Amalan Bulan Ramadhan Bersifat Sunnah yang Bisa Dilakukan

13 April 2021

Bulan Ramadhan adalah waktu yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam. Ini merupakan waktu dimana muslim sedunia berlomba-lomba membuat amalan bulan Ramadhan. Yang wajib tentu saja ibadah puasa Ramadhan. Selama kurang lebih 30 hari, puasa dijalankan dengan khusyu karena bulan suci ini hanya hadir satu kali dalam setahun.

Selain puasa Ramadhan, banyak cara untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya di bulan suci. Selain berbuat kebaikan dan terus memohon ampunan, beberapa amalan bulan Ramadhan ini bisa kamu lakukan. Sifatnya sunnah, tapi mengapa tidak dilakukan saja demi mendapatkan tambahan pahala? Berikut amalan bulan Ramadhan bersifat sunnah yang bisa kamu lakukan.

1. Mengaji dan mengkhatamkan Al-qur’an

Mengaji selain di bulan Ramadhan saja sudah membuatmu berlimpah pahala, apalagi jika dilakukan di bulan suci. Pahala berlipat ganda akan kamu dapatkan. Kamu bisa menjadikan amalan ini sebagai rutinitas setelah sholat shubuh sebelum melanjutkan aktivitas sehari-hari seperti biasanya. Siapa tahu dengan merutinkan satu hari satu jus, ketika bulan Ramadhan usai kamu bisa mengkhatamkan Al-qur’an. Meski begitu, jangan hanya berfokus mengkhatamkan Al-qur’an tapi mengabaikan cara membacanya yang benar. Tetap perhatikan cara baca Al-qur’an dengan baik dan benar supaya kamu terlatih dan terbiasa mengaji dengan tepat.

2. Sedekah yang tak melulu harus uang

Nabi Muhammad Rasulullah SAW adalah yang paling dermawan di antara lainnya. Disebutkan di HR. Al-Bukhari No.4711 dan Muslim no. 2307 bahwa beliau bahkan makin dermawan ketika bulan Ramadhan tiba. Perilaku ini tentu bisa kamu teladani dan lakukan juga di bulan suci. Bentuk sedekah yang bisa kamu berikan pun tak melulu harus berupa uang. Misalnya kamu bisa memberikan hidangan buka puasa atau sahur untuk mereka yang berpuasa dan membutuhkan selama bulan Ramadhan. 

3. Rutin shalat Tarawih, tak hanya rajin di awal saja

Sering kita temui ketika minggu-minggu awal bulan suci, deretan shaf di mushala atau masjid penuh dengan jamaan sholat Tarawih. Menginjak minggu-minggu terakhir, deretan shaf makin berkurang. Alasannya biasanya karena mulai adanya undangan buka puasa bersama dengan teman, keluarga atau lainnya. Padahal sayang sekali lho, sholat Tarawih ini hanya ada di bulan Ramadhan dan jadi salah satu ladang pahala. Kenapa tak coba mulai rutin sholat Tarawih tanpa bolong tahun ini? 

4. Itikaf di masjid

Diriwayatkan dalam HR. Al-Bukhari No.2025 dan Muslim no. 2838, Rasulullah SAW beritikaf pada sepuluh hari penghabisan di bulan Ramadhan. Tujuannya tak lain adalah karena ingin makin mendekatkan diri kepada Allah SWT. Itikaf biasanya dilakukan di masjid. Meski hukumnya sunnah alias tidak wajib, kamu bisa meniru perilaku Nabi Muhammad SAW ini di bulan suci mendatang demi mendapatkan pahala berlimpah. 

5. Menyelingi aktivitas dengan dzikir

Pernah dengar tentang bahkan tidurnya orang puasa adalah ibadah? Bukan berarti saat puasa di bulan suci kamu harus tidur dari pagi hingga malam ya, tapi hal sederhana dan kecil saja bisa jadi ladang pahala. Nah, ketika bulan suci datang nanti, saat kamu tidak memiliki kegiatan berarti lebih baik diisi dengan berdzikir. Atau kamu juga bisa menyelipkan bacaan dzikir ketika sedang beraktivitas. Selain itu, ada juga waktu-waktu yang istijabah untuk berdzikir seperti sepertiga malam dan saat sahur. 

6.  Membayar zakat

Selain berpuasa, amalan bulan Ramadhan yang sering dilakukan adalah membayar zakat. Amalan ini disebut sebagai perihal yang menyempurnakan amalan-amalan lainnya yang kamu lakukan di bulan suci Ramadhan. Sebab itu, ada baiknya jika zakat juga kamu lakukan saat bulan Ramadhan tiba nanti. Zakat di bulan Ramadhan salah satunya disebut dengan zakat fitrah. Mereka yang memenuhi syarat membayar zakat, bisa melakukannya sebelum sholat Idul Fitri. Ketentuan zakat fitrah adalah dengan makanan pokok yaitu sekitar 2,157 – 3,0 kg atau satu sho’. Karena di Indonesia nasi merupakan makanan pokok maka kamu bisa membayar zakat dengan beras. 

Selain yang disebutkan di atas, tentu banyak amalan lain yang bisa kamu lakukan di bulan Ramadhan. Seperti contoh melakukan umrah bila mampu atau hal-hal kebaikan lainnya yang bisa membuatmu mendapatkan banyak pahala. Bulan Ramadhan datang sebentar lagi, tak ada salahnya mempersiapkan diri untuk melakukan amalan-amalan bulan Ramadhan.


Aplikasi MAQMUR hadir menemani hari-hari kita di bulan Ramadhan dengan fitur Islami berupa pengingat shalat, al quran digital, alat qiblat, dan jurnal ibadah. Selain itu, aplikasi MAQMUR juga mengatur transaksi keuangan sesuai prinsip syariah untuk membayar zakat dan bersedekah. Jangan lupa install aplikasi MAQMUR dan menjadi bagian dari kami untuk Hijrah bersama Aplikasi Muslim MAQMUR.

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Lewat Depan Orang Shalat, Apa Hukumnya? 24 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Mengapa Harus Hafal Asmaul Husna? 22 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Tahan Emosi Saat Internet Lemot, Ini Balasan Bagi Orang Sabar 21 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Shalat Sunnah Ba’diyah, Ini Keutamaannya 18 September 2021