbuat kebaikan juga sangat dianjurkan sebab inilah hal-hal yang diridhoi oleh Allah. Oleh karenanya, jika di bulan lain kebaikan bisa dilakukan maka di bulan rabiul awal bisa semakin ditingkatkan dan dilipat gandakan.

Mendalami Sejarah Tentang Nabi

Sebagai umat islam tentu sangat penting untuk tahu bagaimana sejarah yang berkaitan dengan beliau. Mulai dari hari kelahirannya hingga kematiannya. Nah dalam rangka bulan kelahirannya, kamu bisa makin mendalami sejarah-sejarah tersebut. Apa tujuannya? Agar kamu makin mengenal seperti apa sosok Nabi Muhammad SAW tersebut.

Temukan fitur islami mulai dari pengingat waktu shalat hingga al-quran digital di aplikasi MAQMUR! 

Dengan begitu, kamu akan makin menjunjung tinggi dan menghormati beliau. Serta, kamu juga dengan suka hati melakukan semua anjuran serta meneladani sifat-sifat Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Selain Samawa, Ucapkan Ini Doa Untuk Pengantin Baru 22 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Marak Kabar Perceraian, Ini Doa Rumah Tangga Langgeng 21 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Rasulullah Sunnahkan 7 Hal Ini Saat Bangun Tidur 20 October 2021
Blog, Inspirasi Islami
Bulan Baik Untuk Menikah, Salah Satunya Bulan Ini 19 October 2021