Amalan Dan Doa Rabiul Akhir Agar Diberi Rahmat dan Berkah

10 November 2021

Assalamualaikum Sahabat Maqmur,

Jika bulan Rabiul Awal memiliki banyak keistimewaan karena merupakan waktu kelahiran Rasulullah, bulan Rabiul Akhir juga tak kalah pentingnya bagi umat islam. Pada bulan ini banyak peristiwa penting yang terjadi dalam sejarah Islam. Bahkan secara arti saja, Rabiul Akhir adalah waktu dimana musim semi terakhir atau kedua dimana bunga dan tumbuhan sedang mekar dan tumbuh subur. Lantas ada tidak ya amalan dan doa rabiul akhir yang khusus?

Seperti bulan-bulan lainnya, pada Rabiul Akhir kamu juga bisa melakukan ibadah seperti:

  • Sedekah.
  • Berpuasa senin-kamis.
  • Dzikir.
  • Membaca alquran.
  • Berpuasa tengah bulan atau puasa bulan purnama (13,14,15).

Doa Rabiul Akhir

Nah pada bulan Rabiul Akhir ini, seorang muslim dianjurkan untuk membaca doa dengan tujuan meminta berkah dan rahmat dari Allah SWT. Doa ini berbunyi:

اَللّٰهُ اَكْبَرُ اللٌٰهُمَّ اَهِلِّهُ عَلَيْنَا بِالْاَمْنِ وَ الْاِيْمَانِ وَ السَّلَامِ وَ الْاِسْلَامِ وَ التَّوْفِيْقِ لِمَا تُحِبُّ وَ تَرْضَى رَبِّيْ وَ رَبُّكََ اللّٰهُ

Artinya:

Allah Maha Besar. Ya Allah, jadikanlah ini bulan ‘membawa’ keamanan, keimanan, keselamatan, keislaman, kemampuan untuk mengamalkan apa yang Kau suka dan restui. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.

Dengan membaca doa ini, harapannya kamu akan diberikan keselamatan, keimanan dan keamanan dari Allah SWT. Serta harapan untuk diberi kemampuan agar dapat menunaikan amalan-amalan yang disenangi oleh Allah SWT.

Amalan atau Keutamaan Bulan Rabiul Akhir

Saat memasuki bulan Rabiul Akhir, ada baiknya jika kamu melakukan amalan serta keutamaan bulan ini. Adapun yang dimaksudkan adalah:

Mengubah Diri Jadi Lebih Baik

Dalam surat Ar-Rod ayat 11 dijelaskan bahwa Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri. Dan jika Allah sudah menghendaki keburukan terhadapnya, maka tak ada yang bisa menolaknya. Dari surat tersebut kita dapat memaknainya dengan selalu melakukan hal-hal baik yang dapat mengubah diri jadi lebih baik. Salah satu caranya adalah dengan giat melakukan perintah wajib seperti shalat dan zakat.

Memperbanyak Sedekah

Sedekah sebenarnya tak hanya mesti dilakukan di bulan Rabiul Akhir saja. Amalan yang juga merupakan perintah langsung dari Allah SWT dan Rasulullah ini dapat dilakukan setiap hari. Pun tidak harus selalu berhubungan dengan materi. Bantuan kecil hingga senyuman juga bisa termasuk sedekah. Yang paling penting adalah melakukannya dengan rasa ikhlas tanpa pamrih. Amalan ini sangat istimewa sehingga Allah menjanjikan surga bagi yang melakukannya.

Berpuasa Sunah

Sama seperti sedekah, puasa sunah sebenarnya juga bisa dilakukan pada bulan apa saja. Nah untuk puasa sunah yang bisa dilakukan pada bulan Rabiul Akhir di antaranya adalah puasa senin kamis, puasa ayyamul bidh dan puasa sunah lainnya.

Membaca Doa Tolak Bala

Bulan Rabiul Akhir tidak berkaitan dengan bala atau keburukan meski di jaman Nabi ada banyak peperangan yang terjadi. Meski begitu, memperbanyak bacaan doa tolak bala bisa juga dilakukan sebagai amalan di bulan Rabiul Akhir. Adapun doa tolak bala berbunyi:

Allahumma Ya Kaafiyal Bala’, Ikfinal Bala’, Qobla nuzulihi minas sama’ Yaaa Allah.

Allahumma idfa’ anna Al gholaa’a, wal balaa’a, wal wabaa’a, wal fakhsyaa’a, wal munkara, was suyufal mukhtalifata, wasy sydaaida wal mikhana ma dhoharo minha wama bathona min baladina haadza khoshotan wa min baldani muslimiina Amatan innaka Ala kulli syai’in Qodiir.

Artinya:

Ya Allah, hindarkanlah dari kami kekurangan pangan, cobaan-cobaan hidup, penyakit-penyakit wabah, perbuatan keji dan mungkar, ancaman-ancaman yang beraneka ragam, paceklik-paceklik dan segala ujian, yang lahir maupun yang bathin, di negri kami pada khususnya, dan umumnya di negri orang-orang muslim, karena sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.

Selain amalan-amalan di atas, masih banyak juga jenis amalan lainnya yang bernada kebaikan bisa dilakukan.

Temukan inspirasi islami dan fitur islami di aplikasi MAQMUR. Bantu ibadahmu jadi makin sempurna.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Keutamaan Sholat Tepat Waktu dan Tips Melaksanakannya 6 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Pagi Yang Berisi Permintaan Rasulullah 2 December 2021
Blog, Inspirasi Islami
Jangan Membaca Al-qur’an Dengan Niat Berikut Ini 30 November 2021