Amalan 10 Hari Terakhir Ramadhan, Ayo Manfaatkan

29 April 2021

Setiap umat Islam pasti menyambut bulan suci Ramadhan dengan suka cita. Ini merupakan bulan yang ditunggu karena dipenuhi dengan berkah dan ampunan dari Allah. Tak ada yang bisa menjamin pula akan bisa bertemu dengan bulan suci Ramadhan ini di tahun mendatang. Karena itu penting untuk selalu memanfaatkan Ramadhan kali ini dengan amalan-amalan baik. Terutama pada 10 hari terakhir Ramadhan. Mengapa?

Sebelumnya, kamu perlu tahu bahwa ada tiga fase dalam bulan Ramadhan. Fase pertama atau 10 hari pertama adalah fase rahmat dan kasih sayang Allah. Fase kedua atau 10 hari kedua adalah fase maghfirah atau waktu dimana Allah SWT memberi pengampunan sebanyak-banyaknya. Nah, fase ketiga disebut juga fase itqun minan nar yaitu saat dimana umat Islam diberikan kesempatan untuk terbebas dari api neraka. 

Kali ini mari kita bahas tentang fase ketiga Ramadhan. Di saat tersebut, ada sebuah malam yang sangat istimewa yaitu malam lailatul qadar. Malam tersebut biasanya dalam di malam ganjil dan selalu disebut sebagai malam yang kebaikannya lebih dari seribu bulan. Di jaman semasa hidup, Rasulullah SAW bahkan menghabiskan malam-malam terakhir Ramadhan dengan memperbanyak ibadah. Hal ini seperti yang diriwayatkan, yaitu : 

“Ketika memasuki sepuluh akhir Ramadan, Nabi fokus beribadah, mengisi malamnya dengan ibadah, dan membangunkan keluarganya untuk ikut ibadah,” (HR Al-Bukhari).

Memang sunnah hukumnya mengikuti perilaku Rasulullah SAW, namun tak ada salahnya jika di 10 hari terakhir bulan suci kamu mulai melakukan amalan-amalan ini demi mendapatkan keistimewaan malam lailatul qadar : 

Membaca Al-Quran di 10 hari terakhir Ramadhan

Membaca Al-quran adalah salah satu bentuk usaha mendekatkan diri dan berkomunikasi dengan Allah SWT. Perintah tentang amalan ini pun juga ada di ayat-ayat Al-quran. Tak hanya merupakan amalan baik, membaca Al-quran juga membawa banyak manfaat dalam hidup seperti mendapatkan rahmatNya, menjadikan hidup lebih bahagia serta menghindarkan diri dari hisab di hari Mahsyar. 

Karena itu, membaca Al-quran di 10 hari terakhir puasa tentu akan memberikanmu ganjaran pahala berlipat-lipat. Menurut Imam Nawawi, bagi siapa yang ingin membaca Al-quran lebih baik melakukannya di malam hari ketimbang siang hari, atau waktu setelah shubuh. 

Sudah Download Aplikasi MAQMUR?

Bersedekah di 10 hari terakhir Ramadhan

Sedekah diartikan sebagai memberikan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan kepada mereka yang membutuhkan. Sedekah memiliki nilai istimewa di hadapan Allah SWT. Sebab itu, sedekah menjadi salah satu amalan penting di 10 hari terakhir Ramadhan. Sedekah tidak hanya tentang memberikan uang atau materi, perbuatan baik kepada sesama juga bisa dinilai sebagai sedekah. 

Banyak cara yang bisa kamu lakukan dalam bersedekah. Bisa dimulai dengan mencukupi kebutuhan keluarga, membantu keluarga atau saudara dekat yang membutuhkan, memberi santunan kepada anak yatim piatu, membagikan makanan dan minuman untuk sahur dan berbuka puasa dan lain sebagainya. Di 10 hari terakhir Ramadhan biasanya umat Islam akan mulai berlomba-lomba bersedekah karena memang seistimewa itu sedekah di penghujung bulan suci. 

I’tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan

I’tikaf bisa diartikan sebagai aktivitas berdiam diri di masjid yang diisi dengan perilaku-perilaku baik seperti sholat malam, berdzikir dan berdoa. Perilaku ini menyerupai yang dilakukan Rasulullah SAW semasa hidup. Disebutkan pada beberapa riwayat hadits, Rasulullah SAW selalu i’tikaf di 10 hari terakhir Ramadhan. Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW : 

“Sungguh saya beri’tikaf di di sepuluh hari awal Ramadhan untuk mencari malam kemuliaan, kemudian saya beri’tikaf di sepuluh hari pertengahan Ramadhan, kemudian Jibril mendatangiku dan memberitakan bahwa malam kemuliaan terdapat di sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan. Barangsiapa yang ingin beri’tikaf, hendaklah dia beri’tikaf (untuk mencari malam tersebut).”

Bahagianya Ramadhan sudah datang dan menyapa kita kembali. Kamu sudah bersyukur kan karena dipertemukan lagi dengan bulan suci ini? Jangan lupa untuk memanfaatkan kurang lebih 30 hari ini dengan beribadah dan menambah amalan baik. Di 10 hari terakhir Ramadhan nanti, usahakan untuk bisa melakukan 3 amalan di atas ya. 

Baca Juga: 7 Keutamaan Makan Sahur, Lebih Dari Sekadar Mengisi Perut Sebelum Puasa

Baca Juga Artikel Terbaru Kami

Blog, Inspirasi Islami
Amalan Sunnah Hari Jumat Oleh Nabi Muhammad 15 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Baca Doa Dan Dzikir Ini Setelah Shalat Fardhu 14 September 2021
Blog, Inspirasi Islami
Doa Untuk Anak, Dapat Dibaca Setelah Shalat 13 September 2021