Amalan Puasa Senin Kamis, Dari Pahala Hingga Kesehatan

26 July 2021

Ada begitu banyak amalan yang bisa dilakukan oleh seorang muslim demi mendapatkan pahala berlimpah, dari yang wajib hingga sunnah. Jika berbicara tentang ibadah sunnah, puasa senin kamis adalah salah satunya. Tahukah kamu kalau amalan puasa senin kamis begitu luas?

Tak hanya sekadar memberimu pahala, puasa sunnah ini juga bermanfaat untuk kesehatan lho. Untuk lebih lanjut, mari kita kupas mengenai manfaat puasa senin kamis berikut ini.

  • Dibukanya pintu surga

Rasulullah bersabda : “Pintu-pintu Surga dibuka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Allah dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai.”

Dari hadits ini dapat kita simpulkan bahwa dengan berpuasa senin kamis, seorang muslim bisa mendapatkan keutamaannya yaitu dibukakan pintu surga.

  • Dimasukkan ke surga Ar-Rayyan

Seberapa istimewa puasa senin kamis itu? Seistimewa disediakan surga khusus bernama Ar-Rayyan. Hal ini sebagaimana yang tertulis dalam hadits :

Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan dimasuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. Di katakan: manakah orang-orang yang suka berpuasa? Maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.

BACA JUGA : Ayat Tentang Sabar, Bisa Jadi Inspirasi dan Motivasi

  • Merupakan amalan yang disukai oleh Rasulullah

Umat Islam mana yang tidak ingin disenangi oleh Rasulullah? Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan melakukan amalan yang disukai beliau, yaitu puasa senin kamis. Hal ini karena Rasulullah sendiri juga menyenangi melakukan puasa di hari-hari tersebut. Selain itu, dalam sabdanya Rasulullah berkata :

Amal-amal manusia diperiksa pada setiap hari senin dan Kamis, maka aku menyukai amal perbuatanku diperiksa sedangkan aku dalam keadaan berpuasa.

  • Diampuni dosa-dosanya

Setiap manusia pasti berbuat salah dan dosa, dengan atau tanpa disadari. Karenanya sudah sepatutnya untuk menebus dosa-dosa tersebut dengan amalan-amalan baik. Puasa senin kamis adalah salah satu amalan yang bisa meringankan dosa. Ini seperti yang tercantum dalam sabda Rasulullah :

Amal-amal manusia diperiksa di hadapan Allah dalam setiap pekan (Jumu’ah) dua kali, yaitu pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang beriman terampuni dosanya, kecuali seorang hamba yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan…

  • Punya banyak manfaat untuk kesehatan

Secara umum, berpuasa memang memberi manfaat untuk kesehatan. Jika kamu termasuk yang rajin melakukannya, kamu bisa merasakan manfaat seperti :

  1. Berat badan cenderung turun
  2. Fungsi otak meningkat
  3. Menurunkan resiko kanker
  4. Menurunkan tekanan rendah dan kolesterol
  5. Meningkatkan sistem imun tubuh
  6. Menurunkan resiko terkena penyakit seperti radang sendi, asma hingga stroke
  7. Menurunkan resiko diabetes
  8. Mengurangi resiko penyakit alzheimer

Niat puasa senin kamis

Untuk berpuasa di hari Senin, kamu bisa membaca niat berikut ini :

Nawaitu shauma yaumil itsnaini lillâhi ta‘âlâ

Artinya : Aku berniat puasa sunah hari senin karena Allah SWT

Sedangkan untuk hari kamis, bacaan niatnya adalah sebagai berikut :

Nawaitu shauma yaumil khamīs lillâhi ta‘âlâ.

Artinya : Aku berniat puasa sunah hari kamis karena Allah SWT

Bacaan doa buka puasa senin kamis

Untuk bacaan doa buka puasa sendiri sebenarnya tak jauh berbeda dengan puasa pada umumnya, yaitu :

Allaahummalakasumtu wabika amantu wa’ala rizkika aftortu birohmatika yaa arhamar raahimiin

Artinya : Ya Allah karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman, kepada-Mu aku berserah dan dengan rezeki-Mu aku berbuka [puasa] dengan rahmat-Mu Ya Allah Tuhan Maha Pengasih.

Namun bisa ditambah dengan doa dari riwayat Hakim dan Nasa’i berikut ini :

Dzahaba-dh-dhama’u wabtalatil ‘uruqu wa tsabatal ujru insya-Allah ta’ala

Artinya: Ya Allah, untuk-Mu lah aku berpuasa, atas rezeki-Mu lah aku berbuka. Telah sirna rasa dahaga, urat-urat telah basah, dan [semoga] pahala telah ditetapkan, insya Allah.”

Sempurnakan ibadah dengan fitur islami di aplikasi Maqmur. Download sekarang juga!

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021